sign up SIGN UP

6 Pilihan Serum Pengganti Retinol yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Jumat, 18 Feb 2022 12:00 WIB
6 Pilihan Serum Pengganti Retinol yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui
caption

Bicara soal serum antiaging, retinol menjadi salah satu hero-ingredient yang sering digunakan karena dikenal sangat ampuh melawan tanda-tanda penuaan kulit. Sayangnya, bahan aktif ini cukup kuat dan tidak disarankan untuk ibu hamil serta menyusui karena dapat menimbulkan efek samping.

Mengutip dari penelitian yang diterbitkan European Medicines Agency, penggunaan retinol disebut memiliki efek teratogenik sehingga dapat berisiko menyebabkan kelainan saraf pada janin. Duh, bahaya banget ya! 

Lantas, adakah serum antiaging yang aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui? Nah, berikut pilihannya!

1. Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum

Serum alternatif retinol
Serum alternatif retinol/Foto: instagram.com/somethincofficial

Alih-alih retinol, serum antiaging dari Somethinc ini mengandalkan kandungan bakuchiol yang lebih alami dan minim efek samping. Kandungan ini berfungsi untuk merangsang produksi collagen dan sel kulit baru agar elastisitas serta keremajaan kulit tetap terjaga. 

Bakuchiol juga memiliki sifat anti-inflammatory dan antibacterial sehingga cocok digunakan untuk pemilik kulit acne-prone.

2. Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Blueberry Extract Face Serum

Serum alternatif retinol
Serum alternatif retinol/Foto: instagram.com/dearmebeauty

Dear Me Beauty juga mengeluarkan serum antiaging dengan kandungan bakuchiol yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Diformulasikan dengan kombinasi 1% bakuchiol dan blueberry extract, serum ini dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan kulit, mengatasi masalah jerawat hingga mencerahkan kulit.

3. Hersall Moon Fairy Serum Bakuchiol & Hyaluronic Acid

Serum alternatif retinol
Serum alternatif retinol/Foto: instagram.com/hersall.id

Mengandung kombinasi bahan bakuchiol dan hyaluronic acid, serum yang satu ini cocok digunakan untuk kamu yang memiliki masalah kerutan dan garis halus, kulit kering hingga kulit sensitif.

Kedua kandungan ini bekerja dengan menjaga elastisitas dan kekencangan kulit, serta memberikan hidrasi agar kulit tetap kenyal dan sehat.

4. Everwhite Peptide Anti-Aging Serum

Serum alternatif retinol
Serum alternatif retinol/Foto: instagram.com/everwhiteid

Selain bakuchiol, bahan alternatif retinol lain yang aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui adalah peptide. Salah satu serum yang memiliki kandungan bahan ini, yaitu Peptide Anti-Aging Serum dari Everwhite.

Tidak hanya diperkaya peptide, serum ini juga mengandung hyaluronate, collagen dan niacinamide yang dapat membantu meningkatkan keremajaan kulit sekaligus membuatnya tampak lebih cerah.

5. NPure Marigold Flower Face Serum

Serum alternatif retinol
Serum alternatif retinol/Foto: instagram.com/npureofficial

Serum yang satu ini mengandalkan kandungan bunga marigold yang ternyata memiliki manfaat untuk melawan tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, terdapat juga kandungan algae extract, gold, hyaluronic acid, collagen dan niacinamide untuk membantu menyamarkan kerutan dan garis halus, memberikan hidrasi serta memperbaiki tekstur dan tampilan kulit kusam.

6. Natur Miracle Revive Skin Face Oil Serum

Serum alternatif retinol
Serum alternatif retinol/Foto: instagram.com/naturbeautyid

Kaya akan antioksidan, serum oil dari Natur ini diklaim ampuh melawan kerutan sekaligus dapat membuat wajah tampak glowing. Berbeda dengan produk-produk sebelumnya, serum ini mengandalkan kandungan rosehip oil dan sesame oil untuk meningkatkan produksi collagen sehingga kulit menjadi lebih kencang, elastis dan tampak awet muda.

Itulah deretan serum antiaging lokal yang diklaim aman untuk ibu hamil dan menyusui. Meski begitu, sebaiknya tetap konsultasikan dulu pada dokter kandungan sebelum pemakaian ya, Beauties. Selamat mencoba!

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation! Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id