sign up SIGN UP

Mudah dan Praktis, Ini 3 Bahan Masker Rambut Alami untuk Atasi Rambut Kering

Dian Siti Marfuah | Beautynesia
Sabtu, 03 Sep 2022 16:30 WIB
Mudah dan Praktis, Ini 3 Bahan Masker Rambut Alami untuk Atasi Rambut Kering
Ilustrasi rambut sehat/ Foto: freepik.com/cookie_studio
Jakarta -

Perawatan kecantikan tidak selalu bisa didapatkan dari produk skincare dan salon. Yup kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat untuk kecantikan dari bahan-bahan alami yang ada di rumahmu.

Tak terkecuali dengan perawatan rambut untuk rambut kering, kamu bisa mengatasinya dengan masker rambut alami, lho. Masalah rambut kering memang tidak cukup diselesaikan dengan menggunakan shampoo saja melainkan harus ada perawatan khusus.

Kabar baiknya, perawatan rambut kering ini nggak harus kamu lakukan jauh-jauh di salon. Kamu bisa melakukannya di rumahmu dengan menggunakan bahan alami dan murah meriah. Berikut 3 bahan masker rambut alami untuk rambut kering yang murah meriah dan praktis tentunya.

Minyak Kelapa

Ilustrasi minyak kelapa/Pexels.com/Towfiqu barbhuiya
Ilustrasi minyak kelapa/ Foto: Pexels.com/Towfiqu barbhuiya

Bahan alami yang satu ini memang sudah banyak dikenal manfaatnya untuk rambut. Nggak heran jika minyak kelapa sering dijadikan pelembab alami rambut sejak dahulu. Minyak kelapa sendiri sebagian besarnya terdiri dari asam laurat yang mudah diserap ke dalam batang rambut secara dalam.

Makanya, minyak kelapa ini sangat baik untuk perawatan rambut kering. Selain itu minyak kelapa juga kaya akan protein sehingga bisa membantu menguatkan akar rambut dan mempertahankan kelembapan alaminya.

Cara pakai masker minyak kelapa untuk rambut nggak sulit kok, cukup hangatkan minyak kelapa sebanyak setengah cangkir. Aplikasikan ke bagian rambut dengan memijat lembut. Tutup rambut dengan handuk hangat minimal 30 menit. Selanjutnya keramas hingga bersih.

Minyak Zaitun

Ilustrasi minyak zaitun/ Pexels.com/ Pixabay
Ilustrasi minyak zaitun/ Foto: Pexels.com/Pixabay

Soal melembapkan, minyak zaitun dikenal jadi salah satu juaranya. Nggak heran jika banyak produk kecantikan saat ini yang mengandung minyak zaitun untuk melembapkan. Tidak terkecuali dengan melembapkan rambut kering.

Minyak zaitun ini memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang mampu menjaga kelembapan alami rambutmu. Sama halnya dengan pengaplikasian masker minyak kelapa, masker minyak zaitun untuk rambut kering ini juga nggak sulit, kok.

Pertama-tama lembapkan rambut menggunakan air dan peras hingga setengah kering. Oleskan minyak zaitun ke rambut mulai dari ujung rambut hingga bagian tengah secara perlahan.

Ikat rambutmu dan tutup minimal 20-30 menit. Lalu bilas hingga bersih sebelum menggunakan sampo. Untuk hasil maksimal kamu bisa menggunakan minyak zaitun sebagai overnight mask.

Madu

Ilustrasi madu/ Pexels.com Photo by Mareefe
Ilustrasi madu/ Foto: Pexels.com/Mareefe

Masker alami untuk rambut kering selanjutnya adalah madu. Manfaat madu untuk rambut diantaranya seperti melembapkan, mengurangi kerusakan, mencegah rambut kusut dan menambah kilau.

Pokoknya cocok banget untuk perawatan rambut kering di rumah. Selain itu dengan sifat antibakteri madu mampu mengembalikan keseimbangan pH kulit kepala dan membantu mengatasi ketombe.

Cara pakai masker madu yaitu ambil dua sendok makan madu murni lalu campur dengan secangkir air. Aplikasikan pada rambut beberapa menit. Lalu keramas lah seperti biasa. Nah, agar hasilnya maksimal kamu bisa melakukan perawatan masker madu untuk rambut ini sekali dalam seminggu.

Itu dia 3 masker rambut alami untuk rambut kering yang mudah dan praktis untuk kamu lakukan. Yuk, rawat rambutmu agar tetap sehat dan berkilau, Beauties!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id