sign up SIGN UP

5 Ingredients yang Ampuh Cerahkan Kulit Kusam, Auto Glowing!

Meydiana Adinda | Beautynesia
Sabtu, 16 Oct 2021 18:00 WIB
5 Ingredients yang Ampuh Cerahkan Kulit Kusam, Auto Glowing!
caption

Kulit cerah dan glowing tentu menjadi dambaan setiap orang. Tak perlu khawatir, kamu bisa kok mewujudkan skin goals ini! Caranya adalah dengan menerapkan gaya hidup yang sehat serta mengimbanginya dengan perawatan wajah yang dapat menunjang kesehatan kulitmu.

Untuk mendapatkan kulit yang glowing, kamu juga bisa mengandalkan produk skincare dengan beragam ingredients pencerah kulit yang bisa kamu dapatkan dari toner, serum, hingga moisturizer

Nah, jika kamu ingin tahu apa saja ingredients yang ampuh membuat kulit glowing, simak artikel berikut ini, yuk!

1. Vitamin C

Skincare untuk kulit glowing
Kulit glowing dengan skincare vitamin C/foto: forskinssake.com

Vitamin C beserta turunannya memang dikenal baik untuk mencerahkan kulit. Selain label vitamin C, bahan ini bisa kamu temukan dengan nama ascorbic acid, ascorbyl glucoside, ascorbyl palmitate di dalam label komposisinya. 

Vitamin C bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan pigmen melanin sehingga efektif dalam mencerahkan kulit serta memudarkan noda hitam yang ada pada kulit. Selain itu, vitamin C yang kaya akan antioksidan juga akan melindungi kulit dari radikal bebas.

2. Alpha Arbutin

Skincare untuk kulit glowing
Kulit glowing dengan skincare alpha arbutin/foto: instagram.com/nutrisheofficial

Alpha arbutin diekstrak dari daun kering tanaman seperti blueberry, cranberry dan bearberry. Bahan ini bekerja efektif mencerahkan warna kulit, menyamarkan noda dan bintik hitam pada kulit, serta menyamaratakan warna kulit.

Pasalnya, mengutip dari laman Skinkraft bahan ini bekerja dengan cara memblokir aktivitas tirosinase dengan memperlambat proses pigmentasi yang disebabkan oleh sinar UV. Tirosinase merupakan enzim yang merangsang produksi melanin pada sel melanosit. Hal inilah yang menyebabkan alpha arbutin dikenal sebagai agen pencerah kulit.

3. Niacinamide

Skincare untuk kulit glowing
Kulit glowing dengan skincare niacinamide/foto: somethinc.com

Vitamin B3 atau yang lebih dikenal dengan niacinamide memang telah dikenal sebagai sebuah powerful ingredient lantaran memiliki banyak manfaat bagi kulit. Dilansir dari Byrdie, seorang dermatolog, Jennifer Hermann menjelaskan bahwa bahan ini membantu memulihkan sel kulit yang rusak, membuat kulit lebih sehat, memperkuat skin barrier, dan tentunya menjadikan kulit tampak lebih cerah. 

Niacinamide terbukti dapat mencegah transfer pigmen di dalam kulit sehingga membantu mengurangi bintik-bintik coklat,” jelasnya lebih lanjut.

4. Retinol

Skincare untuk kulit glowing
Kulit glowing dengan skincare retinol/foto: instagram.com/avoskinbeauty

Tak hanya mengatasi masalah penuaan, retinol juga dapat membantumu mengatasi kulit yang kusam. Retinol akan bekerja dengan menenangkan sel-sel kulit yang memproduksi melanin, yang menyebabkan perubahan warna pada kulit. 

Setelah sel-sel ini tenang, retinol akan membuat sel kulit membaik, sehingga kulit menjadi lebih sehat dan tampak lebih cerah. Yang perlu diingat, retinol sendiri memiliki sifat fotosensitif sehingga kamu harus memastikan dirimu telah rutin menggunakan sunscreen sebelum mencoba bahan yang satu ini, ya.

5. Azelaic Acid

Skincare untuk kulit glowing
Kulit glowing dengan skincare azelaic acid/foto: paulaschoice.com

Jika kulitmu cenderung sensitif dan gampang kemerahan, maka kamu bisa memilih bahan yang satu ini. Dilansir dari Allure, azelaic acid sendiri kerap diresepkan oleh dermatolog untuk menenangkan kulit sensitif dan rawan rosacea. Pasalnya, bahan ini bekerja fokus pada melanin yang berlebih dan tidak mencoba mencerahkan area kulit lain yang telah sehat. 

Untuk cara kerjanya, azelaic acid akan membatasi pembuatan melanin dengan menghambat tirosinase sehingga memudarkan hiperpigmentasi pada kulit. Selain itu, dengan sifat antiinflamasi yang dimilikinya, azelaic acid juga akan mengurangi radang, perih, serta kemerahan di kulit.

Nah, itu dia lima bahan aktif yang dapat membuat kulit wajahmu lebih cerah dan glowing. Selain menggunakan skincare dengan bahan pencerah, kamu juga harus rajin menggunakan sunscreen, ya!

-----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id