sign up SIGN UP

Berbagai Istilah Seputar Skincare, Pemula Wajib Tahu Perbedaannya!

Fahira mahza | Minggu, 12 Sep 2021 07:30 WIB
Berbagai Istilah Seputar Skincare, Pemula Wajib Tahu Perbedaannya!
caption
Jakarta -

Ketika memasuki usia remaja hingga dewasa, banyak perempuan yang mulai lebih memerhatikan penampilan dengan melakukan perawatan kulit. Biasanya, mereka mulai menggunakan skincare sebagai langkah awal perawatan yang dilakukan. Sebagai seorang pemula, biasanya sulit memahami istilah-istilah dalam skincare yang mereka gunakan. 

Apabila kamu salah mengartikan makna dari kandungan serta istilah tersebut, maka dapat menyebabkan kesalahan dalam mengombinasikan skincare yang digunakan sehingga dapat menyebabkan skincare yang digunakan tidak menunjukkan hasil yang signifikan, justru dapat menyebabkan timbulnya masalah kulit seperti jerawat.

Untuk itu, pemula wajib mengetahui istilah istilah yang biasanya digunakan pada skincare berikut ini.

1. Double Cleansing

Double cleanse
Double cleanse/foto:pexels.com

Bagi pemula yang baru menggunakan skincare, biasanya akan mulai mencari cari informasi mengenai penggunaan skincare yang tepat. Salah satu informasi yang paling umum muncul mengenai penggunaan skincare bagi pemula ini yaitu double cleansing, salah satu teknik membersihkan wajah yang sudah dikenal banyak orang.

Teknik ini melakukan dua kali pembersihan wajah yaitu dengan menggunakan pembersih wajah yang berbahan dasar minyak pada tahap awal lalu dilanjutkan dengan menggunakan pembersih berbahan dasar air. Teknik ini bertujuan untuk membersihkan minyak, kotoran, serta makeup pada wajah secara maksimal.

2. Purging

Purging
Purging/foto:pexels.com

Ketika baru menggunakan skincare terkadang timbul jerawat kecil ataupun kulit kering. Hal tersebut sebenarnya bukan disebakan karena skincare yang digunakan tidak cocok, tetapi dapat disebabkan karena kulit wajah baru beradaptasi dengan suatu produk sehingga kulit melakukan penyesuaian.

Kondisi ini dinamakan purging, yaitu reaksi dan proses adaptasi kulit terhadap bahan aktif yang ada dalam skincare. Efek purging pun biasanya tidak akan bertahan lama, kulit akan kembali normal setelah pemakaian produk secara rutin.

3. Skin Barrier

Skin barrier
Skin barrier/foto:pexels.com

Saat memulai menggunakan skincare biasanya para pemula akan membaca kegunaan produk yang terdapat di dalam kemasan produknya. Istilah yang paling sering muncul dibagian manfaat produk yaitu dapat memperkuat skin barrier.

Skin barrier merupakan lapisan terluar kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk lingkungan dan juga berfungsi untuk menjaga kadar air agar tidak cepat menguap dari dalam kulit kita. Lapisan kulit ini juga membantu mencegah jerawat dan memperkuat sel kulit wajah.

4. PH Balance

PH balance
PH balance/foto:pexels.com

Istilah yang paling sering muncul pada produk skincare terutama cleanser dan toner yaitu pH balance. Istilah ini merujuk pada kadar pH kulit yang dianggap pas dan sehat, yaitu antara 4,7 sampai 5,5. Sebagai seorang pemula sebaiknya menggunakan skincare yang mencantumkan kadar pH balance. Sebab hal ini dapat menjaga keseimbangan pH kulit.

5. Non Comedogenic

Non comedogenic
Non comedogenic/foto:pexels.com

Salah satu istilah yang wajib diketahui pemula yaitu non comedogenic. Istilah ini digunakan produk skincare yang tidak menyumbat pori-pori. Non comedogenic sendiri berarti tidak menyebabkan komedo. Istilah ini wajib diketahui khususnya bagi orang orang yang memiliki tipe kulit berminyak.

Karena dengan memilih produk non comedogenic dapat mengurangi timbulnya jerawat dan merawat pori-pori.

Itulah beberapa istilah yang wajib diketahui untuk kamu yang masih pemula dalam dunia skincare. Istilah-istilah tersebut perlu diketahui oleh pemula agar dapat memilih produk yang tepat sehingga akan mendapatkan hasil yang maksimal dari penggunaan produk perawatan wajah.

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id