sign up SIGN UP

7 Cara Mudah Merawat Rambut Panjang agar Tidak Mudah Rontok

Ratih Dewi | Beautynesia
Rabu, 29 Dec 2021 09:45 WIB
7 Cara Mudah Merawat Rambut Panjang agar Tidak Mudah Rontok
caption

Rambut panjang dan mudah diatur menjadi idaman banyak perempuan. Memiliki rambut panjang cenderung memudahkan kita menata rambut dengan banyak model rambut yang kita inginkan. Tetapi perawatan untuk rambut panjang juga harus diperhatikan agar tetap sehat dan mudah diatur. 

Rambut rontok dan mudah patah adalah masalah yang sering dialami jika perawatannya tidak tepat. Lalu, bagaimana sih cara merawat rambut panjang agar tidak mudah rontok dan selalu terlihat sehat? Kita simak artikel di bawah ini ya, Beauties. 

1. Rutin Menggunakan Hair Oil

Rutin Menggunakan Hair Oil
Rutin Menggunakan Hair Oil/Foto : pexels.com/cottonbro

Sebelum keramas, rutin menggunakan hair oil 20 - 30 menit sebelumnya bisa memperkuat akar rambut sehingga rambut yang panjang tidak akan mudah rontok. Tuangkan hair oil secukupnya ke telapak tangan atau aplikasikan pada sela-sela rambut, lalu pijat sampai meresap ke kulit kepala. 

Melansir dari laman Reader's Digest, hair oil dengan kandungan coconut atau jojoba oil baik untuk memperkuat akar rambut. Tidak hanya untuk akar rambut, aplikasikan juga ke bagian rambut lainnya agar tidak kusut saat keramas. 

2. Jangan Keramas Terlalu Sering

Jangan Keramas Terlalu Sering
Jangan Keramas Terlalu Sering/Foto : pexels.com/RODNAE Productions

Tidak hanya untuk rambut panjang saja, keramas terlalu sering memang tidak disarankan karena bisa mengurangi produksi minyak alami di kulit kepala yang menyebabkan rambut mudah rontok dan rusak. 

Umumnya, keramas dilakukan 2 hari atau 3 hari sekali sesuai dengan kebutuhan rambut. Selain itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan sampo sampai ke kulit kepala dan menggosok sampai bersih. 

Kulit kepala adalah tempat kotoran dan minyak menumpuk. Jadi, pastikan kulit kepala digosok dengan bersih menggunakan sampo ya, Beauties. 

3. Selalu Menggunakan Kondisioner

Selalu Menggunakan Kondisioner
Selalu Menggunakan Kondisioner/Foto : pexels.com/Sarah Chai

Rambut panjang cenderung memiliki ujung rambut yang kering dan bercabang. Oleh karena itu, penggunaan kondisioner sangat penting saat keramas. Selain mencegah batang dan ujung rambut kering, setelah keramas rambut menjadi lebih halus dan mudah diatur. 

Pastikan untuk menggunakan kondisioner hanya dari tengah sampai ujung rambut, dan tidak digunakan ada area kulit kepala. Melansir dari laman Mane Addicts, hal ini dilakukan untuk menghindari penumpukan minyak berlebih di kulit kepala. 

Minyak yang berlebih di kulit kepala, berpotensi menyebabkan ketombe dan membuat kulit kepala menjadi gatal. 

4. Menyisir Rambut dengan Hati-Hati

Menyisir Rambut dengan Hati-Hati
Menyisir Rambut dengan Hati-Hati/Foto : pexels.com/cottonbro

Beauties yang memiliki rambut panjang, berhati-hati dalam menyisir rambut dan gunakan sisir yang tepat, ya. Melansir dari laman Bustle, sisir dengan gigi lebar bisa mengurangi kekusutan ketika menyisir dan tidak membuat rambut rontok. 

Jangan menyisir terlalu kencang dan mulailah menyisir dari bagian tengah rambut ke bawah, lalu sisir bagian atas rambut ke bawah. Ketika habis keramas, pastikan rambut dalam kondisi kering dan baru menyisirnya. 

5. Konsumsi Makanan yang Bernutrisi 

Konsumsi Makanan yang Bernutrisi
Konsumsi Makanan yang Bernutrisi/Foto : pexels.com/alleksana

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, B, C, D, E, K, dan cukup minum air putih setiap harinya, bisa memperkuat akar rambut tetap kokoh sehingga rambut tidak mudah rontok. 

Melansir dari laman Wiki How, buah seperti pepaya, mangga, apel, alpukat kaya akan vitamin A, C, E, dan K. Vitamin B dan D bisa didapatkan dari ikan, susu, ataupun produk hewani lainnya. 

6. Kurangi Pemakaian Catokan Rambut

Kurangi Pemakaian Catokan Rambut
Kurangi Pemakaian Catokan Rambut/Foto : pexels.com/Engin Akyurt

Rambut yang terlalu sering terkena panas dari catokan, dalam jangka panjang bisa mudah patah dan menjadi rusak. Kalau Beauties diharuskan menggunakan catokan rambut untuk beraktivitas, pastikan menggunakan produk pelindung rambut atau hair protection

Produk ini akan melindungi helai rambut dari panasnya catokan, sehingga tidak mudah rusak dan memiliki hasil yang lebih optimal. 

7. Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang
Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang/Foto : pexels.com/Karolina Grabowska

Disarankan untuk menggunakan jepitan rambut dibandingkan ikat rambut untuk tipe rambut yang panjang. Melansir dari laman K-Hair, mengikat rambut terlalu kencang bisa merusak dan membuat akar rambut menjadi melemah. 

Jika diharuskan untuk mengikat rambut, coba menggunakan alternatif lain seperti scrunchies, dibandingkan dengan ikat rambut biasa.

[Gambas:Youtube]

 

------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id