sign up SIGN UP

Khawatir Rambut Kering dan Rusak Karena Dicatok Tiap Hari? Ini Kiat Biar Rambutmu Tetap Sehat dan Berkilau!

Cathlin Triana Mariama | Beautynesia
Rabu, 06 Jul 2022 07:45 WIB
Khawatir Rambut Kering dan Rusak Karena Dicatok Tiap Hari? Ini Kiat Biar Rambutmu Tetap Sehat dan Berkilau!
Ilustrasi Rambut Kering Karena Nyatok Tiap Hari/ Foto: Freepik/gpointstudio

Siapa yang setiap mau pergi ke kantor ataupun berangkat kuliah nggak bisa lepas dengan yang namanya catokan? Sepertinya kegiatan yang satu ini sudah menjadi rutinitas kamu setiap mau pergi ya, Beauties. Namun, tanpa disadari jika mencatok rambut setiap hari juga bisa membuat rambutmu patah dan rusak, lho.

Hal ini bisa terjadi mungkin karena kamu yang kurang benar dalam merawatnya. Nah, untuk kamu yang setiap hari styling rambut dengan mencatok agar terlihat rapi dan tertata, tetapi di satu sisi khawatir rambut menjadi kering dan rusak, maka kamu bisa coba kiat berikut ini:

1. Gunakan Catokan yang Berkualitas

Catokan Berkualitas/ Foto: Freepik/diana.grytsku
Catokan Berkualitas/ Foto: Freepik/diana.grytsku

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan dalam mencatok sudah pasti produk catokan yang kamu gunakan. Sebaiknya, pilih catokan yang memiliki plat berbahan keramik, tourmaline, atau titanium karena ketiga bahan ini memiliki kegunaan yang baik bagi rambut.

Melansir dari FemaleDaily, Glampalm Hair Iron GP 225 AL bisa menjadi pilihan catokan yang kamu coba untuk kebutuhan mencatok rambutmu. Walaupun memang harga dari catokan ini pricey, namun bisa menjaga masa depan rambutmu.

2.  Catok Dengan Suhu yang Benar

Catok Dengan Suhu yang Benar/ Foto: Freepik/Freepik
Catok Dengan Suhu yang Benar/ Foto: Freepik/Freepik

Saat mencatok, kamu bisa mengatur suhu catokan sesuai kebutuhan dan kondisi rambut. Namun, mencatok dengan suhu yang terlalu panas dapat merusak rambutmu. Suhu catokan yang baik dan aman tak lebih dari 185 derajat. Untuk hasil catokan yang bagus dan maksimal, maka gunakan suhu yang benar.

3.  Gunakan Sampo Sesuai Kebutuhan Rambutmu

Pilih Sampo Sesuai Kebutuhan/ Foto: Freepik/lookstudio
Pilih Sampo Sesuai Kebutuhan/ Foto: Freepik/lookstudio

Hal yang satu ini sering kali disepelekan, namun sebenarnya sangat berpengaruh untuk menjaga kondisi rambut kamu. Siapa yang di sini masih suka gonta ganti sampo dan asal memakai sampo, tanpa memerhatikan kebutuhan rambut? Nah, hal ini sebaiknya jangan diulangi ya.

Jika rambutmu cenderung kering dan mudah patah, maka hindari memakai sampo untuk rambut berminyak dan mudah lepek. Untuk kamu yang sering mencatok, salah satu pilihan sampo yang bisa kamu gunakan adalah OGX Keratin Oil Shampoo, karena bila melihat dari klaimnya dapat menguatkan akar rambut, mengurangi rambut patah, dan membuatnya lebih halus berkilau.

4.  Keramas Dengan Benar

Keramas Dengan Benar/ Foto: Freepik/valuavitaly
Keramas Dengan Benar/ Foto: Freepik/valuavitaly

Selain kegunaan dan kandungan dari produk sampo yang kamu sesuaikan, kamu juga sebaiknya memerhatikan hal yang satu ini. Seringkali seseorang mengabaikan cara keramas yang benar. Sebaiknya, hindari keramas terlalu sering karena akan membuat rambutmu mudah kering.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan conditioner setelah keramas untuk dapat menutrisi rambut. Produk conditioner yang bisa kamu gunakan salah satunya TRESemme Keratin Smooth yang dapat membuat rambut lebih lembut dan nggak kering.

5. Pakai Heat Protection dan Vitamin Rambut

Pakai Heat Protection dan Vitamin Rambut/ Foto: Freepik/Freepik
Pakai Heat Protection dan Vitamin Rambut/ Foto: Freepik/Freepik

Sebelum mencatok rambut, sebaiknya jangan lupa menggunakan heat protection yang berguna untuk melindungi rambut dari suhu panas catokan. Kamu bisa gunakan Makarizo Advisor Anti Frizz & Detangling Care Spray contohnya, yang berguna untuk melindungi rambut dari kerusakan akibat suhu panas catokan, Beauties.

Selain itu, gunakan vitamin rambut untuk senantiasa menutrisi dan merawat kondisi rambut yang sering di-styling agar tetap sehat dan terhindar dari kerusakan. Seperti vitamin OGX Argan Oil of Morocco Penetrating Oil yang mampu mengatasi rambut kasar, kering, dan menutrisi rambutmu yang sering di styling. Kalau vitamin ini dapat kamu pakai setelah keramas dalam keadaan rambut setengah basah.

6. Gunakan Hair Mask

Gunakan Hair Mask/ Foto: Freepik/gpointstudio
Gunakan Hair Mask/ Foto: Freepik/gpointstudio

Untuk kamu yang rutin styling rambut, memang perlu perawatan ekstra dalam menjaga kondisi rambut. Salah satunya dengan cara menggunakan hair mask satu minggu sekali karena dapat lebih ampuh untuk mengembalikan kesehatan rambutmu. Kamu bisa mencoba produk Lae Sa Luay Spa Smooth Keratin karena diyakini cukup efektif untuk mengatasi permasalahan rambut kering.

Nah, itu dia beberapa kiat dan rekomendasi produk yang bisa kamu coba. Tetap perhatikan kebutuhan dan kondisi rambutmu ya, Beauties. Semoga bermanfaat!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id