sign up SIGN UP

5 Kandungan Skincare yang Ampuh Tingkatkan Kolagen dan Cegah Penuaan Dini

Hijria Khatimi | Beautynesia
Sabtu, 06 Nov 2021 08:30 WIB
5 Kandungan Skincare yang Ampuh Tingkatkan Kolagen dan Cegah Penuaan Dini
caption
Jakarta -

Kolagen merupakan senyawa yang dibutuhkan kulit untuk mempertahankan kesehatan kulit. Kulit yang kekurangan zat ini dapat kehilangan kekenyalan dan elastisitasnya. Akibatnya, kulit bisa saja terlihat memiliki lebih banyak kerutan, bahkan mengendur.

Meningkatkan produksi kolagen tak hanya bisa dilakukan melalui asupan makanan maupun suplemen, tetapi bisa juga melalui skincare. Untuk itu, kamu perlu memastikan produk yang digunakan memiliki kandungan yang dapat meningkatkan senyawa yang dipercaya membuat awet muda ini.

Nah, berikut ini deretan kandungan dalam skincare yang dapat meningkatkan produksi kolagen.

1. Retinol

Kandungan skincare tingkatkan kolagen
Kandungan skincare tingkatkan kolagen/Foto: Freepik.com

Siapa yang tak pernah mendengar tentang retinol? Retinol merupakan bahan aktif yang telah teruji khasiatnya untuk kulit. Kandungan satu ini sering ditemukan pada produk perawatan kulit yang dikhususkan untuk anti aging.

Hal tersebut karena retinol memang bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi kerutan, dan memperbaiki tekstur kulit.

2. Bakuchiol

Kandungan skincare tingkatkan kolagen
Kandungan skincare tingkatkan kolagen/Foto: Freepik.com/senivpetro

Bagi kamu yang kulitnya sensitif dan mudah iritasi, mungkin bisa mencoba skincare mengandung bakuchiol. Bakuchiol kini mulai banyak ditemukan dalam berbagai produk kecantikan, karena merupakan alternatif bagi mereka yang tak cocok dengan retinol.

Meski lebih lembut, bakuchiol memiliki efektivitas yang sama dengan retinol dalam meningkatkan produksi kolagen dan mencegah tanda-tanda penuaan dini.

3. Alpha Hydroxy Acid (AHA)

Kandungan skincare tingkatkan kolagen
Kandungan skincare tingkatkan kolagen/Foto: Freepik.com/artursafronovvv

AHA selama ini dikenal berfungsi sebagai eksfoliator karena khasiatnya yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Namun tak hanya itu, AHA juga dapat membantu menstimulasi kolagen sehingga kulit terlihat lebih cerah dan kencang.

4. Peptide

Kandungan skincare tingkatkan kolagen
Kandungan skincare tingkatkan kolagen/Foto: Freepik.com/Ekaterina Bolovtsova

Selain retinol dan bakuchiol, peptide juga merupakan salah satu bahan yang sering terkandung dalam produk anti aging. Melansir dari Forbes, menurut Dr. Shari Marchbein seorang dermatologis dari American Academy of Dermatology, peptide dapat mendorong produksi kolagen dan elastin pada kulit.

Sehingga akan meningkatkan elastisitas serta meratakan warna kulit.

5. Hyaluronic Acid

Kandungan skincare tingkatkan kolagen
Kandungan skincare tingkatkan kolagen/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Hyaluronic acid dipercaya sebagai bahan yang ampuh menjaga kelembaban kulit. Namun tak hanya itu, melansir dari Healthline, menurut Nutrition Journal volume 13 tahun 2014, hyaluronic acid juga dapat membantu meningkatkan kolagen pada tubuh. Kandungan ini juga dikatakan dapat mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

Itulah 5 kandungan skincare yang bisa membantu meningkatkan produksi kolagen. Deretan kandungan skincare di atas, sangat bisa kamu pertimbangkan jika ingin membuat kulit terjaga kekencangan dan elastisitasnya. Semoga bermanfaat, Beauties!

-----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id