sign up SIGN UP

6 Cara Mudah dan Alami untuk Cerahkan Ketiak yang Hitam, Coba yuk Biar Makin Percaya Diri!

Ratih Dewi | Beautynesia
Senin, 03 Jan 2022 07:45 WIB
6 Cara Mudah dan Alami untuk Cerahkan Ketiak yang Hitam, Coba yuk Biar Makin Percaya Diri!
caption

Ketiak hitam sering kali menjadi permasalahan banyak perempuan dan membuat tidak percaya diri atau bebas, ketika menggunakan pakaian yang terbuka. Ketiak yang menghitam bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kebiasaan mencukur, penggunaan deodoran yang kurang tepat, atau lainnya. 

Buat Beauties yang memiliki masalah dengan ketiak yang menghitam, Beautynesia sudah merangkum beberapa cara mudah dan aman yang bisa Beauties coba untuk memutihkan ketiak yang hitam. Cek selengkapnya berikut, yuk!

1. Coba untuk Pakai Bahan Alami 

Coba untuk Menggunakan Bahan Alami
Coba untuk Menggunakan Bahan Alami/Foto : pexels.com/Daisy Anderson

Melansir dari beberapa sumber, ada beberapa bahan alami seperti sayur atau buah-buahan yang memiliki sifat pemutih alami untuk mencerahkan ketiak yang hitam. 

Contohnya, kentang, mentimun, dan lemon. Ketiga bahan alami tersebut memiliki kandungan anti-bakteri, antiseptik, dan acid yang bisa mencerahkan area kulit yang gelap. Penggunaannya juga cukup mudah, Beauties hanya perlu memotong atau memarut kentang, mentimun, ataupun lemon, lalu oleskan di area ketiak. 

Tunggu 5 - 10 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih. Jangan lupa untuk menggunakan pelembap jika diperlukan supaya area kulit tidak mudah kering atau iritasi. Kalau Beauties memiliki tipe kulit sensitif, sebaiknya konsultasikan dengan dokter dahulu ya. 

2. Gunakan Krim untuk Mencerahkan Ketiak

Gunakan Krim untuk Mencerahkan Ketiak
Gunakan Krim untuk Mencerahkan Ketiak/Foto : pexels.com/cottonbro

Sudah banyak brand, terutama dari lokal yang mengeluarkan produk seperti brightening cream yang bisa digunakan untuk area kulit yang hitam, seperti area ketiak, siku, lutut, atau area tertutup lainnya. 

Beauties bisa rutin menggunakan brightening cream untuk hasil yang optimal. Biasanya, produk tersebut mengandung bahan aktif dan alami, seperti niacinamide, arbutin, vitamin C, atau ekstrak dari kandungan lainnya. 

3. Rutin Melakukan Eksfoliasi di Area Ketiak

Rutin Melakukan Eksfoliasi di Area Ketiak
Rutin Melakukan Eksfoliasi di Area Ketiak/Foto : pexels.com/Monstera

Coba untuk menggunakan chemical exfoliation dibandingkan physical seperti body scrub untuk eksfoliasi area ketiak. Melansir dari laman Brydie, menggunakan scrub bisa memperburuk kondisi ketiak, seperti semakin menghitam dan iritasi. 

Gunakan produk eksfoliasi yang mengandung lactic, glycolic, ataupun salicylic acid untuk eksfoliasi. Oh ya kalau Beauties tidak cocok dengan produk eksfoliasi wajah seperti toner atau serum, bisa coba gunakan untuk eksfoliasi pada area ketiak, siku, ataupun lutut. 

4. Hindari Mencukur dan Ganti dengan Waxing 

Hindari Mencukur dan Ganti dengan Waxing
Hindari Mencukur dan Ganti dengan Waxing/Foto : pexels.com/Alesia Kozik

Terlalu sering mencukur dengan pisau cukur menjadi faktor utama yang menyebabkan area ketiak menjadi menghitam. Rambut ketiak yang masih tersisa ketika dicukurlah yang membuat ketiak terlihat menghitam.

Cobalah untuk waxing, karena mengangkat rambut sampai ke akar rambut sehingga ketiak terlihat lebih mulus, cerah, dan rambut akan lebih lama tumbuh. Demikian seperti yang dilansir dari laman India. 

5. Hindari Menggunakan Pakaian yang Terlalu Ketat

Jangan Menggunakan Pakaian yang Terlalu Ketat
Jangan Menggunakan Pakaian yang Terlalu Ketat/Foto: pexels.com/Ron Lach

Buat Beauties yang sering menggunakan kaus atau pakaian ketat lainnya, sebaiknya dihindari supaya area kulit ketiak tidak menghitam, ya. Menggunakan pakaian ketat bisa menyebabkan gesekan antara kain dan kulit terus menerus yang menyebabkan kulit ketiak berubah menjadi hitam. 

Selain itu, bahan pakaian yang terlalu ketat juga bisa menyebabkan permasalahan kulit lainnya, seperti munculnya jerawat, bau badan, dan iritasi pada jenis kulit tertentu. 

6. Pilih Kandungan Deodoran yang Tidak Terlalu Keras

Pilih Kandungan Deodoran yang Tidak Terlalu Keras
Pilih Kandungan Deodoran yang Tidak Terlalu Keras/Foto : pexels.com/Godisable Jacob

Gunakan deodoran yang memiliki kandungan alami atau tidak mengandung bahan aktif atau kimia yang terlalu kuat. Beberapa deodoran dengan bahan kimia yang terlalu kuat membuat kulit ketiak menjadi menghitam atau menimbulkan iritasi pada beberapa kasus. 

Pilihlah deodoran dengan klaim hypoallergenic atau bahan alami lainnya yang aman untuk segala jenis kulit.

Semoga tips di atas membantu ya, Beauties! 

[Gambas:Youtube]

----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id