STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

8 Kebiasaan yang Mudah Dilakukan untuk Membuat Kulit Glowing dari Dalam

Bella Refsy Monica | Beautynesia
Senin, 16 Jan 2023 10:15 WIB
8 Kebiasaan yang Mudah Dilakukan untuk Membuat Kulit Glowing dari Dalam

Beauties setuju kan, kalau penggunaan skincare saja tidak cukup untuk membuat kulit kita glowing secara maksimal? Selain skincare, gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari jelas menjadi kunci untuk kulit yang bersih dan sehat.

Seperti halnya kesehatan tubuh, kondisi kulit kita juga dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti nutrisi, gaya hidup, dan manajemen stres. Sering kali dilupakan, faktor-faktor tadi nyatanya sangat krusial, lho.

Alih-alih mendapat wajah cerah dan bersinar, rutinitas skincare yang kamu lakukan bisa jadi tidak memberikan efek apapun jika kamu masih memiliki pola hidup yang kurang sehat.

Nah, ini dia beberapa kebiasaan kecil yang bisa Beauties lakukan untuk membuat kulit glowing dari dalam. Yuk, simak selengkapnya!

1. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Memenuhi Kebutuhan Air Minum
Memenuhi Kebutuhan Air Minum/Foto: Freepik

Seperti yang kita tahu, air putih memang kaya akan manfaat untuk tubuh. Dilansir dari Skin Kraft, minum air putih yang cukup dapat menghidrasi sel-sel di setiap bagian tubuh termasuk kulit. Dengan begitu, aliran darah akan lebih lancar dan dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh.

Beberapa manfaat air putih bagi kulit antara lain untuk mengencangkan kulit, mencegah penuaan dini, mencegah jerawat, mempercepat proses penyembuhan akibat sunburn, serta memberi kelembaban.

Untuk perempuan, jumlah konsumsi air dalam sehari yang disarankan adalah 2,7 liter termasuk minuman, sayuran, dan buah-buahan yang dikonsumsi dengan kadar air tinggi. Bagaimana, apakah kebutuhan air harian kamu sudah tercukupi?

2. Mengurangi Konsumsi Dairy Product

Jika kita perhatikan, cukup banyak dairy product atau produk olahan susu yang biasa kita konsumsi sehari-hari mulai dari susu itu sendiri, keju, yogurt, es krim, hingga mentega. Di samping manfaat dan nutrisinya untuk tubuh, tahukah kamu kalau ternyata susu bisa menimbulkan jerawat pada wajah?

Dairy products
Dairy products/Foto: Freepik

Seperti yang kita tahu, salah satu penyebab jerawat adalah adanya peradangan pada kulit akibat produksi sebum yang berlebihan. Dalam susu, terdapat kandungan hormon yang dapat merangsang produksi minyak secara berlebih dan dapat memicu timbulnya jerawat.

Satu-satunya dairy product yang tidak menimbulkan efek buruk pada kulit adalah yogurt. FYI, kandungan probiotik dalam yogurt justru dapat membantu menenangkan peradangan, lho.

Almond milk sebagai pengganti dairy milk
Almond milk sebagai pengganti dairy milk/Foto: 8photo di Freepik

Untuk solusinya, kamu bisa mengganti susu sapi dengan alternatif lain seperti susu almon dan susu kedelai. Namun jika kamu masih ingin mengkonsumsi produk-produk olahan susu, pastikan pula untuk mengimbanginya dengan buah dan sayur, serta rutin membersihkan kulit wajah setiap hari untuk menghindari jerawat.

3. Pola Makan yang Sehat

Beauties pernah dengar istilah “you are what you eat”? Yup, mengkonsumsi makanan yang sehat adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk kulit.

Bahan makanan yang mengandung vitamin C, vitamin B, vitamin A, vitamin K, vitamin D, vitamin E, serta zinc akan sangat berperan untuk menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah dan glowing.

Pola makan yang sehat
Pola makan yang sehat/Foto: Nathan Cowley di Pexels

Selain itu, kandungan omega 3 dalam makanan juga akan sangat bermanfaat untuk kulit. Omega 3 diketahui dapat menutrisi, melembabkan dan mencerahkan kulit, serta membantu mengurangi efek penuaan.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE