STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Apakah Produk Kosmetik yang Kedaluwarsa Masih Bisa Dipakai? Cek Risikonya Menurut Ahli!

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Rabu, 02 Nov 2022 18:45 WIB
Apakah Produk Kosmetik yang Kedaluwarsa Masih Bisa Dipakai? Cek Risikonya Menurut Ahli!

Sebagian besar dari kita mungkin memiliki satu atau dua produk kosmetik yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa, tetapi kita masih sering memakainya karena isinya masih banyak. Lagi pula, jika masih terlihat oke dan tidak berbau, mengapa tidak?

Yup, itulah yang sering dipikirkan oleh banyak orang. Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa riasan kedaluwarsa aman digunakan, selama bentuk, warna, dan baunya masih baik-baik saja. Namun, di sisi lain penggunaan riasan kedaluwarsa mungkin tidak sebanding dengan risiko efek sampingnya.

Berikut ini, yuk simak apa yang mungkin terjadi pada kulit jika kamu masih terus menggunakan produk kosmetik kedaluwarsa. Simak di sini ya!

Risiko Menggunakan Kosmetik Kedaluwarsa

bahaya memakai kosmetik kedaluwarsa
Risiko menggunakan makeup kedaluwarsa/Foto: Freepik/stockking

1. Kualitas Produk Telah Menurun

Produk makeup yang sudah mau pun belum pernah digunakan tetapi telah melewati tanggal kedaluwarsa, kemungkinan tidak akan berfungsi dengan baik. Produknya bisa saja mengering atau berubah konsistensi, memiliki bau yang aneh atau berbeda dibandingkan saat pertama kali dibuka, dan komponen formulanya dapat terpisah.

Dalam hal skincare, tabir surya misalnya, kemampuan produk untuk melindungi kulit mungkin akan berkurang jika sudah kedaluwarsa.

2. Perubahan Warna Produk

Risiko lain menggunakan riasan kedaluwarsa adalah perubahan warna produk dari waktu ke waktu. Ini terutama terjadi pada produk foundation. Semakin lama alas bedak disimpan, ia dapat teroksidasi hingga mengubah warna aslinya menjadi beberapa tingkat lebih gelap.

3. Berpotensi Sebabkan Iritasi Kulit dan Mata

Kulit sensitif akan lebih cepat memerah dan iritasi sehingga harus dirawat dengan skincare yang bersifat menangkan / foto: freeimages.comIlustrasi sulit sensitif/Foto: freeimages.com

Produk kosmetik yang telah dibuka dan digunakan, apalagi yang memiliki konsistensi cair, berpotensi menjadi sarang bakteri berbahaya.

Mengutip The Healthy, Kelli J. Bartlett, direktur artistik Glamsquad di New York menyebutkan, produk yang kedaluwarsa dapat mengiritasi kulit, memperburuk rosacea, dan menyumbat pori-pori. Selain itu, kondisi kemerahan, iritasi, dan infeksi pada mata adalah efek samping dari pemakaian produk riasan mata yang sudah kedaluwarsa.  

4. Pori-pori Tersumbat dan Jerawat

Menurut ahli kecantikan selebritas Renée Rouleau dalam Byrdie, alas bedak mengandung bahan-bahan yang dapat mulai terpisah ketika sudah kedaluwarsa.

“Bahan minyak akan naik ke atas, jadi, jika Anda terus menggunakannya, Anda mungkin mengoleskan minyak yang berpotensi menyumbat pori ke kulit Anda yang mengakibatkan jerawat,” lanjut Rouleau.

Panduan untuk Mengetahui Ketika Produk Sudah Kedaluwarsa

bahaya memakai kosmetik kedaluwarsa
Setiap produk kosmetik memiliki batas masa pemakaian/Foto: Freepik/ada1402

Terkadang, kita kesulitan untuk menemukan label tanggal kedaluwarsa pada sebuah produk. Oleh karena itu, Susan Massick, MD, dokter kulit dan Associate Professor dari The Ohio State Wexner Medical Center mengungkapkan, beberapa panduan bermanfaat yang perlu diingat:

  • Riasan mata cair seperti eyeliner dan maskara harus dibuang kalau produknya sudah mengering, menggumpal, atau warnanya memudar. Produk cair yang digunakan di dekat mata memiliki risiko penyebaran bakteri yang lebih besar. Segera buang jika kamu mengalami mata merah, bintitan, atau infeksi mata lainnya.
  • Alas bedak dan concealer cair biasanya baik digunakan untuk sekitar 12 sampai 18 bulan. Jika kamu menemukan alas bedak yang mulai terpisah menjadi beberapa lapisan, buang saja.
  • Bedak tabur mau pun blush on powder jika disimpan dengan benar dan bebas dari kelembapan, dapat bertahan hingga 3-4 tahun.
  • Eyeliner pensil, eyeliner gel, pensil alis, dan lip liner dapat digunakan hingga satu tahun.
  • Lipstik dan lip gloss dapat digunakan untuk satu hingga dua tahun penggunaan.

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE