STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Tak Perlu ke Klinik Kecantikan, Ini 5 Cara Facial Sendiri di Rumah untuk Dapatkan Kulit Glowing

Sierra Ayuningtyas Muktisari | Beautynesia
Jumat, 11 Nov 2022 22:00 WIB
Tak Perlu ke Klinik Kecantikan, Ini 5 Cara Facial Sendiri di Rumah untuk Dapatkan Kulit Glowing

Memiliki kulit yang sehat dan glowing memang memerlukan proses dan berbagai tahapan untuk merawatnya. Mulai dari mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, rajin berolahraga, menggunakan skincare sesuai jenis kulit, hingga melakukan treatment di salon kecantikan.

Salah satu treatment yang kerap dilakukan ialah facial. Melansir Master Class, facial merupakan treatment yang dibuat untuk membantu membersihkan, menghidrasi, melembapkan, dan membuat wajah rileks. Beberapa facial spesifik ditujukan untuk pemilik kulit kering, kulit berjerawat, atau bahkan kulit sensitif.

Namun, nggak semua orang memiliki waktu luang untuk melakukan facial di klinik kecantikan, Beauties. Nggak perlu khawatir, karena kamu tetap bisa mencoba facial sendiri di rumah dengan mengikuti 5 cara berikut ini. Simak, yuk!

Cleansing

Alasan Kamu Harus Melakukan Double Cleansing Setiap HariTahapan cleansing/ Foto: pexels.com

Tahapan pertama ialah cleansing, di mana kamu membersihkan wajah dari debu, kotoran, atau sisa-sisa makeup. Kamu bisa menggunakan cleansing lotion atau cleansing oil untuk membersihkan wajah, lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

Setelahnya, kamu bisa melanjutkan dengan membilas wajah menggunakan facial wash yang sesuai dengan jenis kulit. Tahapan ini bisa membantu untuk menghilangkan minyak berlebih di wajah dan membuat tahapan selanjutnya bisa lebih menyerap ke dalam kulit yang sudah bersih.

Exfoliating

Ilustrasi eksfoliasi wajahIlustrasi eksfoliasi wajah/ Foto: Pexels

Usai membersihkan wajah, kamu bisa melanjutkan ke tahap exfoliating atau eksfoliasi kulit. Tahapan yang satu ini bisa mengangkat sel-sel kulit mati, bahkan membuat wajah menjadi lebih cerah, Beauties.

Kamu bisa menggunakan chemical exfoliator seperti dalam bentuk toner yang mengandung AHA/BHA, atau menggunakan physical exfoliator seperti scrub. Namun, karena beberapa orang mungkin sensitif terhadap butiran scrub, jadi sesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing, ya.

Saat melakukan eksfoliasi, pastikan jangan lupa untuk melakukannya hingga ke bagian leher, agar kotoran di bagian leher dapat terangkat dan warna kulit leher pun menjadi lebih rata.

Steam

Face steam yang bisa dilakukan di rumah.Face steam yang bisa dilakukan di rumah./ Foto: pinterest.com

Tahapan yang satu ini berfungsi untuk membuka lapisan pori-pori di kulit. Kamu bisa menggunakan alat steam wajah di rumah, atau menggunakan air panas yang dituang ke dalam sebuah wadah besar.

Kamu bisa memulai proses steam wajah dengan mendekatkan wajah ke air panas dalam jarak sekitar 30 cm, dan lakukan step ini dalam waktu 5 menit. Sebelum memulai proses steam, pastikan untuk menutupi bagian rambut hingga pundak menggunakan handuk, agar proses steam ini bisa berfokus pada bagian wajah.

Aplikasikan Masker Wajah

Rekomendasi Clay Mask Untuk Membantu Masalah Jerawat/Foto: pexels.com/Shvets ProductionIlustrasi memakai clay mask/Foto: pexels.com/Shvets Production

Nah, karena kondisi pori-pori wajah sudah terbuka, untuk cara selanjutnya kamu bisa mengaplikasikan masker, Beauties. Pilih kandungan masker yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit, mulai dari sheet mask ataupun clay mask.

Jika kamu menggunakan clay mask, aplikasikan secara merata dengan gerakan memutar ke seluruh wajah. Jangan lupa untuk membilas clay mask jika sudah kering, atau lepas sheet mask usai waktu penggunaan selesai.

Massage

Memijat wajah secara teratur juga dapat membantu mengurangi kulit bengkak, kantung mata dan menghilangkan racun.Memijat wajah menggunakan gua sha./ Foto: pexels.com

Step terakhir, kamu bisa memijat wajah sekaligus melembapkannya. Pertama-tama, kamu bisa mengaplikasikan pelembap atau facial oil ke seluruh bagian wajah secara merata. Lalu, kamu bisa mulai memijat wajah menggunakan tools seperti gua sha, atau melakukan pijatan (massage) menggunakan tangan.

Mulailah dengan gerakan memutar secara lembut dari bagian luar hingga ke bagian dalam wajah. Kamu bisa mengulangi step tersebut sebanyak 5 hingga 7 kali, namun pastikan untuk menggunakan tangan yang bersih dan gerakan yang lembut.

Jangan lupa juga untuk memberi pijatan kulit di bagian bawah alis, smile lines, pipi, tulang pipi, hingga ke bagian leher ya, Beauties.

Nah, itu dia 5 cara facial sendiri di rumah seperti melansir dari Master Class dan Stylecraze. Tertarik mencobanya, Beauties?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE