sign up SIGN UP

Masih Jadi Perdebatan, Bolehkah Pakai Skincare Masih Disegel tapi Sudah Kedaluwarsa? Simak Jawabannya di Sini

Cica Rahmania | Beautynesia
Senin, 30 May 2022 18:30 WIB
Masih Jadi Perdebatan, Bolehkah Pakai Skincare Masih Disegel tapi Sudah Kedaluwarsa? Simak Jawabannya di Sini
caption
Jakarta -

Nasihat di luar sana mungkin mengatakan supaya tidak menggunakan produk makeup atau skincare yang sudah kedaluwarsa karena dianggap beracun. Hal ini membuat banyak orang membuang produk-produk yang telah kedaluwarsa meski masih dalam segel dan kemasan.

Terkadang, perkara expired date ini juga membingungkan sebagian besar orang. Mengingat ada beberapa tanda atau logo yang mengingatkan masa pemakaian skincare, seperti tanggal pasti dan period after opening (PAO).

Skincare dari Buah Kelapa/ pexels.com/ Polina KovalevaIlustrasi skincare. (Foto: pexels.com/ Polina Kovaleva)

Hal ini terkadang membuat konsumen bertanya-tanya peringatan mana yang seharusnya dipatuhi. Menjawab kegalauan ini, Dr. Elizabeth Tanzi, pendiri Capital Laser & Skin Care dan Asisten Profesor Klinis untuk Departemen Dermatologi di Pusat Medis Universitas George Washington, menjelaskan beberapa hal mengenai skincare yang kedaluwarsa.

Pakai Skincare Expired, Boleh atau Tidak?

Bicara hal ini, ada baiknya kamu nggak perlu khawatir berlebihan. Secara umum, menggunakan skincare yang telah kedaluwarsa memang tidak dianjurkan, tapi menurut Dr. Tanzi kepada Business Insider, selagi tidak ada bau atau warna yang berubah mencolok, hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

Ilustrasi toner.Ilustrasi toner./ Foto: Getty Images/iStockphoto/Margarita Kheruimova

Dr. Diana Howard, Wakil Presiden Penelitian dan Pengembangan Dermalogica juga setuju dengan hal ini. Menurut Dr. Howard, tanggal kedaluwarsa menunjukkan kapan bahan aktif dalam formula cenderung efektif. Akan tetapi untuk memastikannya butuh tes laboratorium.

"Jika tabir surya kedaluwarsa, ada kemungkinan itu masih bagus untuk beberapa tahun," kata Dr. Howards kepada Business Insider dikutip dari Daily Vanity.

Tetap Waspada

Kendati dua ahli di atas mengatakan tidak perlu khawatir berlebihan, kamu tetap perlu waspada, Beauties. Pasalnya, skincare kedaluwarsa tetap berisiko. Setidaknya ada kemungkinan produk tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Glass Bottle with fluid collagen and hyaluronic acid, hydration skin. Top flatlay view copyspace. Natural backgroundIlustrasi skincare. / Foto: Getty Images/iStockphoto/Elina Kovtunova

Hadley King, dokter kulit di KINNEY Medspa di New York City mengambil contoh alas bedak kedaluwarsa dengan SPF yang kedaluwarsa mungkin tidak menawarkan perlindungan matahari sekuat ketika ia belum kedaluwarsa.

"Ini juga berlaku untuk produk yang mengandung asam salisilat untuk pencegahan jerawat atau retinol untuk mencegah garis-garis halus," katanya.

Skin problem. Young girl squeezing her pimple in front of mirror in bathroomIlustrasi masalah kulit. / Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

Kemungkinan lain yang lebih buruk adalah adanya kerusakan kulit ketika kamu menggunakan produk kedaluwarsa, seperti infeksi, misalnya. Pasalnya, produk kedaluwarsa rentan mengandung bakteri.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id