sign up SIGN UP

Mudah Dilakukan, Ini 5 Kebiasaan Kecil di Malam Hari yang Bikin Awet Muda! Yuk, Cobain

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Jumat, 29 Jul 2022 19:00 WIB
Mudah Dilakukan, Ini 5 Kebiasaan Kecil di Malam Hari yang Bikin Awet Muda! Yuk, Cobain
caption

Kebanyakan orang menginginkan awet muda. Awet muda dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti selalu tampak muda meskipun usianya sudah tua. Seperti yang Beauties ketahui bahwa semakin bertambahnya usia maka penampilan akan semakin berubah.

Perubahan tersebut meliputi dari munculnya garis-garis halus di wajah hingga bagian kulit lainnya yang mulai mengendur. Jika kamu menginginkan tampilan yang awet muda maka kamu harus bisa mengubah kebiasaan harianmu, misalnya dengan mengubah kebiasaan kecil di malam hari.

Nah, kira-kira kebiasaan kecil di malam hari seperti apa yang bisa membuat tampilan menjadi awet muda? Penasaran, Beauties? Berikut 5 kebiasaan kecil di malam yang bikin awet muda. Yuk, cobain!

Meditasi Sebelum Tidur

Ilustrasi perempuan melakukan yoga
Ilustrasi perempuan melakukan yoga/Foto: Freepik/Senivpetro

Meditasi sebelum tidur merupakan kebiasaan kecil yang mudah dilakukan untuk membantu mengurangi stres dan membuat tampilan menjadi awet muda. Melansir dari Eat This, Not That!, kamu dapat mencoba meditasi seperti yoga. Melakukan yoga beberapa menit setiap malam sebelum tidur dapat membantumu dalam menjernihkan pikiran.

Seperti yang Beauties ketahui bahwa terlalu banyak pikiran akan memicu terjadinya stres yang mengakibatkan wajah terlihat cepat tua. Nah, jika kamu ingin merasa lebih muda atau memiliki tampilan yang awet muda maka cobalah meditasi yoga sebelum tidur.

Hindari Begadang

Ilustrasi perempuan sedang tidur
Ilustrasi perempuan sedang tidur/Foto: Freepik/Senivpetro

Hayo, siapa nih yang masih suka begadang? Begadang merupakan kebiasaan kecil yang dapat memicu banyak penyakit, lho, Beauties. Selain itu, dengan begadang wajah juga akan terlihat cepat tua.

Jika kamu ingin memiliki tampilan yang awet muda maka hindari begadang dan mulailah miliki kebiasaan tidur yang cukup. Dalam beberapa penelitian mengatakan bahwa tidur yang cukup akan membantu otak berkembang dan membantu peremajaan kulit.

Sebagaimana yang dilansir dari CNN Indonesia, peremajaan kulit tersebut dapat terjadi karena saat tertidur, tubuh akan melakukan regenerasi sel termasuk kulit, dengan sel baru sekaligus memperbaiki peradangan sel rusak yang bisa menyebabkan penuaan dini.

Atur Suasana Kamar Tidur

Ilustrasi perempuan hendak mematikan lampu tidur
Ilustrasi perempuan hendak mematikan lampu tidur/Foto: Freepik/Tirachardz

Kebiasaan kecil satu ini memang terkadang sering terlewatkan atau terlupakan. Padahal dengan mengatur suasana kamar tidur, kamu akan mendapatkan kualitas tidur yang bagus. Dilansir dari Eat This, Not That!, menurut Stephen Light, seorang pakar tidur bersertifikat, menciptakan kamar tidur yang sempurna untuk merangsang tidur adalah kebiasaan penting untuk mendapatkan tidur berkualitas yang membuat tubuh menjadi lebih berenergi dan awet muda.

Pastikan suasana kamar tidur memiliki kondisi yang sejuk, gelap, dan tenang. Selain itu, pilihlah tirai yang tebal yang memungkinkan tidak ada suara bising yang masuk ke dalam kamar. Jika tidak memiliki tirai tebal kamu bisa menggantinya dengan membeli penyumbat telinga. Jangan lupakan juga untuk mempertimbangkan kasur yang nyaman ya, Beauties!

Hindari Menatap Layar Elektronik

Ilustrasi ibu dan anak yang sedang menonton TV
Ilustrasi ibu dan anak yang sedang menonton TV/Foto: Freepik/Tirachardz

Sudah menjadi kebiasaan sebagian orang untuk main handphone atau menonton TV sebelum tidur. Kebiasaan seperti ini ternyata tidak baik dilakukan, lho, Beauties! Menurut Robert Pagano, seorang pelatih ilmu tidur bersertifikat di Sleepline, menjelaskan jika ingin terlihat awet muda maka hindari menatap layar elektronik sebelum tidur.

"Salah satu strategi yang dapat membantu orang merasa lebih muda adalah menghindari menonton TV atau menggunakan perangkat elektronik di tempat tidur. Cahaya biru dari layar ini dapat mengganggu produksi melatonin alami tubuh yang penting untuk tidur malam yang nyenyak. Sebagai gantinya, cobalah membaca buku," jelasnya, dilansir dari Eat This, Not That!.

Gunakan Skincare

Ilustrasi perempuan yang sedang mengoleskan krim malam
Ilustrasi perempuan yang sedang mengoleskan krim malam/Foto: Freepik/Artursafronovvvv

Skincare menjadi penunjang eksternal dalam melakukan peremajaan kulit agar terlihat awet muda. Ketika usia semakin bertambah maka tingkat kelembapan serta elastisitas kulit menjadi menyusut.

Inilah mengapa skincare sangat penting digunakan. Kamu dapat membersihkan wajah sebelum tidur, lalu menggunakan masker atau scrub, diikuti dengan menggunakan krim malam. Adapun manfaat lain dari skincare selain membantu peremajaan kulit adalah untuk memberikan nutrisi pada kulit, mencegah penuaan dini, hingga meminimalisir risiko dari masalah kulit.

Nah, Beauties itulah tadi 5 kebiasaan kecil di malam hari yang bisa bikin awet muda. Yuk, coba mulai dari sekarang!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id