sign up SIGN UP

Atasi Ketombe hingga Cegah Rambut Rontok, Ini 5 Manfaat Cuka Sari Apel untuk Perawatan Rambut

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Sabtu, 11 Jun 2022 09:30 WIB
Atasi Ketombe hingga Cegah Rambut Rontok, Ini 5 Manfaat Cuka Sari Apel untuk Perawatan Rambut
Ilustrasi cuka sari apel/Foto: Freepik/Mdjaff

Beauties, siapa di sini yang rambutnya sering rontok? Atau mungkin, berketombe meskipun sudah bergonta-ganti produk sampo? Yup, dua masalah rambut tersebut memang sering dialami dan terkadang sulit untuk diatasi.

Berbagai macam faktor bisa menjadi pemicunya, namun meskipun hal itu sulit untuk diatasi bukan berarti kamu tidak bisa mengatasinya, ya, Beauties. Menurut beberapa ahli rambut dan kulit, cuka sari apel dapat digunakan untuk mengatasi ketombe dan mencegah rambut rontok.

Selain itu, masih banyak lagi, lho, manfaat cuka sari apel dalam mengatasi berbagai masalah rambut. Nah, kira-kira apa saja manfaat lain dari cuka sari apel untuk mengatasi masalah rambut? Berikut 5 manfaat cuka sari apel untuk mengatasi masalah rambut. Yuk, cari tahu!

Mengapa Cuka Sari Apel Baik untuk Rambut?

Ilustrasi perempuan berpikir
Ilustrasi perempuan berpikir/Foto: Freepik/diana.grytsku

Menurut seorang pendidik global R+Co, Zac Watson, sebagaimana yang dilansir dari Glamour, mengatakan bahwa cuka sari apel tidak hanya baik untuk rambut, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kulit kepala.

“Cuka sari apel memiliki sifat anti-bakteri dan karena pH asamnya, ia juga memiliki sifat astringen, yang berarti mampu membersihkan folikel secara mendalam, menghilangkan penumpukan topikal, mengurangi peradangan pada kulit kepala, membunuh bakteri yang dapat menyebabkan ketombe berminyak, mengencangkan kulit, dan mengatasi kulit kepala kering," tuturnya.

Pernyataan yang sama akan manfaat cuka sari apel juga dikatakan oleh seorang dokter kulit bersertifikat dan Direktur Medis MDhair, Yoram Harth, MD. Melansir dari IPSY, Dr. Harth menjelaskan bahwa cuka sari apel memiliki pH dua hingga tiga yang dapat menyeimbangkan kembali pH pada rambut.

"pH normal kulit kepala adalah 5,5, dan batang rambut adalah 3,5. Sampo dan kondisioner alkali mengganggu keseimbangan pH rambut, menyebabkan lebih banyak porositas dan keriting rambut," jelasnya. Oleh karena itu, cuka sari apel baik digunakan untuk rambut karena dapat menutup kutikula yang terbuka, mengurangi porositas rambut, dan membuat rambut menjadi lebih kuat dan berkilau. 

Nah, untuk lebih jelasnya lagi, berikut detail dari 5 manfaat cuka sari apel yang baik untuk rambut:

Mengatasi Ketombe

Ilustrasi rambut berketombe
Ilustrasi rambut berketombe/Foto: Freepik

Menurut seorang ahli rambut, Gretchen Friese, sebagaimana yang dilansir dari Byrdie, cuka sari apel memiliki sifat penyembuhan untuk kulit kepala. "Sifat antibakteri dan antijamur dari cuka sari apel membantu menjaga tingkat pH kulit kepala seimbang," kata Friese.

Ketombe adalah penumpukan di kulit kepala yang terjadi ketika terlalu banyak ragi hadir di area kulit yang berminyak sehingga dapat menimbulkan rasa gatal. Dengan menggunakan cuka sari apel, penumpukan tersebut dapat dihindari.

Michelle Cleveland seorang penata rambut selebriti, seniman ekstensi, dan pemilik Hair Addict Salon di New Jersey juga mengatakan hal yang serupa. “Cuka sari apel dapat membantu menyeimbangkan kulit kepala yang kering dan gatal dengan membantu mengendalikan bakteri atau jamur yang dapat menyebabkan masalah kulit kepala dan rambut.

Membantu Pewarna Tahan Lama pada Rambut yang Diwarnai

Ilustrasi rambut diwarnai
Ilustrasi rambut diwarnai/Foto: Pexels/Maria Geller

Seperti yang diketahui, cuka sari apel memiliki sifat astringent yang dapat mengencangkan kutikula helaian rambut, mengunci kelembapan pada rambut dan melindungi pigmen warna yang telah disimpan di korteks.

Hal ini membuat cuka sari apel sempurna digunakan untuk merapikan rambut yang diwarnai. "Kamu akan mendapatkan kilau yang intens karena sifat dari cuka sari apel yang menghilangkan penumpukan produk dari untaian, memungkinkan cahaya untuk memantulkan kutikula yang tertutup," kata Zac Watson.

