sign up SIGN UP

Alasan Mengapa Produk Skin Care dan Make Up Harus Terdaftar BPOM

Verticallya Yuri S.E Pratiwi | Beautynesia
Minggu, 13 Jun 2021 16:15 WIB
Alasan Mengapa Produk Skin Care dan Make Up Harus Terdaftar BPOM
caption
Jakarta -

Memilih produk perawatan kulit maupun item make up, merupakan hal penting karena menyangkut keamanan dan kesehatan dirimu. Menjaga dirimu sendiri agar tidak mendapat dampak bahaya dari apa yang kamu pilih merupakan hal yang tidak mudah dan harus dilakukan penuh perhatian.

Salah satu cara untuk menjaga dirimu sendiri dalam memilih produk perawatan kulit maupun item make up, adalah dengan memastikan adanya lisensi BPOM yang diadakan resmi oleh Negara. Melihat apakah suatu produk sudah resmi terdaftar di BPOM, menjadi salah satu langkah penting untuk memastikan kualitas dan keamanan produk pilihanmu loh, Ladies.

Lalu, apa sih memang pentingnya produk skin care atau make upmu terdaftar BPOM? Kamu bisa baca di sini, alasan pentingnya skin care dan make up terdaftar di BPOM!

Mengawasi Produk Skin Care dan Make Up

Make Up Kit
Make Up kit/Photo by unsplash.com/@goami

BPOM merupakan singkatan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan, yang mana bertugas mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan di Indonesia. BPOM akan memastikan bagaimana suatu produk berasal, dibuat dan diedarkan. Itu artinya, skin care dan make up akan dicatat dari mana asalnya, bagaimana pembuatannya serta bagaimana diedarkannya.

Adanya Lisensi

Lisensi
Seorang perempuan tengah mengisi formulir untuk lisensi/Photo by unsplash.com/@louishansel

Lisensi dari BPOM sangat penting loh, karena ini artinya produk tersebut sudah diuji dan memiliki kandungan yang aman untuk digunakan. Melalui lisensi tersebut, masyarakat bisa merasa yakin dengan produk yang dijual aman. Lisensi tersebut dapat dilihat di website resmi BPOM dengan mencari nomor registrasi dari produk yang ingin kamu check.

Keyakinanmu dalam menggunakan skin care atau make up juga akan lebih terbangun karena telah ada lisensi resmi dari BPOM. Kandungan di dalam produk serta cara pembuatannya akan diperiksa dan diuji dulu oleh BPOM sebelum dapat kamu gunakan.

Pengujian Produk Termasuk Laboratorium, Sampai Sarana Produksi dan Distribusi

Laboratorium untuk pengujian
Laboratorium/Photo by unsplash.com/@cdc

BPOM juga melakukan Post marketing vigilance, yang mana di dalamnya termasuk sampling dan pengujian laboratorium, pemeriksaan sarana produksi dan distribusi, penyidikan dan penegakan hukum.

Ini akan memberikan jaminan lebih pada konsumen, bahwa produk yang sudah terdaftar di BPOM melakukan produksi dengan aman dan sesuai prosedur, distribusi yang tidak melanggar hukum dan dapat aman digunakan oleh pembeli. Itu dia kenapa produk skin care dan make up itu penting untuk terdaftar BPOM. Lebih hati-hati dalam memilih produk yang aman untukmu ya, Ladies!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id