sign up SIGN UP

Jangan Diikuti! 3 Tren Perawatan Kulit yang Pernah Viral di TikTok Ini Ternyata Berbahaya untuk Kulit

Aqida Widya Kusmutiarani | Beautynesia
Jumat, 18 Mar 2022 13:45 WIB
Jangan Diikuti! 3 Tren Perawatan Kulit yang Pernah Viral di TikTok Ini Ternyata Berbahaya untuk Kulit
caption
Jakarta -

Terkadang penggunaan skincare secara rutin saja nggak cukup untuk mendapatkan kulit yang glowing. Kamu mungkin perlu menjalani beberapa perawatan wajah di klinik kecantikan untuk mendapatkannya.

Sayangnya, sebagian orang ada yang lebih memilih untuk melakukan treatment wajah sendiri di rumah dengan berbekal beauty hacks atau tips yang viral di TikTok.  Padahal, nggak semua treatment wajah yang pernah viral di TikTok beberapa waktu lalu aman.

Beberapa di antaranya ada yang berbahaya untuk kulit wajah. Maka dari itu, perlu research ataupun konsultasi dengan dokter sebelum menerapkan beauty hacks atau tips perawatan wajah tersebut.

Lalu, treatment wajah apa saja sih yang pernah viral di TikTok dan berbahaya kalau diterapkan? Baca ulasan di bawah ini sampai habis, ya. 

Microneedling di Rumah

perawatan wajah viral di TikTok
perawatan wajah/Foto: advancedclinicsok.com

Microneedling adalah perawatan kulit yang dilakukan dengan cara membuat tusukan kecil pada kulit menggunakan sebuah alat yang berbentuk seperti pena berisi jarum-jarum halus. Treatment ini dapat memberikan hasil kulit yang halus, kenyal, dan lebih kencang karena luka-luka kecil yang dihasilkan akan merangsang pembentukan kolagen. 

Tutorial melakukan microneedling sendiri di rumah ini sempat viral di TikTok. Namun, melakukannya sendiri di rumah dan dilakukan oleh profesional adalah dua hal yang berbeda.

Dilansir dari South China Morning Post, melakukan microneedling sendiri di rumah dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi akibat penyebaran bakteri, hiperpigmentasi, hingga jaringan parut. Maka dari itu, sebaiknya kamu nggak mengikuti tren treatment wajah ini di rumah. 

Vacuum Pori-pori

treatment wajah berbahaya yang pernah viral di TikTok
treatment viral di TikTok/Foto: purewow.com

Tren perawatan kulit yang satu ini nggak hanya viral di TikTok saja, tapi juga media sosial lain seperti Instagram. Vacuum pori-pori adalah cara membersihkan pori-pori dari komedo dan sel-sel kulit mati dengan menggunakan sebuah alat yang cara kerjanya mirip seperti vacuum cleaner. Tak sedikit orang yang mengikuti tren perawatan wajah ini dengan membeli alat vacuum pori-pori dan melakukannya sendiri di rumah. 

Sayangnya, menurut Dana Rice, ahli kecantikan di Pusat Kosmetik Dermatologi Kesehatan Universitas Utah, pemasangan alat yang nggak tepat dan bukan dilakukan oleh seseorang yang terlatih dapat menyebabkan kulit memar atau bahkan telangiektasis, yaitu kondisi di mana pecahnya pembuluh darah kecil di kulit.

Contouring Wajah Pakai Sunscreen

Perawatan wajah untuk kulit glowing
kulit glowing/Foto: pexels.com/ George Milton

Beberapa waktu lalu juga sempat viral di TikTok teknik contouring wajah dengan memakai sunscreen untuk mendapatkan bentuk wajah yang lebih tirus tanpa harus menggunakan makeup. Jadi, sunscreen diaplikasikan dengan tebal pada bagian wajah tertentu yang ingin ditonjolkan agar terlihat lebih cerah, sementara sisanya dibiarkan saja sehingga terlihat lebih tan atau gelap. Hasilnya, wajah pun terlihat lebih tirus. 

Namun, ternyata cara ini dinilai berbahaya untuk kulit, lho. Dilansir dari Daily Mail UK, dr. Simran Deo dari Online Doctor, Zava menjelaskan bahwa meskipun penggunaan sunscreen dapat membentuk garis-garis kontur sementara, tapi begitu garis-garis tersebut hilang, kamu bisa mengalami kerusakan kulit yang lebih permanen, mengingat  sinar UV sendiri sangat berbahaya untuk kulit dan dapat menyebabkan berbagai masalah kulit. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id