sign up SIGN UP

Cara Ini Akan Hindarkan Brush Makeup dari Kerontokan

Astari Dewi Larasati | Beautynesia
Kamis, 17 Oct 2019 12:00 WIB
Cara Ini Akan Hindarkan Brush Makeup dari Kerontokan
caption
Mengaplikasikan makeup ada berbagai cara, salah satunya dengan brush. Tetapi salah satu kendalanya adalah kerontokan dari bulu yang terdapat pada produk tersebut. Bagaimana ya acara untuk menjaga brush kamu dari kerontokan?

Kalau sudah memakai makeup, pasti kenal dengan jenis aplikator yang mungkin sudah kamu miliki, yaitu brush. Selain mudah, hasil akhirnya pun lebih maksimal. Brush makeup yang dipakai oleh kamu setiap hari, setidaknya harus dibersihkan minimal sekali dalam seminggu. Kalau enggak bakteri bisa bersarang di dalamnya dan akan menimbulkan masalah mulai dari jerawat, iritasi, dan masih banyak dampak lainnya.


Produk ini juga tidak terelakan dari masalah kerontokan lho, ada banyak faktor yang menyebabkan brush makeup mu rontok. Simak yuk Beautynesian cara-cara berikut ini untuk menghindarinya.


1.    Perhatikan sabun cuci brush


Foto: Istimewa

Jika kamu ingin membersihkan brush jangan menggunakan air saja, sebaiknya gunakan sabun khusus seperti brush cleanser, gentle makeup cleanser atau sampo bayi. Karena kedua cairan ini mengandung formula yang dianggap paling lembut dan enggak akan merusak bulu.

Selain itu, kamu bisa menambahkan minyak zaitun sebagai kondisioner supaya bulunya tetap tetap lembut dan nyaman di wajah. Hindari merendam kuas ke dalam larutan sampo, karena hal ini menghilangkan lem perekat dan membuat rontok bulu brush.


2.    Membilas menggunakan air panas


Foto: Istimewa

Setelah mencuci dengan sabun, kamu perlu membilasnya dengan air suhu yang biasa saja. Hindari menggunakan air panas karena akan menyebabkan lem yang menahan helaian kuas akan mengendur sehingga menyebabkan lebih cepat rontok. Setelah itu, peras pelan-pelan brush kamu dan bentuk kembali bulu seperti sedia kala. Karena pencucian dapat mengubah bentuknya.


3.    Menggosok brush secara kasar


Foto: Istimewa

Memang jika kamu menggosok akan mampu membantu mengangkat kotoran dan sisa makeup. Tetapi hal ini enggak perlu kamu lakukan, karena dapat brush mu dapat berubah bentuk dan tidak akan seperti semula. Potensi helai brush rontok juga mungkin terjadi karena tarikan keras ini. Kamu hanya perlu menggerakkan kuas seperti memutar dengan tekanan lembut saja untuk membersihkannya.


4.    Hanya membersihkan di ujung saja


Foto: Istimewa

Walaupun saat kamu makeup hanya menggunakan di ujung brush, jangan sampai kamu hanya mencuci di ujung saja. Karena partikel kecil serta kotoran bisa menyelinap ke dalam atau bagian tengah brush. Penting untuk diingat, kamu harus tahu batasan sampai mana membersihkan makeup mu. Jangan sampai merendam atau membiarkan terlalu lama ke bagian pangkalnya karena di situlah terdapat lem perekat. Jika terlalu sering dibasahi dengan brush cleanser, bisa-bisa brush dapat rontok.


5.    Perhatikan cara mengeringkan


Foto: Istimewa

Kamu harus memastikan bulu yang terdapat di brush benar-benar kering. Jika tidak, sisa air bisa menyelinap masuk ke dalam lem dan membuat bulunya mudah rontok. Untuk itu, jangan langsung menaruh ke tempat penyimpananya. Diamkan di atas handuk dan diamkan seharian penuh sampai benar-benar kering. Menggunakan hair dryer juga kurang disarankan, karena cara ini akan memperpendek usia aplikator make up mu lho.


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id