sign up SIGN UP

Cara Mengecilkan Pori-Pori dengan Bahan Alami, Jadi Solusi Kulit Sehat Berseri

Raistamala Nediasani | Minggu, 29 Aug 2021 22:00 WIB
Cara Mengecilkan Pori-Pori dengan Bahan Alami, Jadi Solusi Kulit Sehat Berseri
caption

Beauties, setiap perempuan pasti mendambakan kulit yang sehat. Saat kita bercermin, rasanya terganggu ya melihat kondisi kulit wajah yang tidak mulus. Salah satu masalah yang sering dialami oleh perempuan adalah jerawat dan pori-pori kulit yang membesar.

Pori-pori wajah adalah lubang pada kulit wajah yang berfungsi untuk mengeluarkan keringat dan sebum atau minyak alami. Pori-pori kulit menjadi besar diakibatkan oleh tersumbatnya pori-pori dengan minyak dan kotoran yang menyebabkan pori-pori tampak lebih besar dari seharusnya.

Selain mengganggu penampilan, pori-pori yang membesar ini akan membuat aplikasi makeup tidak dapat menutup sempurna, akibatnya makeup menjadi tidak tahan lama. Lalu bagaimanakah solusi untuk mengecilkan pori-pori? Berikut adalah cara-cara mengecilkan pori-pori dengan bahan alami.

1. Es Batu 

es batu sebagai cara alami mengecilkan pori-pori wajah
es batu /Foto: Unsplash/Jan Antonin Kolar

Mengoleskan es batu merupakan cara yang diyakini sangat manjur untuk mengecilkan pori-pori. Es batu memiliki efek mengencangkan kulit dan otomatis mengecilkan pori-pori. Cara ini sering dipakai oleh para perias wajah sebelum memulai proses makeup.

2. Putih Telur

Putih telur dapat mengecilkan pori-pori
Putih Telur /Foto: Unsplash/ Jasmin Egger

Putih telur juga diyakini ampuh untuk mengecilkan pori-pori. Kalian bisa membuat masker dengan bahan putih telur. Oleskan putih telur secara merata ke kulit wajah. Tutupi dengan tisu dan biarkan putih telur itu bertindak menjadi lem. Biarkan hingga mengering kemudian tarik tisunya dan bilas dengan air. 

3. Gula

Gula dapat berfungsi sebagai scrub pengangkat sel kulit mati
Gula /Foto: Unsplash/ Sharon Mccutcheon

Gula sangat ampuh untuk mengangkat sel kulit mati. Selain itu, gula juga dapat menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran pada pori-pori wajah. Scrub menggunakan gula dapat mengecilkan pori-pori dengan mengangkat semua kotoran dan minyak.

Scrub menggunakan gula dapat dikolaborasikan dengan potongan lemon. Potong lemon menjadi 2, kemudian beri sedikit gula di atasnya. Gosokkan ke seluruh wajah lalu biarkan 15 menit. Setelah itu bilang hingga bersih.

4. Madu

Madu merupakan obat dari segala permasalahan kulit
Madu /Foto: Unsplash/ Arwin Neil Baichoo

Madu mengandung antioksidan yang dapat mengatasi berbagai masalah pada kulit. Jika selama ini madu diyakini untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan jerawat, namun sesungguhnya madu juga bisa mengecilkan pori-pori. Oleskan tipis 1 sdm madu secara merata pada kulit wajah dan biarkan hingga mengering. Bilas dengan air dingin. 

5. Cuka Apel

Cuka apel juga ampuh mengatasi pori-pori besar
Cuka Apel/Foto: Unsplash/ Towfiqu Barbhuiya

Cuka apel merupakan toner alami bagi kulit. Dikenal ampuh karena antinflamasi dan antimikrobanya, cuka apel membantu mengobati jerawat.

Selain itu, cuka apel dapat mengembalikan keseimbangan pH kulit dan mengencangkan kulit dengan cara mengecilkan pori-pori. Campur satu sendok teh cuka apel dengan  dua sendok teh air. Rendam bola kapas ke dalamnya kemudian oleskan pada wajah. Setelah 10 menit bilas dengan air bersih.

Nah Beauties, selain dengan cara-cara di atas, tentunya solusi kulit sehat juga harus didukung dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan juga memperhatikan kebersihan kulit wajah ya!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id