STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

7 Cara Sederhana Ini Bikin Rambut Indah Terawat Bak Perawatan di Salon, Cukup Terapkan Rutin!

Natasha Riyandani | Beautynesia
Sabtu, 19 Nov 2022 18:00 WIB
7 Cara Sederhana Ini Bikin Rambut Indah Terawat Bak Perawatan di Salon, Cukup Terapkan Rutin!

Rambut merupakan mahkota bagi setiap perempuan, yang harus dirawat dan dijaga agar tetap sehat. Berbagai cara akan dilakukan demi memiliki rambut halus dan wangi. Tak heran bahkan sampai ada yang mengeluarkan biaya yang mahal untuk pergi ke salon dan mendapatkan perawatan rutin agar rambut selalu tampak indah.

Namun, tak harus selalu ke salon, cara sederhana berikut ini bisa Beauties lakukan dirumah untuk memiliki rambut yang halus dan lembut, loh. Melansir dari Medicine Net, berikut ini beberapa cara yang bisa Beauties lakukan agar rambut tampak halus dan lembut tanpa harus pergi ke salon. Simak yuk!

1. Memilih Produk Rambut yang Tepat

Produk rambut yang tepat bisa membantu rambut tampak halus dan lembut
Memilih Produk Yang Tepat/ Foto: Freepik.com/author/lookstudio

Pemilihan sampo dan kondisioner untuk rambut perlu diperhatikan loh, Beauties. Produk yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan dan jenis rambut yang Beauties miliki, agar formulasi produk bekerja sesuai dengan jenis rambut.

2. Jangan Berkeramas Setiap Hari

Terlalu sering berkeramas bisa membuat rambut mudah rusak dan berminyak
Jangan Berkeramas Setiap Hari/ Foto: Freepik.com/author/valuavitaly

Mencegah rambut agar tidak mudah lepek salah satunya dengan menghindari berkeramas setiap hari. Berkeramas terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami dari rambut.

Untuk itu, disarankan mencuci rambut setidaknya dua hari sekali agar rambut tidak mudah berminyak dan kering akibat rambut rusak.

3. Selalu Gunakan Kondisioner

Kondisioner dapat memberikan kelembutan pada rambut
Gunakan Kondisioner/ Foto: Freepik.com/author/gpointstudio

Menggunakan kondisioner setelah keramas dapat membuat rambut tampak halus dan lembut. Fungsi utama kondisioner adalah mengunci kelembapan rambut agar tidak mudah kering dan rusak.

Cara terbaik mengaplikasikan kondisioner adalah setelah berkeramas dan gunakan hanya di ujung rambut. Hindari menggunakan kondisioner dari kulit kepala, karena bisa membuat rambut mudah lepek dan berminyak.

4. Gunakan Minyak Rambut

Minyak rambut berfungsi untuk menutrisi dan memberikan kelembapan pada rambut
Gunakan Minyak Rambut/ Foto: Freepik.com/author/freepik

Jika Beauties memiliki tipe rambut kering, jangan lupa rutin menggunakan minyak rambut sebelum berkeramas. Minyak rambut dapat mempertahankan kelembapan rambut agar tidak kering dan mudah rontok.

Beauties bisa menggunakan minyak zaitun, minyak kelapa, maupun minyak almond untuk minyak rambut. Beri sedikit pijatan agar minyak rambut dapat bekerja maksimal di kulit kepala. Namun, jika Beauties memiliki kulit kepala berminyak, sebaiknya menghindari akar rambut dan gunakan hanya pada helai atau ujung rambut saja.

5. Gunakan Masker Rambut

Masker rambut berfungsi untuk memberikan kelembapan pada rambut
Gunakan Masker Rambut/ Foto: Freepik.com/author/valuavitaly

Menggunakan masker rambut seminggu sekali mampu membuat rambut mempertahankan minyak alaminya. Selain itu, masker rambut dapat membuat rambut lebih halus dan tampak berkilau.

6. Hindari Keramas dengan Air Panas

Mencuci rambut dengan air panas dapat merusak rambut dan membuat rambut kering
Hindari Keramas Dengan Air Panas/ Foto: Freepik.com/author/diana-grytsku

Jarang diketahui, berkeramas menggunakan air panas dapat membuat rambut kering dan mudah rusak. Nah, sebaiknya Beauties berkeramas menggunakan air dingin atau hangat saja ya.

7. Hindari Penggunaan Hair Styling Berlebihan

Penggunaan alat hair styling terlalu sering dapat merusak akar dan ujung rambut
Hindari Penggunaan Hair Styling Berlebihan/ Foto: Freepik.com/author/prostooleh

Jika Beauties gemar menata rambut, sebaiknya gunakan vitamin rambut terlebih dahulu sebelum menggunakan alat hair styling. Vitamin rambut berfungsi untuk mempertahankan rambut agar tidak mudah rusak dan membuat rambut tetap halus. Hindari penggunaan alat hair styling dengan suhu panas yang terlalu tinggi karena dapat menyebabkan kerusakan rambut.

____________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE