sign up SIGN UP

Usai Terpapar Sinar Matahari, Cek 5 Langkah Perawatan After Sun untuk Menenangkan Kulit

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Selasa, 02 Aug 2022 11:15 WIB
Usai Terpapar Sinar Matahari, Cek 5 Langkah Perawatan After Sun untuk Menenangkan Kulit
caption

Menggunakan sunscreen saat beraktivitas memang penting untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Namun di samping itu, melakukan perawatan kulit after sun juga tak kalah penting, terutama setelah kamu seharian beraktivitas di luar ruangan. 

Perawatan kulit after sun sendiri seringkali dilakukan untuk merawat kulit yang mengalami sunburn, serta bermanfaat mengembalikan kelembapan dan kesegaran kulit yang hilang setelah terpapar sinar matahari. Mengutip dari Skincare.comterdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulit after sun.

Berikut rangkumannya!

1. Membersihkan Wajah dengan Cleanser

membersihkan wajah
Membersihkan wajah dengan cleanser/Foto: Freepik/Senivpetro

Langkah pertama dalam merawat kulit after sun adalah membersihkan wajah menggunakan cleanser. Langkah ini dlakukan untuk menghilangkan rasa lengket dan kusam akibat paparan debu, keringat dan kotoran yang menempel di wajah selama beraktivitas.

Lakukan langkah ini menggunakan produk cleanser yang berformula gentle ya, Beauties!

2. Mengaplikasikan Moisturizer

mengaplikasikan moisturizer
Mengaplikasikan moisturizer/Foto: Freepik/Jcomp

Paparan matahari yang berlebihan bisa merusak skin barrier dan membuat kulit kekurangan kadar air hingga mengalami dehidrasi. Untuk itu, setelah membersihkan wajah, aplikasikan moisturizer yang sesuai dengan jenis kulitmu untuk membantu mengembalikan kelembapan yang hilang.

Nah, saat mengaplikasikan pelembap, sebaiknya lakukan saat kulit masih sedikit basah setelah mencuci wajah untuk membantu mengunci kelembapannya lebih lama. 

3. Menambahkan Aloe Vera Gel

aloe vera gel
Aloe vera gel untuk perawatan kulit after sun/Foto: Freepik/Freepik

Aloe vera sering dimanfaatkan dalam produk-produk after sun karena memiliki efek soothing untuk menenangkan sunburn. Pasalnya, kandungan ini dapat memberikan sensasi dingin yang menyegarkan pada kulit, disertai dengan kemampuannya untuk menghidrasi dan melindungi kulit dari sinar matahari.

4. Menenangkan Kulit dengan Sheet Mask 

sheet mask
Menenangkan kulit dengan sheet mask/Foto: Freepik/Freepik

Selain menggunakan aloe vera, menenangkan kulit after sun juga bisa kamu lakukan dengan mengaplikasikan sheet mask. Jenis masker ini cocok digunakan untuk mengembalikan kelembapan serta dapat memberikan sensasi kesegaran karena memiliki kandungan serum yang berlimpah.

Tinggal aplikasikan sheet mask selama 15 - 20 menit, kulit pun akan kembali terasa lebih segar, lembap dan kenyal!

5. Perawatan After Sun untuk Bibir

perawatan bibir
Perawatan after sun untuk bibir/Foto: Freepik/Freepik

Tak kalah penting dari wajah, bibir juga memerlukan perawatan after sun agar terhindar dari efek buruk matahari. Kamu bisa memulai dengan melakukan eskfoliasi menggunakan lip scrub untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada permukaan bibir, kemudian mengaplikasikan lip balm untuk membantu menutrisi dan mengembalikan kelembapannya.

Agar bibir terlindungi dari sinar matahari, pastikan juga kamu menggunakan lip balm yang dilengkapi UV filter sebelum beraktivitas ya, Beauties.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id