sign up SIGN UP

7 Manfaat Vaseline Petroleum Jelly Ini Jarang Banyak yang Tahu, Termasuk Bikin Parfum Tahan Lama?

Aqillah Diaz Rahmadyani | Beautynesia
Jumat, 18 Mar 2022 20:00 WIB
7 Manfaat Vaseline Petroleum Jelly Ini Jarang Banyak yang Tahu, Termasuk Bikin Parfum Tahan Lama?
caption

Siapa nih diantara kamu yang nggak tahu Vaseline Petroleum Jelly? Kayaknya hampir semua perempuan mengetahui produk kecantikan yang satu ini.

Para perempuan menggunakan produk ini untuk mengatasi permasalahan kulit kering. Hal ini dikarenakan Vaseline Petroleum Jelly memiliki manfaat yang efektif untuk mengatasi kulit kering dan pecah-pecah. Namun ternyata, Vaseline Petroleum Jelly memiliki manfaat lain, lho.

Berikut manfaat lain yang jarang diketahui. Check em out!

1. Membuat Alis Tampak Lebih Rapi

Membuat Alis Tampak Lebih Rapi / foto : pexels.com/ShinyDiamond
Membuat Alis Tampak Lebih Rapi / foto : pexels.com/ShinyDiamond

Jika kamu memiliki alis yang kurang rapi atau bahkan sering berantakan karena alismu tebal dan susah diatur, kamu bisa merapikannya dengan menggunakan Vaseline Pretoleum Jelly. Caranya cukup dengan mengoleskannya ke bagian alis dan menyisirnya menggunakan spoolie.

Nggak perlu merapikan alis dengan mencukur, kini kamu bisa mengoleskannya dari bagian dalam ke luar alis. Dengan menggunakan produk ini, alismu akan terlihat lebih rapi dan tentunya petroleum jelly akan membuat alismu terlihat sehat secara alami. 

2. Mencegah Munculnya Stretch Marks

Mencegah Munculnya Stretch Marks / foto : freepik
Mencegah Munculnya Stretch Marks / foto : freepik

Biasanya stretch marks muncul di beberapa bagian, seperti perut, paha, betis, atau lengan. Nah, untuk mencegah dan mengurangi timbulnya stretch marks, kamu bisa menggunakan petroleum jelly di area yang terdapat guratan putih pada permukaan kulit.

Stretch marks, tidak hanya muncul pada perempuan yang sedang hamil, tetapi juga bisa muncul karena naiknya berat badan. Kamu bisa menggunakannya dua kali sehari setelah mandi di pagi hari dan sebelum tidur. Gunakan secara rutin agar hasilnya maksimal. 

3. Melembutkan dan Melentikkan Bulu Mata

Melembutkan dan Melentikkan Bulu Mata / foto : pexels.com/AliCamachoAdarve
Melembutkan dan Melentikkan Bulu Mata / foto : pexels.com/AliCamachoAdarve

Petroleum jelly memiliki manfaat untuk melembutkan dan melentikkan bulu mata. Apalagi jika kamu sedang terburu-buru dan tidak sempat untuk menggunakan maskara, kamu bisa banget gunakan petroleum jelly.

Kamu bisa menggunakannya agar bulu mata terlihat bervolume. Nggak perlu menggunakan bantuan alat, kamu bisa menggunakan jari telunjuk dan ibu jari dan oleskan pada helaian bulu mata dari bagian akar hingga ujung.

Namun, untuk mendapatkan bulu mata yang lebat dan lentik, kamu harus sedikit bersabar nih, Beauties. Yang paling penting gunakan secara rutin, ya!

4. Meredakan Iritasi dan Bekas Luka

Meredakan Iritasi dan Bekas Luka / foto : freepik
Meredakan Iritasi dan Bekas Luka / foto : freepik

Nggak hanya untuk kecantikan, petroleum jelly juga memiliki manfaat untuk meredakan iritasi dan bekas luka. Biasanya kulit yang iritasi terjadi karena kondisi lapisan epidermis kulit terkikis. Selain itu, apabila kamu pernah mengalami luka jatuh atau luka bakar kamu juga bisa gunakan petroleum jelly sebagai solusinya. Kamu bisa menggunakan petroleum jelly dengan mengoleskan ke bagian yang iritasi atau terdapat luka.

Bahkan kulit yang terkena paparan sinar matahari terlalu lama juga kamu bisa sembuhkan dengan menggunakan petroleum jelly agar kulit kembali lembap. Sebelum menggunakannya, kamu bisa membersihkan iritasi atau bekas luka untuk menghindari infeksi. Gunakan petroleum jelly setiap hari di malam hari dan diamkan semalam. Petroleum jelly akan meresap pada kulit dan bisa meredakan iritasi serta bekas luka.

5. Mengatasi Bibir yang Kering

Mengatasi Bibir yang Kering / foto : pexels.com/SHVETSproduction
Mengatasi Bibir yang Kering / foto : pexels.com/SHVETSproduction

Manfaat selanjutnya adalah dapat mengatasi bibir yang kering. Bibir kering biasanya disebabkan oleh cuaca yang panas, sehingga membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Namun, kamu nggak perlu khawatir karena kamu bisa menjadikan petroleum jelly sebagai lip balm.

Hal ini dikarenakan petroleum jelly memiliki tekstur seperti balm dengan warna transparan, sehingga dapat diaplikasikan untuk bibir yang kering. Oh ya, tenang aja produk ini juga nggak mengandung parfum, sehingga tidak akan memicu munculnya alergi ketika digunakan.

6. Dapat Digunakan untuk Scrub Bibir

Dapat Digunakan untuk Scrub Bibir / foto : pexels.com/PolinaKovaleva
Dapat Digunakan untuk Scrub Bibir / foto : pexels.com/PolinaKovaleva

Memiliki bibir yang gelap, pasti membuatmu tidak percaya diri. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan scrub untuk mengangkat sel kulit mati pada bibirmu.

Kamu bisa mencampurkan petroleum jelly dengan gula atau garam laut. Aplikasikan pada bibir dan gosok secara perlahan hingga kulit mati mengelupas. Lakukan secara rutin selama dua hingga tiga kali seminggu untuk hasil yang maksimal. 

7. Membuat Aroma Parfum Lebih Tahan Lama

Membuat Aroma Parfum Lebih Tahan Lama / foto : pexels.com/cottonbro
Membuat Aroma Parfum Lebih Tahan Lama / foto : pexels.com/cottonbro

Meskipun kamu sudah menggunakan parfum yang bagus, namun ketika wangi tubuh cepat hilang, pastinya juga dapat menurunkan rasa percaya diri, bukan? Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan petroleum jelly di beberapa bagian tubuh, seperti leher, tangan, atau bagian lipatan lainnya.

Hal ini dikarenakan petroleum jelly dapat membuat aroma parfum bertahan lebih lama dan tentunya setelah itu kamu bisa menyemprotkan parfum di daerah tertentu. Aroma parfum akan melekat lebih lama dan tahan lebih lama, sehingga akan membuatmu lebih percaya diri.

Nah, itulah beberapa manfaat dari Vaseline Pretoleum Jelly yang ternyata jarang diketahui, seperti yang dilansir dari Healthline dan WebMD. Kira-kira kamu bakal tertarik nggak sama produk ini? Pastinya tertarik dong karena memiliki banyak manfaat nih, Beauties. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id