STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Rajin Merawat Rambut Tapi Masih Rontok dan Berketombe? Cek Kesalahan Haircare Ini yang Tanpa Sadar Sering Dilakukan

Bella Refsy Monica | Beautynesia
Jumat, 28 Oct 2022 07:15 WIB
Rajin Merawat Rambut Tapi Masih Rontok dan Berketombe? Cek Kesalahan Haircare Ini yang Tanpa Sadar Sering Dilakukan

Pernah nggak sih, Beauties merasa kalau rambut kalian masih bermasalah padahal hair care routine nggak pernah skip? Hair care memang menjadi salah satu area dimana orang-orang banyak melakukan kesalahan.

Seperti halnya skin care, rutinitas hair care juga bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan rambut kita. Namun, terdapat kesalahan perawatan rambut yang sangat umum dilakukan banyak orang terlepas dari rutinitas dan kebutuhan rambut mereka.

Berikut adalah langkah-langkah perawatan rambut sekaligus kesalahan-kesalahan yang harus dihindari supaya hair care kita nggak sia-sia. Yuk, simak!

Penggunaan Hair Oil Terlalu Banyak Sebelum Keramas

Perawatan hair oil
Hair oil/Foto: freepik.com

Penggunaan hair oil sering menjadi tahap rutinitas hair care untuk mengatasi rontok, mempercepat pertumbuhan, serta menguatkan rambut. Hair oil biasanya digunakan sebelum keramas, namun penggunaannya harus tetap diperhatikan ya, Beauties.

Menggunakan hair oil sembari memijat kepala secukupnya dapat membantu supaya hair oil terserap sempurna. Selain itu, penggunaan hair oil yang terlalu banyak juga nggak dianjurkan, lho.

Sebaiknya gunakan hair oil secukupnya atau seperti yang dianjurkan pada botol supaya rambut kita tidak terlalu berminyak. Setelah mendiamkan hair oil selama sekitar setengah hingga satu jam, hindari membilas rambut dengan air panas karena bisa membuat kulit kepala menjadi kering.

Keramas dengan Takaran Shampoo yang Sesuai

Keramas menggunakan sampo
Keramas menggunakan shampoo/Foto: jcomp di Freepik

Sebelum menggunakan shampoo, jangan lupa membasahi rambut kita secara merata terlebih dahulu. Penggunaan shampoo yang ideal sebenarnya hanya seukuran uang koin ya, Beauties.

Sampo yang terlalu banyak justru akan susah untuk dicuci bersih, sehingga dapat menyebabkan ketombe dan rambut rontok. Jangan lupa membuat busa sampo di telapak tangan kita terlebih dahulu sebelum diaplikasikan ke kulit kepala.

Jangan pula menggunakan sampo di ujung rambut jika rambut kamu nggak kotor karena bisa menyebabkan ujung rambut kamu kering. Ketika keramas, sebaiknya kita memijat kulit kepala secara menyeluruh dengan ujung jari.

Menggaruk kepala menggunakan kuku sebaiknya nggak dilakukan untuk menghindari adanya luka.

Penggunaan Conditioner

Foto produk conditioner dan sampo
Conditioner dan shampoo/Foto: Natallia Photo di Pexels

Setelah sampo, gunakan hair conditioner di ujung rambut selama kurang lebih tiga menit atau sesuai yang dianjurkan pada kemasan. Jangan menggunakan conditioner di kulit kepala karena dapat membuat rambut lepek dan menyebabkan ketombe.

Setelah itu bilas rambut hingga bersih menggunakan air suhu normal. Penggunaan air yang terlalu panas ataupun air yang terlalu dingin sangat nggak dianjurkan untuk keramas karena dapat merusak rambut dan menurunkan efektivitas shampoo.

Cara Mengeringkan Rambut

Potret perempuan mengeringkan rambut
Perempuan mengeringkan rambut/Foto: freepik.com

Setelah keramas, kita dapat mengeringkan rambut dengan handuk terlebih dahulu dengan cara diremas perlahan. Satu hal yang perlu diingat adalah jangan membungkus rambut dengan handuk terlalu lama ya, Beauties.

Hal tersebut menyebabkan rambut terlalu lembab sehingga dapat menumbuhkan mikroorganisme dan rambut menjadi bau apek. Kita bisa lanjut mengeringkan rambut dengan hair dryer dimulai dari kulit kepala hingga ujung rambut.

Penggunaan hair dryer juga sebaiknya secukupnya saja dan nggak terlalu lama, ya.

Menggunakan Hair Tonic di Akar Rambut

Perempuan menggunakan hair spray
Perempuan menggunakan hair spray/Foto: freepik.com

Hair tonic berfungsi untuk memberikan nutrisi pada rambut supaya rambut tumbuh lebih sehat. Setelah keramas, gunakan hair tonic di akar rambut ketika rambut sudah setengah kering.

Aplikasikan di beberapa bagian sembari memijat kulit kepala dengan lembut dan merata supaya produk dapat terserap dengan baik. Jangan menyemprotkan hair tonic di batang rambut seperti memakai hair spray ya Beauties, karena hal tersebut akan sia-sia.

Kita cukup fokus menggunakan hair tonic di kulit kepala agar nutrisi yang terkandung cepat diserap oleh akar rambut.

Menggunakan Hair Serum atau Vitamin

Foto kapsul hair vitamin
Kapsul hair vitamin/Foto: freepic.diller di Freepik

Setelah hair tonic, kita bisa menggunakan hair serum atau hair vitamin di ujung rambut. Kedua produk ini juga nggak dianjurkan untuk digunakan di kulit kepala karena bisa menyebabkan rambut lepek.

Penggunaan hair serum atau hair vitamin membantu untuk menutrisi dan menjaga kelembaban rambut supaya rambut lebih lembut dan tidak mudah kusut.

Menggunakan Hair Mask dan Hair Creambath

Perempuan dengan perawatan rambut
Perempuan dengan perawatan rambut/Foto: valuavitaly di Freepik

Hair mask dan hair creambath dapat digunakan untuk perawatan rambut tambahan. Penggunaan keduanya juga tidak boleh berlebihan ya, Beauties. Hair mask bisa digunakan sekitar seminggu sekali, sedangkan hair creambath sekitar sebulan sekali.

Jika dilakukan secara teratur, hair mask dan hair creambath dapat membantu merawat akar rambut dan memperbaiki rambut rusak secara maksimal sehingga rambut menjadi lebih lembut, sehat, dan mudah diatur.

Beauties, itulah langkah-langkah serta hal-hal yang perlu diperhatikan dalam rutinitas perawatan rambut. Satu hal lagi yang perlu diingat adalah pastikan untuk menggunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan kamu, ya!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE