sign up SIGN UP

5 Kesalahan Saat Memakai Toner yang Bisa Bikin Kulit Jadi Gagal Glowing

Adinda Rizki Putriandaswita | Beautynesia
Senin, 25 Jul 2022 17:44 WIB
5 Kesalahan Saat Memakai Toner yang Bisa Bikin Kulit Jadi Gagal Glowing
caption
Jakarta -

Toner menjadi salah satu produk skincare yang penting dan tak boleh terlewat penggunaannya. Mengapa? Sebab, toner membantu mempersiapkan kulit ketika akan memakai produk skincare lain, juga berguna untuk menenangkan, melembapkan, sekaligus menyegarkan kulit nih, Beauties.

Untuk mendapatkan kulit yang lembap dan halus dari menggunakan toner, pemakaian toner harus dilakukan dengan tepat, sehingga meminimalisir kulit wajah gagal glowing.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa kesalahan yang umumnya terjadi ketika menggunakan toner, agar kamu bisa menghindari kesalahan tersebut dan berhasil mendapatkan kulit glowing impianmu! Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Tidak Mencuci Wajah Sebelum Memakai Toner

Toner memang bisa membersihkan wajah namun tidak berfungsi sebagai cleanser. Jadi cuci wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan toner.
Masih banyak yang tidak cuci muka terlebih dahulu saat akan memakai toner/ Foto: freepik.com/pvproductions

Terlihat mustahil dilakukan orang lain, tapi nyatanya memang masih banyak yang melakukan hal ini, yaitu tidak mencuci wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya pada wajah. Banyak yang masih melakukan kesalahan ini karena berpikir bahwa toner dapat membersihkan kotoran serta debu yang ada di wajah.

Toner memang bisa membersihkan wajah, tetapi produk yang satu ini tidak bisa difungsikan sebagai cleanser, sehingga toner tidak akan memberikan hasil yang maksimal dalam membersihkan wajah.

Dan walaupun wajah sudah dibersihkan oleh micellar water atau cleanser sekalipun, kamu tetap harus mencuci wajah terlebih dahulu dengan facial wash sebelum memakai toner ya, Beauties!

Jadi, pastikan wajahmu sudah bersih total dari segala kotoran dan debu sebelum mengaplikasikan toner, karena kulit yang bersih akan menyerap dan memaksimalkan kerja toner yang digunakan.

Memakai Toner yang Mengandung Alkohol

Tidak disarankan untuk menggunakan toner dengan kandungan alkohol terutama bagi pemilik tipe kulit sensitif dan kulit kering.
Jangan menggunakan toner dengan kandungan alkohol/ Foto: byrdie.com

Kesalahan dalam memakai toner selanjutnya yang masih suka dilakukan adalah tidak memperhatikan kandungan toner sehingga ada yang masih mengaplikasikan toner dengan kandungan alkohol ke wajah.

Bagi pemilik kulit sensitif, sangat tidak disarankan untuk menggunakan toner yang ada kandungan alkoholnya karena dapat merusak lapisan pelindung kulit serta menghilangkan lemak esensial dan juga protein.

Selain itu, menggunakan toner dengan kandungan alkohol bagi pemilik kulit kering juga justru akan membuat kulit menjadi tambah kering. Jadi, usahakan untuk menghindari toner yang mengandung alkohol untuk digunakan pada wajahmu ya, Beauties!

Toner yang ada kandungan alkohol juga tidak boleh digunakan di area sekitar mata karena dapat menyebabkan kulit di area tersebut menjadi kering serta dapat menimbulkan dark circle dan kerutan.

Mengaplikasikan Toner yang Tidak Sesuai dengan Jenisnya

Masih sering dilakukan oleh perempuan saat memakai toner, yaitu mengaplikasikan toner dengan cara menggosokkannya ke wajah.
Mengaplikasikan toner dengan cara digosokkan ke wajah merupakan kesalahan yang umum dilakukan/ Foto: freepik.com/lookstudio

Hal ini mungkin menjadi salah satu kesalahan yang paling umum terjadi ketika para perempuan mengaplikasikan toner, yaitu memakainya dengan cara menggosokkannya pada wajah. Pada dasarnya, kesalahan dalam memakai toner yang satu ini bisa menjadi salah satu faktor wajahmu gagal glowing lho, Beauties!

