sign up SIGN UP

4 Kebiasaan Sepele yang Tak Disadari Bikin Kulit Rusak, Segera Hentikan Sekarang!

Dians Marfuah | Kamis, 13 Jan 2022 06:45 WIB
4 Kebiasaan Sepele yang Tak Disadari Bikin Kulit Rusak, Segera Hentikan Sekarang!
caption
Jakarta -

Tak hanya merawat wajah dengan menggunakan produk skincare, memperhatikan kebiasaan juga sangat penting bagi kulit. Karena ternyata tanpa kita sadari ada beberapa kebiasaan sepele yang bisa merusak kulit. Sayangnya kebiasaan ini nggak banyak diketahui bisa merusak kulit sehingga terus dilakukan.

Nah, supaya hal tersebut nggak terjadi, berikut 4 kebiasaan sepele yang tak disadari bikin kulit rusak yang wajib kamu hindari.

Tidak Membersihkan Alat Makeup

Ilustrasi menggunakan brush/Pexels.com/cottonbro
Ilustrasi menggunakan brush/ Foto: Pexels.com/cottonbro

Alat makeup adalah barang yang tak bisa lepas dari keseharian wanita. Kita mengaplikasikan makeup dengan menggunakan alat makeup seperti brush dan beauty blender. Pemakaian brush dan beauty blender setiap hari tentu bakalan bikin alat makeup tersebut kotor, apalagi kalau jarang dibersihkan. 

Kebiasaan tidak membersihkan alat makeup berdampak buruk bagi kulit, karena tumpukan kotoran dan sisa makeup pada alat makeup bisa merusak kulit. Tumpukan sisa makeup pada kuas dapat mengundang kuman dan bakteri untuk bersarang.

Nah saat dipakai, bakteri di alat makeup bisa berpindah ke kulit wajah, sehingga bisa membuat kulit menjadi kusam hingga berjerawat.

Tidak Membersihkan Wajah

Ilustrasi mencuci muka/Pexels.com/Ron Lach
Ilustrasi mencuci muka/ Foto: Pexels.com/Ron Lach

Siapa disini kalau udah lelah banget beraktivitas seharian langsung saja tidur tanpa membersihkan wajah terlebih dahulu. Kebiasaan tidak membersihkan wajah sebelum tidur memang terdengar tidak terlalu besar, tapi hal ini bisa bikin kulit rusak juga, lho.

Bahkan walaupun kamu nggak menggunakan makeup, membersihkan wajah sebelum tidur adalah tetap hal yang wajib untuk dilakukan. Dengan kamu tidak mencuci muka di malam hari akan membuat segala jenis kotoran beserta minyak  menghambat pori-pori, alhasil akan menimbulkan jerawat.

Kurang Tidur

Ilustrasi tidur/Pexels.com/cotton bro
Ilustrasi tidur/ Foto: Pexels.com/cotton bro

Kebiasaan sepele yang tak disadari bikin kulit rusak adalah kurang tidur atau begadang. Mungkin hal ini terdengar sepele, tapi jam tidur yang cukup benar-benar penting bagi kesehatan kulit. Pasalnya nih jika jam tidurmu tidak cukup maka hal ini juga berdampak pada regenerasi sel-sel kulit yang terganggu.

Nah karena regenerasi sel-sel kulit terhambat, sel kulit yang harusnya berganti namun tidak terganti maka pada akhirnya kulitmu bakalan terlihat lebih kusam. Sebaliknya untuk mendapatkan kulit yang glowing dan fresh, kamu harus tidur tujuh hingga delapan jam per-harinya.

Lupa Pakai Sunscreen

Ilustrasi sinar matahari/Pexels.com/Ricardo Esquivel
Ilustrasi sinar matahari/ Foto: Pexels.com/Ricardo Esquivel

Lupa pakai sunscreen adalah kebiasaan sepele yang tak disadari bikin kulit rusak dan mungkin sering tidak kita perhatikan. Efeknya memang belum terlalu  langsung terlihat, tapi efek buruk tidak menggunakan sunscreen ini bisa dilihat nanti.

Perlahan tapi pasti, kebiasaan lupa pakai sunscreen akan merusak kulit. Hal ini disebabkan oleh  sinar UVA dan UVB yang mengekspos kulit secara perlahan sehingga bisa menyebabkan penuaan, hiperpigmentasi kulit, kulit terbakar dan  kanker kulit.

Tak hanya efek buruk dari sinar radiasi matahari, menggunakan sunscreen juga penting untuk melindungi kulit dari bahaya sinar radiasi blue light dari gadget-mu.

[Gambas:Youtube]

--------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id