sign up SIGN UP

10 Perawatan Kecantikan yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Pernikahan, Beauties Sudah Tahu?

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Jumat, 15 Jul 2022 06:00 WIB
10 Perawatan Kecantikan yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Pernikahan, Beauties Sudah Tahu?
caption

Pernikahan berasal dari kata dasar nikah yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti ikatan (akad) perkawinan yang dilakukan sesuai dengan ketentuan hukum dan ajaran agama. Sebelum melaksanakan pernikahan ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan.

Mulai dari mental pasangan yang akan menikah itu sendiri, hingga beberapa kebutuhan yang berhubungan dengan pernikahan, seperti menyewa tempat untuk menikah, dekorasi ruangan, katering, tamu undangan, dan gaun pernikahan.

Selain beberapa hal di atas, ada satu hal lagi yang sebaiknya nggak ketinggalan ketika mempersiapkan pernikahan, yaitu melakukan perawatan kecantikan. Tentunya setiap pasangan ingin dilihat cantik di hari bahagianya, bukan? Oleh karena itu, merupakan hal yang wajar untuk melakukan perawatan kecantikan sebelum menikah.

Merangkum dari Glamour, berikut 10 perawatan kecantikan menjelang pernikahan yang Beauties perlu tahu. Yuk, simak!

Persiapan H-12 Bulan Sebelum Pernikahan

Ilustrasi invisalign
Ilustrasi invisalign/Foto: Pexels/Victor Henrique Castardo

Untuk mendapatkan hasil yang baik menjelang pernikahan maka perlu melakukan perawatan kecantikan dari jauh-jauh hari. Seperti yang dijelaskan oleh ahli bedah gigi kosmetik dan ahli estetika wajah, Dr Zainab Al-Mukhtar, merekomendasikan invisalign untuk merapikan gigi agar mendapatkan senyum yang menawan.

Invisalign merupakan metode perawatan ortodontik eksklusif yang menggunakan serangkaian pelurus gigi bening dan dapat dilepas. "Rencanakan ini sedini mungkin (dalam waktu kisaran 12 bulan) jika kamu memiliki gigi yang tidak atau hampir kurang rata untuk menyempurnakan senyummu," jelas Dr Zainab.

Persiapan H-9 Bulan Sebelum Pernikahan

Menjelang h-9 bulan sebelum pernikahan, kamu dapat melakukan perawatan kulit dengan berkonsultasi ke dokter kecantikan yang terpercaya. "Mereka akan memberi tahumu tentang perawatan kecantikan pra-pernikahan," kata Dr Zainab. "Langkah ini sangat relevan bagi mereka yang memiliki kondisi kulit inflamasi kronis seperti jerawat dan rosacea". lanjutnya.

Persiapan H-6 Bulan Sebelum Pernikahan

Dr Zainab sering melihat pengantin bertanya-tanya setelah perubahan seperti filler bibir, operasi hidung non-bedah dan kontur wajah (pipi dan dagu) menjelang pernikahan.

"Jika kamu tertarik untuk melakukan perawatan suntik maka waktu yang diperlukan adalah h-6 bulan sebelum pernikahan," ucap Dr Zainab. "Merencanakan sejauh ini memberimu waktu untuk mencoba perawatan dan memastikan apakah kamu senang dengan perubahan pada penampilan wajahmu atau tidak." 

Persiapan H-3 Bulan Sebelum Pernikahan

Ilustrasi perempuan yang sedang melakukan perawatan dengan dokter kecantikan
Ilustrasi perempuan yang sedang melakukan perawatan dengan dokter kecantikan/Foto: Pexels/Gustavo Fring

Perawatan kecantikan selanjutnya adalah memastikan apakah produk kecantikan yang kamu gunakan memberikan efek yang baik atau tidak pada wajahmu. "Untuk memastikan kulitmu terlihat bersinar di siang hari maka disarankan melakukan konsultasi ke ahli perawatan kulit," saran Dr Zainab.

Dr Zainab merekomendasikan pergi berkonsultasi ke ahli perawatan kulit spesialisasi pengelupasan kulit dan perawatan wajah untuk melihat apa yang dibutuhkan wajahmu. Apakah itu retinol (membuat kulit lebih kencang, lebih bersih, dan lebih bersinar dalam penampilan) atau vitamin C topikal (dapat mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit).