Dr. Harth juga menjelaskan hal yang serupa, "Kebanyakan warna rambut bersifat basa, membuka kutikula rambut dan meningkatkan porositas rambut. Karena cuka sari apel sedikit asam, jadi dapat memperpanjang umur dan kekuatan warna pada rambut. Untuk hasil terbaik, cuka sari apel harus diencerkan 1 sampai 8 dengan air dan diaplikasikan dengan benar."

Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

Karena cuka sari apel lebih asam daripada kebanyakan sampo biasa, maka cuka sari apel dapat membantu mengelupas sel-sel kulit mati dan membersihkan penumpukan dari air keras dan produk rambut seperti sampo kering.

"Pembilasan cuka sari apel benar-benar tentang menghilangkan penumpukan produk, dan membuat rambut benar-benar bersih," kata Blackwell-Preston.

Melembutkan Rambut dan Mencegah Keriting

Ilustrasi rambut lembut
Ilustrasi rambut lembut/Foto: Freepik/diana.grytsku

Cuka sari apel dapat membantu mengurangi minyak alami berlebih pada akar rambut, menjadikannya ideal untuk rambut berminyak. Sehingga rambut dapat lebih lembut daripada menggunakan sampo.

Kamu dapat menggunakan cuka sari apel lebih dari sekali seminggu. Seorang ahli rambut dan kulit kepala, serta pendiri Philip B. Perawatan Rambut Botani, Philip B., mengatakan, "Dalam banyak kasus harus digunakan setiap kali kamu mencuci rambut untuk menyeimbangkan pH, menutup kutikula dan mengembalikan permukaan dan kilau rambut."

de Souza, seorang ahli rambut  juga mengatakan, “Cuka sari apel melapisi kutikula, membuat rambut lembut dan berkilau. Ini juga membantu memperkuat rambutmu dengan menutup kutikula dan batang rambut."

Sementara itu, Friese berpendapat bahwa selain dapat membantu menghaluskan rambut, cuka sari apel juga dapat mencegah keriting. Cuka sari apel menjadi pilihan perawatan yang populer di antara orang yang memiliki rambut keriting dan bertekstur.

Sama halnya dengan Zac Watson, yang mengatakan cuka sari apel dapat digunakan untuk rambut keriting atau bertekstur, "Kutikula tekstur rambut keriting selalu terangkat, yang dapat menyebabkan dehidrasi dan ketidakmampuan untuk mempertahankan kelembapan pada rambut; salah satu alasan utama yang menyebabkan keriting. Cuka sari apel menutup kutikula, dan karenanya, mengurangi keriting."

Mengurangi Rambut Rontok dan Memperbaiki Kerusakan

Ilustrasi rambut sehat
Ilustrasi rambut sehat/Foto: Freepik/diana.grytsku

Secara keseluruhan bahan yang terkandung dalam cuka sari apel dapat untuk mengurangi kerontokan rambut karena cuka sari apel memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan pH kulit kepala dan secara efektif membersihkan peradangan di dalam folikel rambut. Cuka sari apel memperkuat helai rambut dan membawa lebih banyak keseimbangan ke kulit kepala sehingga lebih sedikit tekanan yang diberikan pada area tersebut. 

Cara Menggunakan Cuka Sari Apel

Karena sifat dari cuka sari apel terlalu keras, maka untuk mengaplikasikannya langsung ke rambut harus diencerkan terlebih dahulu. Tujuannya agar tidak mengiritasi kulit kepala atau bahkan menyebabkan luka bakar ringan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Gunakan sampo dan kondisikan rambut secara normal.
  2. Campurkan tiga sendok makan (5 persen cuka sari apel) dengan 1 3/4 gelas air. Atau bisa juga jika ingin menggunakan botol semprot, ukurannya disesuaikan menjadi 100 ml cuka sari apel dengan 500 ml air. Sedikit catatan dari Dr. Harth jika kamu memiliki rambut berminyak atau ingin menghilangkan ketombe, kamu dapat menggunakan empat sendok makan cuka sari apel. 
  3. Semprotkan cuka sari apel ke kulit kepala.
  4. Gosokkan cuka sari apel ke rambut.
  5. Biarkan campuran cuka selama dua hingga lima menit.
  6. Bilas rambut dan kulit kepala dengan air dingin.
  7. Bilas dengan kondisioner.

Dr. Harth mengatakan untuk jenis rambut kering tidak boleh menggunakan cuka sari apel lebih dari sekali dalam seminggu. Juga, beberapa jenis rambut dan kulit kepala mungkin ada yang tidak cocok dengan cuka sari apel karena kandungan asam asetat yang sangat kuat.

Jika kamu memiliki kulit sensitif atau mudah iritasi, hindari pemakaian cuka sari apel. Namun, jika kamu memutuskan untuk mencobanya maka harus melakukannya dengan jumlah sedikit yang sangat encer. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id