sign up SIGN UP

5 Tanda Penuaan Dini yang Sering Tak Disadari, Kenali Tandanya Sebelum Terlambat

Desya Nur Fitriyani | Rabu, 02 Oct 2019 11:15 WIB
5 Tanda Penuaan Dini yang Sering Tak Disadari, Kenali Tandanya Sebelum Terlambat
caption
Penuaan dini tentunya sangat dihindari oleh hampir semua orang. Enggak ada yang ingin terlihat jauh lebih tua dari usia aslinya, kan? Yuk, kenali tanda-tanda penuaan dini berikut ini sebelum terlambat!

Belakangan ini muncul isu tentang perubahan iklim yang sedang hangat dibahas di seluruh dunia. Perubahan iklim ini tentunya bisa membawa banyak dampak yang buruk ya, Beautynesian? Termasuk dampaknya terhadap kulit yang bisa menyebabkan penuaan dini.

Penuaan sebenarnya adalah proses yang alami. Namun, penuaan bisa dipercepat dengan kondisi polusi udara yang semakin meningkat, paparan sinar matahari serta cuaca yang tidak menentu. Maka dari itu, yuk kenali tanda penuaan dini berikut ini.



 


1. Muncul Garis-Garis Halus


Foto: https://pexels.com/

Munculnya garis-garis halus bisa jadi merupakan tanda awal penuaan dini. Garis-garis halus biasanya muncul di area bawah mata, juga area dahi. Gaya hidup yang kurang sehat seperti begadang dapat memicu munculnya garis-garis halus. Hal yang lebih mengerikan lagi, garis-garis halus bahkan bisa muncul di usia 20-an lho. Patut diwaspadai ya, Beautynesian!
 


2. Kulit Tampak Kusam


Foto: https://pexels.com/

Kusam adalah tanda penuaan umum lainnya yang kadang tidak disadari. Seiring bertambahnya usia, kulit kita cenderung kehilangan kilau alami dan membuat kulit kita nampak tidak segar. Perawatan kulit kusam bisa dilakukan dengan penggunaan serum terbaik yang mempunyai fokus untuk mencerahkan. Selain perawatan dari luar, imbangi juga dengan gaya hidup yang sehat.
 


3. Muncul Bintik-Bintik Hitam


Foto: https://pexels.com/

Bintik hitam atau flek hitam umumnya muncul karena paparan sinar matahari yang luas. Flek hitam pada kulit akan terlihat seperti bercak atau titik noda berwarna lebih gelap dari kulit di sekitarnya dan tidak menonjol. Waspada ya, biasanya pemilik tipe kulit sensitif cenderung lebih rentan untuk memiliki bintik hitam.
 


4. Kulit Kendur


Foto: https://ibtimes.com

Berkurangnya kepadatan dan elastisitas terjadi pada permukaan kulit saat kulit menjadi tipis dan rentan akibat kekurangan nutrisi, polusi serta sinar matahari. Serum anti aging dapat membantu permasalahan ini. Selain itu biasakan untuk mengaplikasikan serum terbaik dan rangkaian skincare lainnya dengan gerakan melingkar ke atas untuk melawan arah gravitasi dan mencegah kulit menjadi tampak kendur.
 


5. Tampak Keriput pada Wajah


Kulit yang keriput merupakan tanda penuaan dini yang sudah jelas ya Beautynesian. Kulit keriput menandakan kulit kekurangan kolagen dan kehilangan elastisitasnya. Selain itu, penyebab kulit keriput di ujung mata atau di antara alis mata bisa terjadi karena kontraksi kecil otot. Kebiasaan ekspresi wajah seperti murung dan tersenyum akan meninggalkan tanda keriput di kulit wajah.


Foto: https://pixabay.com/


 


Jika kamu menemukan tanda-tanda di atas, bisa jadi kulitmu telah mengalami penuaan dini. Meski begitu, ada berbagai cara untuk meminimalisir penuaan dini dan menjaganya tetap sehat. Salah satunya dengan penggunaan tabir surya, dengan SPF 30-50. Tabir surya bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari baik UVA dan UVB sehingga memberikan perlindungan anti penuaan.

Selain itu kamu yang sudah berada di usia 20-an bisa menambahkan serum anti aging ke dalam rangkaian skincare routine kamu ya, Beautynesian. Serum anti aging biasanya mengandung Retinol, Hyaluronic Acid, dan antioksidan seperti Vitamin A, Vitamin E dan Niacinamide. Pilih kandungan serum terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu.


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id