sign up SIGN UP

4 Perubahan Gaya Hidup Sederhana Ini Bisa Bikin Kulit Auto Glowing, Berani Coba?

Nadya Quamila | Beautynesia
Selasa, 11 Jan 2022 12:15 WIB
4 Perubahan Gaya Hidup Sederhana Ini Bisa Bikin Kulit Auto Glowing, Berani Coba?
caption
Jakarta -

Siapa, sih, yang tidak ingin memiliki kulit glowing, sehat, halus, dan cerah alami? Tapi kamu pasti tahu, untuk mendapatkan kulit glowing impian perlu perjuangan. Umumnya, orang mengandalkan perawatan kecantikan dan berbagai macam jenis skincare untuk mendapatkan kulit glowing secara cepat.

Namun selain dua hal tersebut yang mengharuskan kita merogoh kocek tidak sedikit, memperhatikan gaya hidup juga bisa membantu meraih kulit glowing, lho, Beauties! Meskipun mungkin merupakan komitmen jangka panjang, beberapa perubahan gaya hidup sederhana ini dijamin akan menuai hasil yang signifikan.

Penasaran apa saja? Dirangkum dari Real Simple, yuk cari tahu!

Gunakan Pelembab Usai Membersihkan Wajah

Foto: Kulit Berminyak Wajib Tau! Inilah 6 Trik Menggunakan Pelembab dengan Nyaman (freepik.com)Ilustrasi menggunakan pelembab/Foto: Freepik

Jika kamu sudah rutin menggunakan skincare, bahkan sampai menjalani perawatan namun tak kunjung mendapatkan kulit glowing, mungkin masih ada kesalahan yang kamu lakukan. Contohnya, menunggu terlalu lama untuk menggunakan pelembab setelah membersihkan wajah.

"Anda hanya memiliki waktu yang singkat setelah membersihkan wajah untuk menggunakan pelembab yang membantu menghidrasi sebelum akhirnya kelembapan mulai menguap," ungkap Renée Rouleau, seorang ahli kecantikan di Austin, Texas.

Tidak hanya di kulit wajah, mandi terlalu lama juga bisa menghilangkan minyak alami di kulit. Akibatnya, tak jarang bisa memicu gatal-gatal di punggung.

Kontrol Tingkat Stres

Foto: 6 Mitos Tentang Jerawat ini Nggak Perlu Kamu Percayai. Bijaklah dalam Menerima Informasi!/freepik.comIlustrasi jerawat/Foto: Freepik

Sudah bukan rahasia lagi bahwa stres dapat memicu berbagai penyakit dan permasalahan, tak terkecuali di kulit. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Stanford University, para peneliti menemukan bahwa selama waktu ujian, siswa yang merasa stres memiliki jerawat yang lebih parah daripada mereka yang tidak terlalu tertekan atau stres.

Itu karena stres meningkatkan produksi hormon tubuh seperti kortisol, yang dapat membuat kulit lebih berminyak dan menurunkan kemampuannya untuk melawan bakteri penyebab jerawat, kata Lisa Donofrio, seorang profesor klinis dermatologi di Yale University School of Medicine.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengontrol tingkat stres dengan berlatih teknik manajemen stres secara teratur. Contohnya seperti yoga, pernapasan dalam, dan meditasi.

Perhatikan Paparan Sinar Matahari Dalam Ruangan

Wajah kusam di bawah sinar matahariIlustrasi paparan sinar matahari dalam ruangan/Foto: Unsplash.com/goldcircuits

Tidak hanya di luar ruangan, sinar matahari juga menembus jendela di rumah atau kantor dan menyebabkan kerutan serta bintik-bintik di kulit. Hal yang sama juga berlaku pada jendela mobil.

Sebuah penelitian telah menemukan bahwa tingkat kanker kulit lebih tinggi di sisi kiri wajah dan tubuh bagian atas daripada di kanan. Hal ini karena sisi tersebut lebih terbuka saat kamu mengemudi.

Selain kanker kulit, banyak orang juga memiliki lebih banyak kerutan dan kerusakan akibat sinar matahari di sisi kiri wajah mereka. Oleh karena itu, jangan pernah lupa menggunakan sunscreen ya, Beauties!

Rajin Eksfoliasi Wajah

Tidak Konsisten Eksfoliasi KulitIlustrasi eksfoliasi wajah/Foto: Pexels.com/Ron Lach

Tips lainnya untuk mendapatkan kulit glowing adalah dengan rajin melakukan eksfoliasi wajah. Menurut Dr. Whitney Bowe, seorang dokter kulit, seiring bertambahnya usia, sel-sel kulit berubah lebih lambat dibanding di usia 20-an. Maka, tanpa bantuan scrub atau peeling, sel-sel kulit mati dapat menumpuk di wajah, menyumbat pori-pori, skincare tidak bekerja dengan maksimal, dan kulit menjadi lebih kusam.

Lantas, seberapa sering kah eksfoliasi wajah harus dilakukan? Tergantung tipe kulit, Beauties. Jika kamu memiliki tipe kulit kering dan sensitif, maka direkomendasikan untuk melakukan eksfoliasi wajah 1 hingga 2 kali seminggu. Jika kamu memiliki kulit berminyak atau kombinasi, cobalah untuk melakukan eksfoliasi 2 sampai 3 kali seminggu.

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id