sign up SIGN UP

Mengenal 6 Jenis Acid yang Ada Dalam Kandungan Skincare, Cari Tahu yang Mana Sesuai Kebutuhanmu, yuk!

Talitha Putik Arawanda | Beautynesia
Jumat, 23 Sep 2022 04:30 WIB
Mengenal 6 Jenis Acid yang Ada Dalam Kandungan Skincare, Cari Tahu yang Mana Sesuai Kebutuhanmu, yuk!
caption

Berbagai bahan aktif dalam perawatan kulit sedang booming karena manfaat dari kandungan itu sendiri. Tak heran jika skincare dengan bahan tertentu diincar para beauty enthusiast. Misalnya, jenis asam yang ditemukan dalam produk perawatan kulit.

Buat Beauties yang belum tahu, asam merupakan senyawa yang memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti kerutan, mengatasi jerawat, bintik-bintik hitam, warna kulit tak merata, dan banyak lagi. Tetapi dengan adanya berbagai jenis acid di pasaran, tampaknya cukup sulit untuk mengingat mana yang harus digunakan, untuk apa dan produk mana yang harus dibeli.

Nah biar Beauties nggak bingung lagi, yuk kita kenalan dengan jenis-jenis acid di bawah ini!

Kojic Acid

Kojic Acid/Freepik.com @kroshka__nastya
Kojic Acid/Freepik.com @kroshka__nastya

Beauties pasti sudah sering dengar jenis acid yang satu ini ya. Kojic Acid adalah senyawa yang terbuat dari beberapa jenis jamur seperti penicillium, aspergillus dan acetobacter. Berdasarkan Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery, tubuh manusia menghasilkan Enzim Tirosinase.

Enzim ini bekerja membantu memproduksi melanin atau pigmen yang membuat kulit terlihat lebih gelap. Nah Kojic Acid inilah yang bertugas untuk menghambat produksi Enzim Tirosinase tersebut. Bila Enzim Tirosinase terhambat, maka melanin kulit berkurang sehingga kulit tampak lebih cerah.

Beberapa produk yang mengandung Kojic Acid yaitu La Roche-Posay Mela D Pigment Control, Kojie San Skin Lightening Soap, dan Avoskin Intensive Nourishing Eye Cream.

Salicylic Acid

Salicylic Acid/Freepik.com
Salicylic Acid/Freepik.com

Salicylic Acid termasuk ke dalam golongan Beta Hydroxy Acid (BHA). Jenis acid ini dikenal sebagai salah satu kandungan yang ampuh untuk mengatasi jerawat. Selain itu, jenis asam yang satu ini juga bagus untuk membersihkan komedo dan pori-pori. Makanya nggak heran kalau Salicylic Acid sering digunakan dalam produk skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Beberapa produk yang mengandung Salicylic Acid diantaranya Benton Aloe BHA Skin, Avoskin YSB SA + Zinc + Tea Tree Water, dan Skintific 2% Salicylic Acid Anti Acne Serum.

Citric Acid

Citric Acid/Freepik.com
Citric Acid/Freepik.com

Citric Acid masuk dalam golongan Alpha Hydroxy Acid (AHA). Jenis acid ini berasal dari berbagai jenis buah jeruk. Dikutip dari Cosmeticsinfo.org, asam sitrat dapat membantu mencerahkan kulit, memperbaiki bintik hitam dan meminimalkan garis-garis halus.

Citric Acid dinilai masih bisa digunakan untuk kulit yang rawan berjerawat. Hal tersebut dikarenakan kandungan asam yang terdapat dalam Citric Acid masih dibilang ringan dibanding jenis AHA yang lain.

Beberapa produk yang mengandung Citric Acid seperti Neostrata Clarlfying Peel With 30% Mandelic + Citric Acid, dan Elsheskin Daily Boost Antioxidant.

Mandelic Acid

Mandelic Acid/Freepik.com
Mandelic Acid/Freepik.com

Jenis acid golongan AHA lainnya yaitu Mandelic Acid. Mandelic Acid adalah golongan AHA yang terbuat dari almond. Punya partikel yang lebih besar ketimbang Glycolic Acid menjadikan Mandelic Acid lebih lambat dalam penetrasi ke dalam kulit, selain itu hanya melakukan eksfoliasi di permukaan kulit saja.

Bisa dikatakan Madelic Acid cenderung lebih lembut dan lebih sedikit menyebabkan iritasi. Artinya jenis acid yang satu ini dinilai aman digunakan untuk kulit sensitif. Manfaat lain dari Mandelic Acid yaitu bisa membantu mengatur sebum serta dapat mengurangi garis halus.

Produk-produk yang mengandung Mandelic Acid yaitu By Wishtrend Mandelic Acid 5% Skin Prep Water, Dr Wu Intensive Renewal Serum with Mandelic Acid dan Naruko AMPM Brightening Mandelic Acid 5% Serum.  

Ascorbic Acid

Ascorbic Acid/freepik.com
Ascorbic Acid/freepik.com

Jenis acid yang satu ini biasa dikenal juga dengan sebutan  L-Ascorbic Acid (LAA). LAA merupakan vitamin C dengan tingkat tinggi. Karena hal itu, jenis asam ini punya kemungkinan iritasi yang tinggi dan kurang stabil. Tapi Beauties nggak usah khawatir karena Ascorbic Acid sangat efektif dalam menembus skin barrier.

Manfaat lainnya yaitu memiliki antioksidan yang tinggi, menstimulasi kolagen, mencerahkan kulit, menyembuhkan luka dan memperkuat jaringan kulit.

Beberapa produk yang mengandung Ascorbic Acid diantaranya Indoganic Beauty Brightening Vitamin C Serum, The Ordinary Ascorbic Acid 8% + Alpha Arbutin 2% dan Skinceuticals C E Ferulic.

Azelaic Acid

Azelaic Acid/Freepik.com
Azelaic Acid/Freepik.com

Satu lagi jenis acid yang bagus untuk memperbaiki masalah jerawat yaitu Azelaic Acid. Azelaic Acid bersifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang efektif mengatasi kondisi kulit berjerawat dan rosacea.

Nggak hanya itu saja, asam ini juga bisa membunuh bakteri penyebab jerawat dan rosacea. Termasuk ke dalam golongan asam dikarboksilat yang dapat membantu memperbarui kulit lebih cepat. Manfaat lainnya yaitu mengurangi kemerahan pada kulit, mencerahkan hiperpigmentasi, dan membersihkan pori-pori. 

Beauties bisa cobain jenis acid ini dalam beberapa skincare ini, Avoskin YSB Azeclair + Kombucha + Niacinamide, The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10%, dan Paula’s Choice 10% Azelaic Acid Booster.

Itu dia Beauties jenis-jenis acid yang ada dalam kandungan skincare, gimana, sekarang Beauties sudah tau kan manfaat dan contoh produknya?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id