sign up SIGN UP

Bye Gatel! Lakukan 5 Tips Ini di Rumah untuk Mengurangi Ketombe, Cobain yuk!

Martatillah Nikita Karin | Beautynesia
Kamis, 02 Jun 2022 07:15 WIB
Bye Gatel! Lakukan 5 Tips Ini di Rumah untuk Mengurangi Ketombe, Cobain yuk!
caption

Beauties, kamu pasti sudah tidak asing dengan istilah rambut adalah mahkota perempuan. Banyak perempuan yang berbondong-bondong melakukan perawatan rambut agar tercipta rambut sehat nan indah. Salah satu perawatan yang cukup popular yang berkaitan dengan rambut yaitu perawatan untuk mengatasi rambut berketombe.

Rasa gatal hingga kulit kepala terkelupas adalah masalah utama yang sering dirasakan bagi orang yang memiliki ketombe. Biasanya, ketombe ditandai dengan kulit kepala yang terkelupas dan terjatuh membentuk serpihan-serpihan kecil berwarna putih atau kekuningan. Selain rasa tidak nyaman, ketombe juga bisa menurunkan kepercayaan diri.

Melansir dari Mayo Clinic, ada beberapa cara yang bisa kamu coba lakukan di rumah untuk mengurangi ketombe. Yuk, intip!

Gunakan Produk Perawatan Rambut yang Tepat

Pilih produk shampo yang memiliki kandungan untuk mengatasi ketombe
Keramas/foto: pexels.com/cottonbro

Masing-masing orang memiliki kondisi ketombe yang berbeda-beda. Namun, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk meminimalisir ketombe. Pertama, cobalah bersihkan ketombe secara rutin dengan sampo yang lembut untuk mengurangi minyak dan penumpukan sel kulit.

Beberapa formula sampo anti ketombe yang sering ditemui yaitu:

  1. Pyrithione zinc shampoos, yang mengandung anti bakteri dan anti jamur zinc pyrithione.
  2. Selenium sulfida, yang berfungsi mencegah penumpukan sel kulit mati.
  3. Kletoconaloze, berfungsi sebagai anti jamur penyebab ketombe. 

Cobalah untuk baca dan ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan serta kandungan bahan untuk menentukan sampo yang cocok untukmu, Beauties. Selain itu, jika kamu memiliki kulit kepala yang berminyak, keramas setiap hari dapat membantumu mencegah ketombe.

Pijat kulit kepala dengan lembut agar serpihan-serpihan kulit kepala bisa terkelupas secara perlahan dan bilas hingga bersih. Jika rambut cenderung kering dan kulit kepala sensitif, kamu bisa mengurangi intensitas keramas.

Belajar Mengelola Stres

Stress dapat menyebabkan penumpukan sebum
Ilustrasi Stres/foto: pexels.com/-liza-summer

Benarkah stres dapat menyebabkan ketombe? Melansir dari Well and Good, stres dapat mempengaruhi kadar hormon di mana pada beberapa orang dapat mempengaruhi produksi sebum pada kulit, termasuk kulit kepala. Jumlah produksi sebum yang tinggi menciptakan kondisi yang membuat jamur Malassezia, yaitu jamur penyebab ketombe dapat tumbuh dan berkembang.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Zinc

Kacang-kacangan baik untuk kesehatan rambut
Kacang-kacangan/foto: freepik.com

Selain digunakan untuk perawatan luar, kandungan zinc dan kandungan lain seperti vitamin B6 pada makanan juga berguna untuk perawatan rambut, salah satunya untuk masalah ketombe. Kandungan ini bisa kamu temukan dalam kacang-kacangan, gandum, daging sapi, maupun daging ayam.

Kurangi Paparan Sinar Matahari

Pastikan rambut terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung
Sinar Matahari/foto: pexels.com/tirachard-kumtanom-

Sinar matahari memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Lalu mengapa perlu dihindari bagi kamu yang berketombe? Pasalnya, kondisi panas yang dihasilkan oleh matahari dapat meningkatkan produksi sebum pada kulit kepala di mana hal tersebut memperparah kondisi ketombe. Selain itu, paparan sinar matahari langsung juga dapat mengakibatkan kulit kepala terpapar sinar ultraviolet yang dapat memperburuk kondisi kulit kepala.

Batasi Penggunaan Produk Perawatan Rambut

Pilih produk perawatan rambut yang aman
Perawatan Rambut/foto: pexels.com/maria-lindsey-content-creator-

Produk perawatan rambut yang mengandung bahan aktif dan berbahaya bagi kulit kepala akan membuat kondisi kulit kepala dan ketombe menjadi semakin parah. Beberapa produk perawatan rambut mengandung bahan seperti pewarna, pewangi, hingga zat-zat kimia yang berbahaya bagi kulit kepala karena dapat menyebabkan iritasi. Apalagi jika kulit kepalamu tergolong sensitif. Pilih bahan-bahan untuk produk perawatan rambut dengan tepat sehingga tidak menambah masalah pada kulit kepala.

Beauties, itulah 5 cara yang bisa kamu coba untuk mengurangi ketombe. Apabila kamu merasa sudah melakukan banyak cara namun ketombe masih saja membandel, kamu bisa kunjungi dokter agar mendapatkan perawatan serta pengobatan kulit kepala dengan tepat.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id