BILLBOARD
970x250

Atasi Bibir Pecah-pecah Selama Puasa dengan 5 Cara Ini, Dijamin Mendadak Berubah Jadi Bibir Plumpy Bak Selebritas!

Mauditalani | Beautynesia
Senin, 17 Apr 2023 10:00 WIB
Atasi Bibir Pecah-pecah Selama Puasa dengan 5 Cara Ini, Dijamin Mendadak Berubah Jadi Bibir Plumpy Bak Selebritas!

Selama bulan puasa, permasalahan yang paling sering muncul selain kulit kering adalah bibir pecah-pecah. Cara mengatasi bibir pecah-pecah biasanya dengan mengonsumsi air putih.

Namun, saat berpuasa kita tidak diperbolehkan untuk memakan atau meminum apa pun selama kurang lebih 13 jam lamanya.

Supaya penampilan tetap maksimal dan tidak terlihat pucat, berikut beberapa cara efektif untuk menyiasati permasalahan bibir pecah-pecah selama puasa Ramadan. Simak pembahasannya!

1. Lakukan Eksfoliasi Bibir

Eksfoliasi Bibir
Eksfoliasi bibir dapat menggunakan bahan alami seperti campuran madu dan gula/Foto: Pexels/Polina kovalena

Cara mengatasi bibir pecah-pecah yang pertama adalah dengan eksfoliasi. Eksfoliasi adalah suatu perawatan dengan tujuan mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran pada permukaan kulit.

Kebanyakan orang hanya memperhatikan eksfoliasi pada wajahnya saja. Padahal, bagian bibir pun memerlukan eksfoliasi. Eksfoliasi pada bibir dilakukan untuk mengupas kulit yang pecah-pecah agar bisa menumbuhkan kulit baru.

Ada berbagai macam cara untuk melakukan eksfoliasi bibir. Contohnya menggunakan bahan-bahan alami seperti campuran madu dan gula atau membeli produk khusus eksfoliasi bibir.

Perlu diingat, bahwa saat eksfoliasi tidak disarankan melakukannya terlalu kencang. Sebab, ini akan menimbulkan risiko pendarahan hingga iritasi kulit.

2. Menghindari Makanan Pedas dan Asin

Makanan Pedas
Makanan asin dan pedas dapat mengurangi hidrasi pada bibir/Foto: Unsplash/Peijia Li

Ketika berbuka puasa maupun sahur, makanan pedas dan asin seakan menjadi santapan wajib untuk mengisi perut yang lapar. Namun, tahukah kamu bahwa kedua makanan tersebut dapat menyebabkan bibir kering hingga pecah-pecah?

Hal tersebut dikarenakan kandungan garam pada makanan asin mampu menarik kelembapan dan membuat iritasi kulit. Alhasil, kondisi kulit bibir menjadi rentan pecah-pecah.

Makanan pedas pun sama halnya. Dengan mengonsumsi makanan pedas, tenggorokan akan terasa lebih kering saat puasa hingga kamu lebih mudah mengalami dehidrasi.

3. Gunakan Lip Balm Tanpa Iritasi dengan SPF 30

Lipbalm SPF
Pilihlah lip balm dengan SPF 30 atau lebih tinggi dengan kandungan zinc oxide/Foto: Freepik/Freepik

Demi menjaga kesehatan dan penampilan bibir tetap sehat, kamu memerlukan lip balm dengan SPF 30 atau lebih tinggi sebelum pergi ke luar.

Melansir dari American Academy of Dermatology Association (AAD), sinar matahari dapat membakar permukaan bibir yang kering. Karena hal itu juga, sariawan jadi lebih sering muncul.

Untuk melindungi permukaan kulit bibir, gunakanlah lip balm dengan SPF 30 atau lebih tinggi bersamaan bahan pelindung matahari seperti titanium oxide dan zinc oxide.

5 Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah Selama Ramadan: Oles Mentimun!

4. Oleskan Mentimun, Minyak Kelapa, hingga Lidah Buaya

Selain bahan alami layaknya madu dan gula, masih ada beberapa bahan lainnya yang bisa menjadi cara mengatasi bibir pecah-pecah.

Pertama ada mentimun. Mentimun mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang dapat memperbaiki bibir pecah-pecah.

Di samping itu, ada juga minyak kelapa. Manfaat minyak kelapa untuk bibir pecah-pecah yakni membuat tampilan bibir tampak lebih halus dan mencegah infeksi. Hal tersebut terjadi berkat kandungan antiradang dan antimikroba yang dimiliki minyak kelapa.

Bahan alami terakhir ada lidah buaya. Tidak hanya baik untuk kesehatan rambut, lidah buaya nyatanya juga dapat menghidrasi permukaan bibir yang rusak. Adanya antioksidan, vitamin, mineral, dan antiradang berperan penting dalam mengatasi bibir kering. Kamu dapat mengoleskan bahan-bahan alami ini pada permukaan bibir yang mengalami pecah-pecah.

5. Memakai Pelembap Udara atau Humidifier

Tips menenangkan bibir kering dan pecah-pecah / Foto: pexels.com/Karolina GrabowskaBibir kering dan pecah-pecah / Foto: pexels.com/Karolina Grabowska/

Cara mengatasi bibir pecah-pecah selama Ramadan terakhir adalah dengan menggunakan humidifier

Cuaca panas dan udara yang kering berpotensi membuat bibir pecah-pecah. Oleh karena itu, melalui penggunaan humidifier di dalam ruangan bisa mengatasi permasalahan ini.

Salah satu manfaat humidifier adalah membantu meningkatkan kelembapan udara. Dengan begitu, permukaan kulit bibir jadi lebih lembap dan tetap terhidrasi dengan baik.

Itulah cara mengatasi bibir pecah-pecah selama Ramadan yang perlu Beauties ketahui. Jika merasa kondisi bibir yang pecah-pecah sudah terlalu parah, segera konsultasikan ke dokter.
__

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE