STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

6 Cara Membuat Rambut Tumbuh Lebih Cepat dan Sehat Secara Alami

Ratih Dewi | Beautynesia
Minggu, 13 Nov 2022 15:00 WIB
6 Cara Membuat Rambut Tumbuh Lebih Cepat dan Sehat Secara Alami

Secara alami, rambut di kepala tumbuh dengan rata-rata 0,35 milimeter per hari atau sekitar 15 cm per tahun. Namun, tidak semua orang memiliki pertumbuhan rambut yang cepat, ada juga yang lebih lambat pertumbuhan rambutnya. 

Beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan rambut, antara lain usia, tipe rambut, hormon, atau kondisi kesehatan tertentu. Secara total, siklus pertumbuhan untuk rambut di kepala bisa memakan waktu 2 hingga 6 tahun. 

Kulit kepala dan tubuh yang sehat dapat membantu pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat dan sehat. Untuk mengetahui bagaimana menciptakan kondisi kulit kepala yang sehat, simak artikel di bawah ini. 

1. Mengelola Stres 

Mengelola Stres
Mengelola stres/foto: freepik.com/cookie_studio

Melansir dari laman WebMD, kecemasan akan meningkatkan kadar hormon stres kortisol, yang akan berpengaruh pada kebiasaan makan, tidur, yang dapat menghambat folikel-folikel rambut untuk tumbuh. 

Dalam kasus stres kronis, seseorang dapat mengalami trichotillomania, yaitu kondisi saat gangguan tersebut mendorong seseorang untuk mencabut rambut yang tumbuh sehingga mengalami kebotakan dan pertumbuhan rambut menjadi terhambat. 

2. Hindari Keramas Berlebihan 

Hindari Keramas Berlebihan
Hindari keramas berlebihan/foto: freepik.com/gpointstudio

Keramas memang diperlukan untuk mengurangi minyak rambut berlebih dan membersihkan rambut dari kotoran atau debu yang menempel. 

Namun, terlalu sering keramas ternyata dapat mengganggu kesehatan rambut. Hal ini disebabkan, keramas berlebih dapat mengganggu produksi minyak alami pada rambut yang menyebabkan rambut menjadi kering dan mudah patah. 

Pada umumnya, waktu keramas disarankan 2 sampai 3 kali dalam seminggu atau disesuaikan dengan jenis dan panjang rambut. Demikian yang dilansir dari laman Byrdie.

3. Potong Rambut Secara Teratur 

Potong Rambut Secara Teratur
Potong rambut secara teratur/foto: freepik.com/prostooleh

Meskipun terdengar kontraproduktif, ujung rambut yang bercabang dan rusak ternyata dapat menghambat pertumbuhan rambut. 

Seperti yang dilansir dari laman Real Simple, disarankan untuk rutin memotong rambut 6 sampai 8 minggu sekali dan hanya pada ujung rambut, untuk menghilangkan ujung rambut yang kering, rusak, dan bercabang. 

Jika tidak dirawat, ujung rambut yang bercabang dapat merusak batang dan mengganggu pertumbuhan rambut. 

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE