sign up SIGN UP

Beauties Wajib Tahu, Membilas Rambut dengan Air Dingin Bisa Bikin Rambut Cepat Panjang!

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Kamis, 12 May 2022 19:00 WIB
Beauties Wajib Tahu, Membilas Rambut dengan Air Dingin Bisa Bikin Rambut Cepat Panjang!
Ilustrasi perempuan yang sedang membilas rambut dengan air dingin/Foto: Pexels/RODNAE Productions
Jakarta -

Beauties, apakah kamu adalah tipe perempuan yang suka dengan rambut panjang? Bagi sebagian perempuan, rambut panjang adalah keinginan yang terkadang sulit untuk dicapai. Mengingat banyak sekali perempuan yang rambutnya sering rontok.

Meskipun rambut rontok selalu menjadi masalah, bukan berarti kamu tidak bisa memanjangkan rambutmu sama sekali ya, Beauties. Ada banyak cara yang bisa kamu terapkan dalam melakukan perawatan agar rambut cepat panjang.

Salah satu perawatan yang bisa kamu terapkan adalah membilas rambut dengan air dingin. Nah, kira-kira kenapa rambut bisa cepat panjang jika dibilas dengan air dingin ya, Beauties dan apa saja manfaatnya? Penasarankan? Berikut alasan kamu harus coba membilas rambut dengan air dingin jika ingin rambut cepat panjang.

Manfaat Air Dingin yang Bisa Bikin Rambut Cepat Panjang

Ilustrasi perempuan yang sedang membilas rambut dengan air dingin
Ilustrasi perempuan yang sedang membilas rambut dengan air dingin/Foto: Pexels/Armin Rimoldi

Salah satu perawatan rambut yang tidak boleh kamu lewatkan jika ingin rambutmu cepat panjang adalah membilasnya dengan air dingin. Yup, alih-alih air hangat, ternyata air dingin lebih baik karena tidak membuat kulit kepala dan rambut rusak.

Melansir dari Wolipop, air hangat atau panas bisa membuat kulit kepala menjadi kering. Oleh karena itu, bilaslah rambutmu dengan air dingin mulai dari sekarang karena selain air dingin bisa membuat rambut tidak rusak, ternyata masih banyak manfaat lainnya lho, Beauties. Berikut manfaat air dingin yang bisa bikin rambut cepat panjang:

Membuat Rambut Bercahaya dan Kulit Kepala Menjadi Sehat

Ilustrasi rambut bercahaya dan kulit kepala yang sehat
Ilustrasi rambut bercahaya dan kulit kepala yang sehat/Foto: Freepik/Cookie_studio

Tahukah kamu, Beauties kenapa air hangat tidak baik digunakan untuk membilas rambut? Karena air hangat dapat membuat kelenjar minyak menjadi kering sehingga rambut dan kulit kepala akan mengalami kerapuhan.

Seperti yang diketahui bahwa rambut dan kulit kepala dilindungi oleh kelenjar minyak atau yang disebut juga dengan sebum. Oleh karena itu, tidak baik menggunakan air hangat untuk membilas rambut. Sebaliknya, menggunakan air dingin lebih baik karena dapat membuat rambut bercahaya dan kulit kepala menjadi sehat sehingga rambut bisa cepat panjang.

Membuat Kutikula Pada Rambut Tertutup

Ilustrasi rambut yang menyerap nutrisi dengan baik
Ilustrasi rambut yang menyerap nutrisi dengan baik/Foto: Pexels/Pixabay

Dibandingkan dengan air hangat, membilas rambut dengan air dingin lebih baik digunakan karena dapat membuat kutikula pada rambut tertutup. Kutikula rambut yang tertutup akan membuat penyerapan nutrisi berjalan dengan baik.

Pernyataan yang sama juga dikatakan oleh seorang ahli trikologi, Simone Thomas, sebagaimana yang dilansir dari Refinery29, bahwa membilas rambut dengan air dingin membantu menutup kutikula pada rambut dan memberi kesempatan pada rambut untuk tetap berkilau, sehat, dan bebas keriting.

Mengurangi Kekusutan Pada Rambut

Ilustrasi rambut panjang yang tidak kusut
Ilustrasi rambut panjang yang tidak kusut/Foto: Freepik/Diana.grytsku

Rambut yang kusut bisa menyebabkan kerontokan sehingga proses pemanjangan rambut menjadi terhambat. Untuk menghindari hal tersebut bilaslah rambutmu dengan air dingin. Air dingin membantu untuk menjaga kekuatan pada rambut sehingga dapat mengurangi kekusutan pada rambut.

Simone juga mengatakan bahwa air dingin dapat meningkatkan sirkulasi dan kebersihan kulit kepala. Hal tersebut bisa terjadi karena air dingin membantu menutup pori-pori di kulit kepala sehingga dapat mencegah masuknya kotoran, minyak, dan sekaligus mengurangi kerontokan pada rambut.

Wah ternyata air dingin memiliki banyak manfaat untuk perawatan rambut panjang ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id