sign up SIGN UP

5 Bahan Makanan yang Tak Boleh Dijadikan Masker Wajah, Ternyata Bisa Mengundang Bahaya!

Natasha Riyandani | Beautynesia
Minggu, 31 Jul 2022 15:30 WIB
5 Bahan Makanan yang Tak Boleh Dijadikan Masker Wajah, Ternyata Bisa Mengundang Bahaya!
Deretan Bahan Makanan yang Tidak Boleh Dijadikan Masker Wajah/ Foto: Freepik.com/author/racool-studio

Merawat kulit wajah menjadi hal wajib yang harus diperhatikan setiap perempuan, lho. Berbagai perawatan kulit saat ini banyak bermunculan untuk mempercantik kulit wajah.

Meski demikian, tak semua orang mampu melakukannya karena harganya yang dapat menguras kantong. Kini, muncul berbagai resep masker DIY yang dibuat menggunakan bahan-bahan makanan yang dinilai dapat merawat kulit sehingga lebih cerah dan sehat.

Namun, tak semua bahan makanan bisa digunakan untuk bahan masker dan dikenakan pada kulit wajah. Salah-salah malah dapat membuat kulit iritasi dan kemerahan. Untuk itu, Beauties harus mencari tahu terlebih dahulu terkait bahan makanan yang akan digunakan pada kulit wajah.

Mengutip dari berbagai sumber, salah satunya Healthline, berikut ini bahan-bahan makanan yang sebaiknya tidak digunakan untuk masker wajah. Simak yuk dan ketahui bahayanya!

1. Putih Telur

Putih telur tidak disarankan untuk masker wajah
Putih Telur/ Foto: Freepik.com/author/jcomp

Masker wajah dengan menggunakan putih telur sebagai bahan utama sudah tak asing didengar. Banyak produk-produk kecantikan yang menggunakan putih telur sebagai bahan pembuatannya.

Saat ini, banyak bermunculan di internet resep-resep untuk membuat masker wajah menggunakan putih telur. Yang mana digunakan untuk mencerahkan kulit, membersihkan komedo, dan menghaluskan tekstur wajah.

Namun, mengoleskan putih telur memiliki dampak yang berbahaya untuk kulit lho, Beauties. Putih telur mentah dapat mengandung bakteri salmonella yang dapat merusak kulit wajah.

2. Lemon

Lemon memiliki sifat asam alami yang dapat membuat kulit iritasi
Lemon/ Foto: Freepik.com/author/stockking

Lemon menjadi buah yang paling sering disarankan untuk membuat masker wajah di rumah. Memiliki sifat asam yang menyengat membuat mengoleskan lemon sebagai masker dipercaya dapat memudarkan bekas jerawat dan hiperpegmentasi.

Namun, penggunaan lemon yang terlalu sering untuk masker wajah dapat menyebabkan iritasi kulit, kulit perih, dan kulit terasa terbakar.

3. Kayu Manis

Kayu manis tidak disarankan untuk masker wajah
Kayu Manis/ Foto: Freepik.com/author/dashu83

Menggunakan kayu manis sebagai campuran dalam membuat masker DIY sangat tidak disarankan. Karena penggunaan kayu manis pada kulit wajah dapat menyebabkan kemerahan dan rasa terbakar.

Walaupun kayu manis memiliki manfaat antimikroba yang berguna untuk penyembuhan luka, tetapi tidak disarankan untuk diaplikasikan pada wajah ya, Beauties.

4. Cuka Apel

Cuka apel dapat membuat kulit wajah kemerahan
Cuka Apel/ Foto: Freepik.com/author/rawpixel-com

Cuka apel dikenal sebagai penghilang noda hitam, memudarkan bekas jerawat, dan mengempeskan jerawat. Namun, perlu diketahui bahwa menggunakan cuka apel tanpa takaran yang benar dapat membuat kulit wajar terasa seperti tersengat, efek buruknya dapat membuat kulit wajah kemerahan dan terasa seperti luka bakar. Sehingga, sebaiknya Beauties menghindari penggunaan cuka apel untuk masker wajah ya.

5. Baking Soda

Baking soda tidak disarankan untuk masker wajah
Baking Soda/ Foto: Freepik.com/author/freepik

Banyak dikatakan bahwa baking soda bermanfaat untuk meredakan peradangan dan mengempeskan jerawat. Namun, kandungan pH yang sangat tinggi pada baking soda dapat menyebabkan iritasi kulit bahkan menghilangkan minyak alami pada lapisan kulit. Sehingga, baking soda sangat tidak dianjurkan untuk digunakan di wajah ya Beauties karena yang ada baking soda makin memperparah kondisi wajah.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id