sign up SIGN UP

4 Cara Mudah Bikin Makeup Lebih Awet dan Anti-Geser, Catat Biar Nggak Capek Touch Up!

Meliana Gusti | Beautynesia
Kamis, 02 Jun 2022 08:00 WIB
4 Cara Mudah Bikin Makeup Lebih Awet dan Anti-Geser, Catat Biar Nggak Capek Touch Up!
caption

Makeup yang bagus, tapi mudah geser saat wajah mulai berkeringat sama aja bohong ya, Beauties. Semua perempuan pasti ingin makeup yang tahan lama dan flawless. Namun, kegiatan yang padat dan cuaca yang panas membuat kamu cepat berkeringat.

Sebelum menggunakan makeup ternyata beberapa hal penting tidak boleh kamu lewatkan. Justru beberapa perlakuan sebelum bermakeup menjadi penentu hasilnya. Kira-kira apa aja ya Beauties? Yuk kita simak penjelasan di bawah ini!

1. Perawatan Kulit

Ilustrasi perawatan kulit agar makeup tahan lama dan tidak geser.
Ilustrasi perawatan kulit agar makeup tahan lama dan tidak geser/ foto: pexels/ Ron Lach

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memperhatikan skin barrier. Agar makeup tahan lama dan mudah menempel, pastikan kulit kamu selalu lembap. Dilansir dari Vogue, kondisi kulit yang tidak lembap bisa membuat bedak jadi tidak rata.

Gunakan moisturizer sesuai kondisi kulit, jika kulitmu berminyak gunakan gel yang ringan. Sedangkan, kulit kering perlu gel yang lebih kuat untuk melembapkan.

Tapi jangan sampai terlalu lembap juga ya Beauties, karena akan membuat makeup kamu tergelincir. Cukup rawat kulit hingga bertekstur kenyal namun tidak berminyak. Pakai moisturizer secukupnya, adalah kunci!

2. Gunakan Primer - Setting Spray

Ilustrasi menggunakan base makeup agar lebih tahan lama.
Ilustrasi menggunakan base makeup agar lebih tahan lama/ foto: pexels/ cottonbro

Jika kamu ingin makeup tidak geser, ini kuncinya Beauties. Kamu perlu menggunakan base makeup terbaik untuk menambatkan hasil yang maksimal dan lebih mulus. Selain menggunakan primer, produk pendukung lainnya seperti setting spray juga bisa membantu riasan wajah kamu lebih awet.

Dilansir dari Stylist, kedua produk ini sangat penting karena dapat mengunci kelembapan serta membantu menghilangkan pori-pori saat kamu mulai berkeringat. Sedangkan, setting spray akan mengunci makeup agar tidak luntur akibat keringat.

3. Hindari Kulit Berminyak Berlebihan

Ilustrasi wajah berminyak tidak baikm untuk memakai makeup.
Ilustrasi wajah berminyak tidak baikm untuk memakai makeup/ Foto: pexels/ Ron Lach

Meskipun fungsi minyak pada kulit untuk mencegah kerutan, tapi minyak di wajah akan membuat makeup kamu luntur. Dilansir dari Byrdie, kulit yang berminyak saat sudah menggunakan makeup bisa diatasi dengan kertas blotting yang dibuat khusus untuk menghapus minyak.

Kertas ini tidak akan merusak riasan kamu seperti tisu. Selanjutnya kamu bisa atasi minyak berlebih dengan produk khusus masalah minyak berlebih ya, Beauties.

4. Kunci dengan Loose Powder

Ilustrasi Lose Powder baik untuk mengunci makeup.
Ilustrasi Lose Powder baik untuk mengunci makeup/ Foto/ Loper Media

Setelah menggunakan makeup, kamu perlu mengaplikasikan bedak tabur agar kulit wajah terlihat lebih mulus. Menggunakan loose powder dia akhir makeup bisa mengunci makeup serta membuat wajah terlihat lebih glowing. Pilih loose powder yang sesuai dengan jenis kulit kamu ya, Beauties.

Itu dia cara bikin makeup awet dan antigeser. Jangan lupa untuk aplikasikan sunscreen agar kulit tidak gelap setelah terpapar matahari. Selamat mencoba, Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id