sign up SIGN UP

Aduh, Sebenarnya Kapan Sih Waktu Terbaik Memulai Perawatan Anti-aging?

Dian Siti Marfuah | Beautynesia
Senin, 02 Aug 2021 14:15 WIB
Aduh, Sebenarnya Kapan Sih Waktu Terbaik Memulai Perawatan Anti-aging?
caption

Perempuan mana sih yang ingin terlihat tua, apalagi jika tanda penuaan itu muncul sebelum waktunya alias penuaan dini. Untuk mencegah hal tersebut berbagai macam perawatan antiaging saat ini pun kian mudah untuk ditemui.

Mulai dari yang berbentuk krim mata, serum, pelembab, essence dan berbagai produk perawatan lainnya. Namun yang menjadi pertanyaan sekarang, sebenarnya kapan sih perawatan antiaging itu dilakukan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak ulasannya di bawah ya,Beauties!

Tanda Penuaan

Tanda penuaan sering kali muncul di area yang sering terkena sinar matahari/Pexels.com/Mental Health America
Tanda penuaan sering kali muncul di area yang sering terkena sinar matahari/Pexels.com/Mental Health America

Sebelum jauh membahas mengenai waktunya, kita cari tahu dulu yuk tanda-tanda penuaan yang sering kali muncul. Selain umur yang terus bertambah, indikator penuaan bisa dilihat dari kondisi kulit kita.

Umumnya tanda awal penuaan biasanya muncul dari bagian tubuh yang sering terkena sinar matahari, diantaranya wajah, leher, dan tangan.  Untuk di wajah sendiri, tanda penuaan yang sering muncul berupa kerutan di area mata, dahi, smile line atau garis senyum. Pula tanda lain dari penuaan dini adalah elastisitas kulit yang semakin berkurang dan bahkan mengendur.

Skincare Antiaging

Ilustrasi Skin Care Anti Aging/Pexels.com/ Karolina Grabowska
Ilustrasi Skin Care Anti Aging/Pexels.com/ Karolina Grabowska

Seperti namanya, produk antiaging merupakan produk yang digunakan untuk mengurangi atau memperlambat tanda-tanda penuaan. Berbagai produk skincare antiaging pun saat ini semakin mudah ditemui di pasaran. Namun bukan berarti kamu bisa membeli sembarangan juga ya, Beauties.

Setidaknya kamu mengetahui dulu kondisi kulitmu sendiri dan ingredients dari produk anti aging itu sendiri. Kandungan skincare antiaging pun ada bermacam-macam seperti, vitamin E untuk menjaga kelembaban kulit, vitamin C mencerahkan sekaligus  menghidrasi kulit, dan retinol si turunan vitamin A untuk mengurangi kerutan sekaligus meratakan pigmentasi warna kulit.  Last but not least, hal yang tak kalah pentingnya adalah menggunakan tabir surya untuk mencegah penuaan dini karena radiasi sinar UV.

Kapan Perawatan Antiaging Dimulai?

Ilustrasi penggunaan skin care anti aging/Pexels.com/ Pavel Danilyuk
Ilustrasi penggunaan skin care anti aging/Pexels.com/ Pavel Danilyuk

Untuk mencegah terjadinya penuaan dini, banyak wanita yang melakukan perawatan antiaging jauh sebelum tanda penuaan itu muncul. Hmmm, sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk perawatan anti aging?

Dilansir dari Wolipopdermatolog Joshua Zeichner, MD mengatakan wanita lebih baik mulai menggunakan krim antiaging di awal umur 30 tahun. Selain itu menurut dermatolog Joshua Zeichner, mengggunakan produk di awal umur 30 tahun  akan membantu mengurangi  tanda penuaan wajah yang semakin jelas, bahkan jika kerutan itu sudah muncul. 

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id