STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Alis Juga Bisa Rontok! Kenali 5 Penyebabnya, Ada yang Kamu Alami?

Deviena Nur Fadillah | Beautynesia
Minggu, 30 Oct 2022 20:00 WIB
Alis Juga Bisa Rontok! Kenali 5 Penyebabnya, Ada yang Kamu Alami?
Ilustrasi alis/Freepik/dorobotdean

Bukan cuma rambut di kepala yang bisa mengalami kerontokan, rupanya alis juga bisa lho, Beauties. Hal ini memang harus mendapat perhatian kamu juga mengingat alis yang natural dan punya rambut yang tebal, bisa membuatmu lebih menarik.

Penipisan rambut pada area alis bisa disebabkan berbagai faktor. Simak selengkapnya di sini, yuk!

1. Kekurangan Gizi

Junk food mengandung minim gizi./Freepik/Freepik
Junk food mengandung minim gizi./Freepik/Freepik

Kondisi kekurangan gizi juga bisa mempengaruhi lebat tipisnya alismu. Secara umum mengutip Healthline, tubuh membutuhkan nutrisi untuk menunjang kesehatan tubuh. Beberapa zat nutrisi diketahui ada yang berfungsi mendukung pertumbuhan rambut. Seperti vitamin A atau zinc, biotin, vitamin C, zat besi, vitamin E, B-12 dan D, juga asam lemak omega. Untuk itu kamu perlu memastikan mengkonsumsi aneka makanan bergizi setiap hari ya, Beauties!

2. Masalah Kulit: Eksim, Psoriasis, Dermatitis Kontak

Kulit pucat dan eksimKulit eksim/ Foto: Freepik.com

Orang yang punya kondisi kulit eksim, psoriasis, juga dermatitis kontak, membuat kulit rentan menjadi reaktif. Seperti kemerahan, gatal, juga meradang. Bila kondisi tersebut terjadi di area dekat alis dan karena folikel rambut berada di kulit, maka kondisi ini bisa mengganggu pertumbuhan rambut. Bila ada ruam di area alis, maka membutuhkan salep resep dokter. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter terkait kerontokan alis.

3. Penuaan

Faktor penuaan juga bisa menjadi hal umum yang membuat penipisan pada alis, begitu juga dengan rambutmu. Hal ini juga dipengaruhi menurunnya kadar testoteron dan estrogen mereka yang berusia di atas 40 tahun.

4. Stres dan Kecemasan

Ilustrasi kecemasan/Foto: Freepik/drobotdean
Ilustrasi kecemasan/Foto: Freepik/drobotdean

Rupanya bila stres berlebihan tidak cuma akan mengganggu mentalmu, tapi juga bisa mengurangi oksigen ke folikel rambut dan menyebabkan fluktuasi hormon. Cobalah untuk mengelola stres dengan baik agar bukan cuma mentalmu yang terjaga, tapi juga kesehatan secara menyeluruh, termasuk alis.

5. Kebiasaan Mencabut Alis

Mencabut alis bertujuan membuatnya lebih rapi. Kamu mungkin sering melakukannya untuk menjaga penampilan. Ternyata terlalu sering mencabut alis, apalagi pakai pinset bisa menyebabkan penipisan alis dalam jangka panjang.

Itu karena adanya trauma berulang yang kemudian menyebabkan akar folikel rambut berhenti berfungsi dengan baik, sehingga pertumbuhan rambut bisa terpengaruh bahkan secara permanen, lho. Sebaiknya kamu kurangi frekuensi cabut alis ya, Beauties.
---
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.