STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

4 Cara Memilih Skincare yang Benar-benar Bagus, Cocok dan Tidak Berbahaya Bagi Kulit

Devita Tri Hapsari | Beautynesia
Minggu, 30 Oct 2022 17:30 WIB
4 Cara Memilih Skincare yang Benar-benar Bagus, Cocok dan Tidak Berbahaya Bagi Kulit

Skincare dipakai untuk membuat kulit lebih bagus dan cantik, supaya terlihat lebih flawless dan bisa meningkatkan rasa percaya diri. Namun, tidak jarang pula terjadi kasus skincare yang malah membuat kulit semakin bermasalah, karena salah memilih produk skincare.

Tidak ingin hal tersebut terjadi kan, Beauties? Berikut ini tips memilih skincare yang bagus untuk kulit dan tidak berbahaya.

1. Perhatikan Komposisinya

Skincare
Perhatikan komposisinya/ foto: Pexel/ Karolina grabowska

Komposisi sangat penting untuk diperhatikan dan pastikan skincare tidak mengandung bahan berbahaya, yang berisiko membuat kondisi wajah makin parah. Mengutip dari Inova News Room, pilihlah produk skincare yang tidak mengandung bahan-bahan penyebab kanker dan penyakit lainnya seperti, polietilen glikol (PEG), polisorbat, triclosans (TCS) dan diethanolamine (DEA).

2. Pahami Tipe Kulit Wajah Sendiri

perempuan sedang berkaca
Pahami jenis kulit wajah/ foto: Pexel/ Andrea piacquadio

Memahami tipe kulit sendiri, apakah kulitnya kering, berjerawat, normal atau kombinasi, itu sangat penting untuk memilih skincare yang baik. Dikutip dari Dermatology Center of Northwest Houston, apabila memilih produk asal-asalan tanpa memperhatikan kulit wajah, hasilnya tidak akan maksimal atau bahkan malah membuat kulit semakin parah.   

3. Pilih Skincare yang Tidak Ada Kandungan Parfumnya

Botol skincare
Pilih skincare tanpa parfum/ foto: Pexel/ Karolina grabowska

Produk skincare yang memiliki kandungan parfum dinilai berisiko menimbulkan efek negatif, apalagi bagi Beauties yang memiliki kulit sensitif. Mengutip dari Beauty with Brain, parfum dalam skincare bisa menyebabkan alergi, asma, eksim, sakit kepala, gatal-gatal, iritasi, mual, ruam dan psoriasis.

Kandungan parfum dalam skincare sayangnya bisa termasuk 'rahasia dagang', jadi kerap tidak dituliskan secara rinci dalam komposisinya. Maka dari itu harap perhatikan jika ada kandungan linalool yang tertulis di label, itulah parfumnya. Bila memungkinkan, kamu bisa mencoba tester sebelum membeli.

4. Jangan Asal Beli Skincare Hanya karena Ikutan Trend

Perempuan terkejut sambil melihat handphone
Jangan terbawa trend/ foto: Freepik/ wayhomestudio

Seringkali di medsos, para influencer atau orang-orang yang hobi dengan skincare dan makeup, merekomendasikan skincare yang tergolong murah dan hasilnya bisa terlihat cepat.

Rekomendasi mereka pun diikuti oleh para pengikutnya sehingga membuat orang-orang lainnya penasaran dan ikut-ikutan mencoba tanpa mempedulikan bahan-bahannya, ataupun cocok atau tidak dengan kulitnya.

Sebaiknya, hindari membeli skincare hanya karena ikutan trend seperti ini, karena selain bahaya coba-coba untuk kulit, sayang juga uang yang sudah dikeluarkan. Jadi, lebih baik pakai yang sudah jelas cocok saja.

Itulah 4 tips cara memilih skincare yang benar-benar bagus untuk kulit dan tidak berbahaya. Semoga tips ini bisa membantu Beauties untuk memilih skincare!

--

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE