sign up SIGN UP

Cewek atau Cowok, Ini 3 Step Skincare yang Bisa Hempas Jerawat Batu, No More Minder!

Cica Rahmania | Beautynesia
Sabtu, 18 Dec 2021 12:30 WIB
Cewek atau Cowok, Ini 3 Step Skincare yang Bisa Hempas Jerawat Batu, No More Minder!
caption
Jakarta -

Timbulnya jerawat merupakan sebuah keniscayaan. Hal ini tak lepas dari peran hormon yang bekerja di dalam tubuh. Tak mengenal jenis kelamin, perempuan atau laki-laki yang memasuki usia puber pasti akan mengalami hal ini.

Ditambah lagi faktor lain yang bisa menentukan waktu lama jerawat tinggal di kulit. Jika sudah demikian, perawatan ekstra pun dibutuhkan untuk menghempas jerawat-jerawat nakal. Dari sekian jenis jerawat, menurut dokter kulit bersertifikat Joshua Zeichner, MD, kepada Allure, jerawat batu adalah yang paling parah.

Jerawat ini ditandai dengan benjolan kecil dengan inflamasi di bawah kulit. Kendati begitu, bukan berarti keberadaannya tak bisa dihilangkan. Bisa banget, kok. Beberapa bahan di skincare dipercaya bisa menghempas jerawat batu di kulit. Seperti yang diungkap oleh Allure berikut ini.

Mulai dengan Pembersih Bebas Minyak

jerawatIlustrasi jerawat batu. / Foto: pexels.com/shotpot

Bagaimana pun keadaan kulit, membersihkannya adalah langkah awal yang penting. Untuk kulit dengan jerawat batu atau jerawat kistik, gunakan pembersih yang mengandung asam salisilat konsentrasi tinggi (1,5-2%) dan asam beta hidroksi (BHA).

Kedua bahan tersebut mampu membantu mengecilkan jerawat batu serta menghilangkan minyak berlebih, mengelupas sel-sel kulit mati, dan mengeringkannya, kata dr. Zeichner. Biarkan selama beberapa sekitar satu menit sebelum kamu membilasnya. 

Lanjutkan dengan Pelembab Bebas Minyak

Jerawat di bagian wajah tertentu tidak menandakan masalah kesehatan yang spesifik/ Foto: Pexels/Ron LachIlustrasi jerawat batu. (Foto: Pexels/Ron Lach)

Seperti halnya membersihkan wajah, meski wajahmu sedang berjerawat, kamu harus tetap menggunakan pelembab dengan teratur. "Pasien yang rentan terhadap jerawat kistik harus menggunakan pelembab noncomedogenic bebas minyak untuk menghidrasi kulit mereka," kata Ife Rodney, M.D., dokter kulit bersertifikat yang berbasis di Maryland, Amerika Serikat.

Penggunaan produk noncomedogenic tidak langsung mengobati jerawat kamu, akan tetapi produk tersebut berkontribusi memperparah jerawat dan menimbulkan yang baru. Pilih pelembab yang mengandung ceramide, niacinamide, atau asam hialuronat karena membantu mengurangi peradangan serta mengembalikan lapisan pelindung kulit. 

Akhiri dengan Obat Totol untuk Membunuh Bakteri

Skincare Routine Somi/ pexels.com/ Karolina GarabowskaIlustrasi skincare. (Foto: pexels.com/ Karolina Garabowska)

Jerawat sering kali dikaitkan dengan bakteri yang mengontaminasi kulit sehingga menyebabkan peradangan. Menggunakan benzoil peroksida bisa menurunkan tingkat bakteri penyebab jerawat pada kulit. Bahan tersebut juga dipercaya mengurangi peradangan.

Lebih lanjut, dr. Zeichner merekomendasikan untuk menggunakan skincare dengan benzoil peroksida 2,5 persen untuk perawatan sehari-hari. Setelah itu, hindari kegiatan yang memicu peradangan. Berlama-lama di bawah sinar matahari adalah salah satunya.

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id