sign up SIGN UP

4 Langkah Kecil dalam Skincare yang Ternyata Bisa Berdampak Pada Lingkungan, Yuk Sayangi Bumi!

Cica Rahmania | Beautynesia
Jumat, 24 Dec 2021 13:45 WIB
4 Langkah Kecil dalam Skincare yang Ternyata Bisa Berdampak Pada Lingkungan, Yuk Sayangi Bumi!
caption
Jakarta -

Isu krisis iklim dan kerusakan alam masih menjadi perhatian dan semakin tajam selama satu dekade lebih. Salah satu sumbernya datang dari  manusia, yang tak lain penghuni Bumi. Dikutip dari Vogue, industri kecantikan adalah salah satu pencemar terbesar di dunia.

Menurut Euromonitor International, yang dikutip dari Vogue, 152,1 miliar unit kemasan kecantikan dan perawatan pribadi terjual secara global pada tahun 2018 dan banyak di antaranya tidak akan pernah didaur ulang. Bisa bayangkan sebanyak apa sampahnya?

Namun, baru-baru ini, banyak produsen kecantikan, baik makeup maupun skincare yang mulai concern pada isu lingkungan dengan berbagai cara, begitu pula dengan para konsumen. Mengubah ingredients, mengubah kemasan, membuat program daur ulang, adalah beberapa upaya di antaranya.

skincareIlustrasi skincare ramah lingkungan. / Foto: pexels.com/cottonbro

Dalam hal ini, tampaknya kita nggak bisa menunggu lebih lama lagi, apalagi menunggu alarm bahaya berdering untuk ke sekian kali. Namun, kita bisa untuk memulainya dengan langkah kecil dimulai dari keputusan-keputusan dalam melakukan rangkaian perawatan kulit, seperti yang dihimpun dari Vogue berikut ini.

Gunakan Apa yang Kamu Miliki

Banyak orang berpikir untuk membuat sebuah perubahan, terutama dalam konteks sustainability living, seseorang harus mengganti produk-produk dan benda-benda yang dimiliki menjadi ramah lingkungan. Padahal konsepnya nggak begitu, Beauties.

Menurut Ashlee Piper, pakar gaya hidup ramah lingkungan dan penulis Give a Sh*t: Do Good. Live Better. Save the Planet, hal itu tidak benar. Sebaliknya, ia menyarankan untuk menggunakan barang yang ada. "Saya selalu mendorong orang untuk bekerja dengan apa yang mereka miliki," kata Piper kepada Vogue.

Skincare berikutnya setelah clay maskIlustrasi skincare ramah lingkungan. (Foto: Freepik.com/ VidIStudio)

Menggunakan apa pun yang kamu miliki sebelum membeli penggantinya adalah langkah awal terbaik untuk mencintai lingkungan, daripada harus membuang barang lama yang masih bisa dipakai untuk barang baru yang sama saja fungsinya.

Mulai Beli Produk yang Bernilai Ramah Lingkungan dan Beretika

Langkah kecil selanjutnya untuk bisa hidup berkelanjutan lewat perawatan kulit adalah dengan memperhatikan produk-produk yang kamu beli. Menurut Piper, kemasan harus menjadi fokus pertama kamu sebelum membeli.

"Cari sesuatu yang memiliki kemasan yang dapat dibuat kompos, mudah didaur ulang, dapat diisi ulang, atau dapat digunakan kembali-atau lebih baik lagi, tanpa kemasan," kata Piper. Aluminium, bambu, dan kaca adalah bahan kemasan yang berkelanjutan dan mudah didaur ulang. 

Foto: Punya Banyak Kemasan Skincare yang Kosong? Coba Ikuti Program Daur Ulang dari 4 Brand Kecantikan ini!/freepik.com/teksomolikaIlustrasi skincare ramah lingkungan. (Foto: freepik.com/teksomolika)

Bekali pula dirimu dengan pengetahuan soal daur ulang, seperti mengetahui simbol dan kode yang tertera pada kemasan.

Hindari Konsumsi Berlebihan dan Tidak Penting

Seperti yang telah dikatakan pada poin pertama, menggunakan apa yang telah dimiliki sebelumnya sampai benar-benar rusak atau habis adalah hal terbaik yang dapat dilakukan siapa pun dalam menjaga lingkungan. Mengonsumsi sesuatu secara sadar adalah kunci.

Kamu bisa mencari produk yang bisa digunakan untuk lebih dari satu tujuan, seperti perona pipi yang juga bisa digunakan di bibir, misalnya. Atau kamu bisa mengurangi barang sekali pakai, sebab bukan berarti ada opsi daur ulang lalu kita bisa konsumsi apa pun untuk didaur ulang nantinya.

skincareIlustrasi skincare ramah lingkungan. / Foto: pexels.com/Mathilde Langevin

"Semakin sedikit barang yang kita butuhkan, semakin sedikit barang yang perlu kita daur ulang atau lempar dan itu adalah kemenangan bagi planet ini dan dompet kita!" kata Piper.

Reuse and Refill

Alih-alih membeli produk baru beserta kemasannya, kamu bisa membeli isinya saja. Kini, telah banyak tersebar bulk store yang menyediakan produk isi ulang tanpa kemasan. Konsep ini memungkinkan kamu untuk mengisi ulang produk yang ada di rumah dengan kemasan yang sama.

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id