Pengaplikasian toner dengan menggosokkannya ke wajah dipercaya dapat membuat skin barrier pada wajah menjadi rusak dan bisa menimbulkan kerutan. Aplikasikanlah toner sesuai dengan jenis toner yang digunakan.

Untuk toner dengan sifat yang menghidrasi, jangan sampai mengaplikasikannya dengan kapas, sebab kapas ini justru akan menyerap lebih dari 60% toner tersebut sehingga produk akan terbuang begitu saja.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengoleskannya di telapak tangan, kemudian tepuk-tepuk ke wajah sampai menyerap. Dan untuk toner dengan kandungan AHA atau BHA baru perlu menggunakan kapas dalam mengaplikasikannya ke wajah, ini disarankan dilakukan untuk menghindari resiko terkena iritasi atau reaksi alergi pada telapak tangan setelah terkena toner.

Tidak Membiarkan Toner Terserap dengan Baik

Kesalahan yang masih sering dilakukan dalam memakai toner adalah tidak menunggu toner teresap dengan baik ke dalam kulit dan langsung menimpanya dengan produk skincare lain.
Tepuk-tepuk wajah dengan pelan agar toner meresap sempurna ke dalam kulit/ Foto: freepik.com/cookie_studio

Pada dasarnya, ketika sedang memakai rangkaian produk skincare, akan lebih baik jika menunggu produk yang sedang dipakai sampai terserap sepenuhnya dengan baik sebelum menggunakan produk skincare selanjutnya. Begitu juga dengan toner.

Masalahnya, banyak yang merasa tidak sabaran ketika sedang mengaplikasikan toner sehingga saat menggunakannya tidak menunggu sampai toner terserap kulit dengan sempurna dan langsung menimpa dengan produk lain. Berilah jeda waktu sebentar sampai toner menyerap dengan baik ke dalam kulit sebelum menggunakan rangkaian skincare lainnya, dengan cara menepuk-nepuk kulit dengan pelan.

Sebab, jika langsung menimpa kulit dengan produk skincare lain saat toner belum meresap sempurna ke kulit, dapat menimbulkan resiko kulit jadi dibanjiri oleh produk yang tidak terserap.

Tidak Memakai Produk Skincare Lain Setelah Menggunakan Toner

Rutinitas skincare jangan hanya berhenti di pemakaian toner saja, tahapan selanjutnya perlu dilakukan untuk mengunci kelembapan kulit seperti dengan memakai moisturizer.
Gunakan produk skincare lain setelah mengaplikasikan toner agar kulit menjadi glowing/ Foto: pexels.com/antoni shkraba

Kesalahan dalam memakai toner selanjutnya ini juga cukup sering dilakukan, yaitu rangkaian skincare hanya berhenti di pemakaian toner saja dan tidak dilanjutkan ke step selanjutnya.

Padahal, toner sendiri memiliki fungsi untuk mempersiapkan kulit wajah dalam menerima produk skincare yang akan dipakai selanjutnya, bisa berupa pelembap maupun serum. Inilah yang membuat kulitmu jadi gagal glowing, Beauties!

Jika pemakaian skincare hanya berhenti di toner saja, kulit wajah jadi tidak mendapatkan nutrisi yang maksimal sehingga kulit pun tidak akan kunjung halus dan bersih. Selain itu, kelembapan kulit setelah menggunakan toner juga harus dikunci dengan menggunakan skincare lain seperti pelembap.

Nah, itu dia lima kesalahan dalam memakai toner yang umum sekali terjadi pada setiap perempuan ketika sedang melakukan skincare routine. Setelah membaca artikel ini, jangan sampai salah lagi dalam mengaplikasikan toner ya, Beauties! Agar kulitmu jadi bersih dan glowing.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id