Persiapan H-2 Bulan Sebelum Pernikahan

Pada waktu ini, penting untukmu melihat apakah dari perawatan kecantikan yang kamu jalankan selama ini menimbulkan alergi atau tidak. "Hal terakhir yang diinginkan oleh calon pengantin adalah tidak adanya kulit bernoda di hari pernikahan. Perawatan kecantikan sejauh ini memungkinkan banyak waktu bagi kulitmu untuk beradaptasi. Jika kamu memiliki reaksi ringan terhadap pengobatan jangan dibiarkan," jelas Dr Zainab.

Persiapan H-1 Bulan Sebelum Pernikahan

Ilustrasi perawatan invisalign
Ilustrasi perawatan invisalign/Foto: Freepik/Wavebreakmedia_micro

H-1 bulan sebelum pernikahan menjadi waktu yang tepat untuk mengecek perawatan gigi yang sebelumnya telah dilakukan. "Perawatan invisalign kemungkinan akan selesai pada waktu ini dan kamu akan melakukan pemindaian untuk mengetahui retainer dan memastikan gigimu tidak kembali ke posisi semula," kata Dr Zainab.

"Jika perawatanmu tidak selesai, kamu dapat menghapus semua keterikatan dari perawatan invisalign untuk sementara. Dokter gigimu akan menawarkan perawatan pemutihan, kemudian membuat nampan khusus untuk melakukan pemutihan di rumah selama 2 minggu. Tujuannya adalah untuk memastikan kecantikan pra-pernikahanmu berjalan tanpa hambatan," jelasnya.

"Setelah dua minggu pemutihan, inilah saatnya untuk meningkatkan bentuk gigi dan menghaluskan semua kepingan atau ketidakteraturan untuk memastikan gigimu terlihat memukau. Ini mungkin melibatkan pembentukan atau ikatan kosmetik dengan bahan resin berwarna putih agar sesuai dengan gigi yang baru diputihkan," lanjut Dr Zainab.

Persiapan H-2 Minggu Sebelum Pernikahan

Pada waktu ini, kamu harus kembali melakukan perawatan wajah untuk memastikan kulit benar-benar dalam kondisi terbaik sebelum hari pernikahan tiba. "Cobalah untuk memastikan kondisi kulitmu lagi, apakah facial yang kamu jalankan merespons dengan baik, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya," saran Dr Zainab.

Persiapan H-7 Hari Sebelum Pernikahan

Ilustrasi perempuan yang sedang melakukan perawatan wajah
Ilustrasi perempuan yang sedang melakukan perawatan wajah/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

"Kamu dapat menambah atau mengurangi frekuensi beberapa produk perawatan kulit aktif lanjutan untuk meningkatkan hidrasi dan kecerahan (meningkatkan taruhan dengan asam hialuronat dan vitamin C), mengurangi kekeringan, iritasi, atau pengelupasan (moderasi penggunaan AHA, BHA, dan retinol) pada tahap ini. Jangan mencoba perawatan wajah atau produk baru yang tidak biasa kamu lakukan dan pastikan kamu memiliki rutinitas tidur yang baik." jelas Dr Zainab.

Persiapan H-48 Jam Sebelum Pernikahan

Hal yang perlu kamu siapkan menjelang h-48 jam sebelum pernikahan adalah melakukan latihan senyum. Pastikan senyummu bersinar. "Skala dan poles akan memastikan gigimu berkilau bersih dan cerah," kata Dr Zainab.

Persiapan H-24 Jam Sebelum Pernikahan

Pada detik ini sudah tidak banyak yang bisa kamu lakukan. Meskipun demikian, kamu dapat membiarkan kulitmu terjemur dan pertahankan zen. "Hindari godaan untuk mencoba perawatan wajah baru yang memanjakan pada tahap ini karena kamu tidak dapat memastikan bagaimana reaksi kulitmu," saran Dr Zainab.

Selain itu, banyak ahli merekomendasikan untuk minum dua liter air sehari sebelum pernikahan. Tujuannya untuk membantu membuang racun di kulit dan memastikan wajahmu terlihat bersinar di hari pernikahan. 

Nah, Beauties, itulah tadi 10 perawatan kecantikan yang harus dipersiapkan menjelang pernikahan. Dari kesepuluh hal di atas manakah yang baru kamu tahu?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id