STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

7 Makanan yang Baik untuk Menjaga Rambut Tetap Kuat dan Sehat

Ratih Dewi | Beautynesia
Jumat, 11 Nov 2022 04:30 WIB
7 Makanan yang Baik untuk Menjaga Rambut Tetap Kuat dan Sehat

Selain produk perawatan rambut yang digunakan, asupan makanan menjadi hal penting untuk menjaga rambut tetap sehat dan kuat.

Itu karena kekurangan nutrisi dapat mempengaruhi kesehatan rambut, terutama dalam hal kerontokan. Vitamin dan mineral dari makanan memainkan peran penting dalam siklus pertumbuhan folikel rambut. Hal ini disebabkan karena setiap helai rambut kita terdiri dari sel-sel yang mengandung protein dan perlu diberi nutrisi dengan mineral dan vitamin untuk menjaga kesehatan rambut. 

Melansir dari beberapa sumber, Beautynesia sudah menyusun daftar makanan dengan nutrisi terbaik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambut. Simak artikel di bawah ini, ya! 

1. Telur

Telur
Telur untuk kesehatan rambut/Foto : pexels.com/pixabay

Melansir dari laman Healthline, telur adalah sumber protein dan biotin yang merupakan nutrisi terbaik untuk menjaga kesehatan rambut.

Biotin sangat penting untuk memproduksi protein rambut yang disebut keratin. Oleh sebab itu, banyak produk rambut atau suplemen yang mengandung biotin untuk menjaga kesehatan rambut, Beauties.

Telur juga merupakan sumber seng, selenium, dan nutrisi sehat lainnya yang menjadikan telur salah satu makanan terbaik untuk kesehatan rambut. 

2. Wortel 

Wortel
Wortel untuk kesehatan rambut/Foto: freepik.com/Nick Collins

Wortel menjadi salah satu sayuran yang mudah diolah menjadi makanan atau minuman sehat. Mengkonsumsi jus wortel dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut. 

Hal ini disebabkan karena wortel mengandung vitamin A yang diperlukan sel rambut untuk tumbuh. Wortel juga membantu kulit kepala dalam memproduksi minyak alami untuk menjaga akar rambut agar tetap kuat. Demikian yang dilansir dari laman Food NDTV.

3. Yogurt 

Yogurt
Yogurt/Foto : pexels.com/Any Lane

Yogurt polos tanpa pemanis mengandung banyak protein untuk kesehatan rambut. Seperti yang dilansir dari laman Good Housekeeping, yogurt mengandung probiotik yang merupakan bakteri baik untuk membantu tubuh menyerap nutrisi lebih optimal. 

Yogurt juga menjadi camilan sehat yang dapat dikonsumsi kapanpun. Selain itu yogurt juga dapat menjaga sistem pencernaan karena bakteri baik yang terkandung di dalamnya. 

4. Tiram 

Tiram
Tiram/foto: pexels.com/Rachel Claire

Makanan yang sempat viral di media sosial ini ternyata mengandung seng atau zinc yang cukup tinggi dan baik untuk rambut. Selain itu, mineral yang terkandung pada tiram dapat mengatasi kerontokan rambut dan bulu mata. 

Sel-sel pada rambut kita bergantung pada seng atau zinc untuk tumbuh. Oleh sebab itu, tiram menjadi salah satu makanan yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Demikian yang dilansir dari laman WebMD.

5. Bayam 

Sayur bayam
Sayur bayam/foto: pexels.com/Jacqueline Howell

Bayam mengandung vitamin A dan C yang dibutuhkan untuk memproduksi sebum alami dan bekerja sebagai kondisioner alami pada rambut, seperti yang dilansir dari laman NuAyurveda.

Orang yang kekurangan vitamin A dan C cenderung memiliki rambut tipis dan mudah rontok. Oleh sebab itu, mengkonsumsi bayam menjadi salah satu cara terbaik untuk mencegah rambut rontok. 

6. Ikan

Ikan berlemak
Ikan/foto: pexels.com/Rocio Vasquez

Lemak sehat seperti omega-3 memberikan manfaat baik untuk kesehatan jantung, otak, mata, kulit, bahkan rambut. 

Seperti yang dilansir dari laman Medical News Today, ikan salmon, sarden, tuna, kembung menjadi sumber omega-3 dan vitamin D yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi kerontokan, dan menjaga rambut tetap kuat. 

Selain itu, mengkonsumsi ikan berlemak dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. 

7. Labu 

Labu
Labu/foto: pexels.com/Polina Kovaleva

Melansir dari laman US News, labu mengandung beta-karoten yang diubah tubuh menjadi vitamin A untuk melindungi rambut kusam, meminimalisir kerontokan, dan mencegah kulit kepala kering yang menjadi salah satu penyebab ketombe. 

--------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE