sign up SIGN UP

Beauties, Ternyata Ini lho Urutan Skincare Rutin Pagi dan Malam Hari yang Benar!

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Minggu, 27 Feb 2022 07:00 WIB
Beauties, Ternyata Ini lho Urutan Skincare Rutin Pagi dan Malam Hari yang Benar!
caption

Mengaplikasikan skincare sesuai urutan ternyata penting untuk membuat produk bekerja lebih optimal. Selain itu, penggunaan produk pada skincare routine di pagi dan malam hari juga memiliki beberapa perbedaan karena memiliki tujuan yang berbeda.

Dikutip dari skinhow.org, skincare routine tidak harus rumit dan melibatkan banyak produk. Justru, penggunaan produk yang simpel dan basic lebih disarankan oleh para ahli, asal dilakukan sesuai urutan yang tepat.

Urutan Skincare Routine di Pagi Hari

Saat menggunakan skincare di pagi hari, fokuskan pada produk-produk yang dirancang untuk melindungi kulit dari sinar UV maupun radikal bebas. Namun sebelumnya pastikan kamu telah membersihkan wajah dari debu dan kotoran yang menempel saat tidur ya, Beauties.

Ini dia urutan skincare routine di pagi hari yang penting kamu aplikasikan!

1. Cleanser

Skincare
Skincare routine pagi hari/Foto: Freepik/sergio-pulp

Pertama, awali skincare routine-mu dengan membersihkan wajah menggunakan cleanser. Jika memiliki kulit kering, sebaiknya pilih cleanser dengan tekstur creamy agar tidak membuat wajah semakin kering. Namun jika kamu memiliki kulit berminyak, cleanser dengan tekstur gel bisa menjadi pilihan yang tepat karena terasa lebih ringan di kulit.

2. Vitamin C Serum

Skincare
Skincare routine pagi hari/Foto: Freepik/Freepik

Serum vitamin C memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Oleh karena itu, penggunaan produk ini di pagi hari berperan sebagai pelindung untuk membantu melawan radikal bebas saat beraktifitas. Namun, pastikan kamu selalu menggunakan sunscreen minimal SPF 30 setelahnya ya, Beauties.

3. Moisturizer dan Sunscreen

Sunscreen
Skincare routine pagi hari/Foto: Freepik/User24964687

Penggunaan moisturizer dan sunscreen merupakan tahapan skincare yang tidak boleh terlewat di pagi hari. Moisturizer penting digunakan untuk semua jenis kulit untuk menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi. Sedangkan sunscreen wajib digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari.

Urutan Skincare Routine di Malam Hari

Berbeda dengan skincare routine di pagi hari, penggunaan skincare di malam hari lebih bertujuan untuk merawat dan membantu proses regenerasi kulit dengan menstimulasi pembentukan kolagen.

Nggak perlu ribet, ini dia urutan simpel skincare routine malam hari yang bisa kamu terapkan!

1. Double Cleanser

Skincare routine
Skincare routine malam hari/Foto: Freepik/Freepik

Setelah beraktivitas seharian, penting untuk membersihkan wajah dengan metode double cleansing. Pertama, gunakan produk cleanser berbasis minyak untuk menghapus sisa makeup, debu dan kotoran secara mendalam, kemudian lanjutkan dengan produk cleanser berbasis air agar kulit lebih bersih maksimal.

2. Serum

Skincare routine
Skincare routine malam hari/Foto: Freepik/Freepik

Serum menjadi tahapan kunci pada skincare routine di malam hari untuk merawat kulit. Pilih serum dengan kandungan bahan aktif yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Misalnya, niacinamide serum untuk merawat kulit kusam, salicylic acid serum untuk kulit berjerawat atau peptide serum untuk merawat keremajaan kulit.

3. Eye Cream

Eye cream
Skincare routine mingguan/Foto: Feepik/Kroshka Nastya

Setelah serum, aplikasikan eye cream di area sekitar mata. Produk ini memiliki fungsi untuk membantu melawan kerutan, garis halus serta dark circle yang menjadi tanda-tanda penuaan kulit. 

4. Night Cream

Skincare routine
Skincare routine malam hari/Foto: Freepik/Rido81

Terakhir, gunakan night cream untuk mengunci kelembapan sehingga kulit terasa lebih kenyal dan terhidrasi semalaman. Selain itu, night cream juga berfungsi untuk membantu merawat sekaligus mendorong proses regenerasi kulit.

Skincare Routine Mingguan

Untuk merawat kulit secara lebih optimal, terdapat juga produk-produk skincare yang perlu digunakan setidaknya satu kali dalam seminggu. Apa saja produknya? Ini dia daftarnya!

1. Exfoliator

Skincare
Skincare routine mingguan/Foto: Freepik/Lookstudio

Eksfoliasi berfungsi untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit. Dengan melakukan tahap skincare ini, kulit akan menjadi lebih bersih sehingga penggunaan produk skincare lain bisa lebih terserap dengan baik.

Kamu bisa menggunakan produk physical exfoliator berupa peeling mask yang mengandung butiran scrub, atau menggunakan chemical exfoliator yang mengandalkan kandungan AHA, BHA dan PHA.

2. Mask

Masker
Skincare routine mingguan/Foto: Freepik/Freepik

Masker bisa digunakan 1 - 2 kali seminggu untuk menargetkan masalah kulit tertentu. Jika kamu memiliki kulit berminyak dan rentan berjerawat, sebaiknya pilih masker jenis clay mask yang dapat membantu meringkas minyak sekaligus membersihkan pori yang tersumbat.

Sedangkan pemilik kulit kering dan sensitif lebih cocok menggunakan masker sheet mask karena bersifat calming dan menghidrasi secara maksimal. 

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id