sign up SIGN UP

4 Rekomendasi Produk Chemical Exfoliator dengan Pengalaman Berbeda, Mana Favoritmu?

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Kamis, 04 Aug 2022 17:30 WIB
4 Rekomendasi Produk Chemical Exfoliator dengan Pengalaman Berbeda, Mana Favoritmu?
Ini Rekomendasi Produk Chemical Exfoliator dengan Pengalaman Berbeda/Foto: Freepik.com/gpointstudio

Eksfoliasi wajah menjadi kunci rahasia untuk mendapatkan tampilan kulit cerah pada usia berapa pun.

Mengutip Women’s Health, dokter ahli kulit dari New Jersey Dr. Avnee Shah, MD menjelaskan, eksfoliasi wajah bermanfaat untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam, mendorong pergantian sel kulit baru yang lebih cerah, mengurangi risiko jerawat dari kotoran yang menyumbat pori-pori, menghaluskan tekstur kulit, dan memungkinkan produk perawatan kulit menyerap lebih baik.

Ada dua jenis eksfoliasi, yakni physical exfoliating yang menggunakan scrub atau alat seperti cleansing brush, serta chemical exfoliating yang memanfaatkan AHA, BHA, dan PHA.

Meski metode eksfoliasi kulit kulit terbaik sangat tergantung pada preferensi dan jenis kulit masing-masing, tapi dokter kulit lebih merekomendasikan metode chemical exfoliating, terutama karena scrub berpotensi menimbulkan luka iritasi kecil di kulit.

Setidaknya terdapat 4 jenis produk chemical exfoliating yang beredar di pasaran. Keempatnya memiliki keunggulan masing-masing, loh. Yuk, kita cari tahu!

1. Exfoliating Toner

eksfoliasi wajah dengan metode pengelupasan kimia
Exfoliating Toner/Foto: Instagram.com/skintificid

Dalam The Zoe Report, dokter kulit Corey L. Hartman berpendapat, produk exfoliating toner yang bagus memiliki proporsi AHA, BHA, atau PHA yang tepat, secara lembut meningkatkan regenerasi sel serta menyeimbangkan sebum dan skin barrier.

Exfoliating toner dipakai dengan cara menuangkan produknya ke kapas, lalu sapukan ke seluruh area wajah.

Umumnya, para ahli merekomendasikan exfoliating toner untuk jenis kulit berminyak digunakan 1-3 kali per minggu, dan hanya 1-2 kali per minggu untuk kulit normal. Sedangkan, pada kulit kering dan sensitif, kamu mungkin hanya perlu menggunakannya seminggu sekali atau dua minggu sekali.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa menggunakan SKINTIFIC 5% AHA BHA PHA Exfoliating Toner. Produk ini juga diperkaya dengan bahan aktif probiotik kompleks dan niacinamide yang bisa melindungi kulit, termasuk yang sensitif, dari iritasi.

2. Exfoliating Serum

eksfoliasi wajah dengan metode pengelupasan kimia
Exfoliating serum/Foto: Instagram.com/azarinecosmeticofficial

Pada beberapa produk, exfoliating serum disebut sebagai peeling serum. Serum yang mengandung agen eksfoliasi ini bekerja melarutkan sel-sel kulit mati yang kusam untuk menghasilkan kulit yang lebih halus dan cerah.

Perawatan ini cukup kamu gunakan 2-3 kali seminggu di malam hari, dengan cara diteteskan langsung pada wajah yang bersih. Tunggu 10 menit lalu bilas.

Exfoliating serum bersifat lebih mild dan rendah risiko iritasi bila dibandingkan dengan exfoliating toner, sehingga lebih ramah bagi pemula yang baru ingin mencoba metode pengelupasan kimia. Hal ini mungkin karena konsistensi serum yang lebih kental daripada toner, sehingga mengandung lebih banyak bahan pelembap.

Salah satu produk yang bisa kamu coba adalah Azarine AHA-BHA-PHA Peeling Serum. Kandungan 7% campuran AHA (glycolic, mandelic, lactic) + 2% BHA (salicylic acid) + 1% PHA (lactobionic acid), serta ekstrak pepaya ampuh untuk mengatasi masalah jerawat, noda bekas jerawat, juga pori-pori besar.

3. Exfoliating Pads

Eksfoliasi wajah dengan metode chemical exfoliating
Exfoliating pads/Foto: Instagram.com/npureofficial

Produk eksfoliasi yang satu ini mungkin kurang travel friendly karena wadahnya yang cukup besar. Meski demikian, eksfoliasi wajah untuk semua jenis kulit ini dinilai lebih praktis dan menghemat waktu.

Keunikan dari exfoliating pads adalah ia menawarkan perawatan kulit dengan kombinasi dari pengelupasan kimia dan fisik.

Hal ini seperti yang dijelaskan ahli kecantikan Nicole Hatfield dalam Skincare. Produk exfoliating pads umumnya direndam dalam serum yang mengandung chemical exfoliator. Kemudian, produk ini juga memiliki sisi pads bertekstur sebagai physical efoliator.

Jika kamu mencari rekomendasi, cobalah N’Pure Cica Clear Pad yang cocok pada kulit sensitif karena diformulasikan dengan Centella asiatica yang mampu melembapkan kulit. Nggak hanya untuk wajah, produk ini juga bisa kamu gunakan untuk menghaluskan area leher, siku, atau dengkul yang kasar.

4. Exfoliating Mask

Eksfoliasi wajah dengan metode chemical exfoliating
Exfoliating mask/Foto: Instagram.com/bloomka_id

Exfoliating mask penggunaannya sama seperti masker wajah biasa. Setelah dioleskan ke kulit, kamu cukup membiarkannya mengering selama waktu yang ditentukan, lalu bilas. Bahan-bahan dalam produk ini bekerja untuk mengelupas lapisan kulit terluar dan mengeluarkan penumpukan kotoran, minyak, atau kulit mati.

Bloomka Sugarcane + Calendula Exfoliating Facial Mask menjadi pilihan masker eksfoliasi lokal, dengan kandungan 10% natural AHA dari bilberry, sugar cane, jeruk, lemon, dan maple ditambah ekstrak calendula yang menyejukkan kulit.

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id