STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Cuaca Panas Bikin Kulit Kering? Ini 5 Cara agar Kulit Tubuh Tetap Lembap Bebas Dehidrasi!

Tyas Arini | Beautynesia
Kamis, 27 Jan 2022 06:00 WIB
Cuaca Panas Bikin Kulit Kering? Ini 5 Cara agar Kulit Tubuh Tetap Lembap Bebas Dehidrasi!

Akhir-akhir ini perubahan cuaca ekstrem dan panas bisa mengakibatkan kulit kering. Tidak hanya kulit wajah saja, tapi kulit tubuh pun bisa mengalami dehidrasi. Hal ini disebabkan oleh cuaca yang tidak menentu dan kekurangan cairan dalam tubuh.

Dilansir dari American Academy of Dermatology, kulit tubuh yang kering atau dehidrasi ditandai dengan tekstur kulit yang kasar, kering dan terkadang pecah-pecah. Selain itu, kulit bisa mengalami iritasi karena dehidrasi. Untuk mengatasi kulit kering, simak 5 cara menjaga kulit tubuh tetap lembap.

1. Gunakan Sabun Mandi yang Lembut

Sabun mandi yang lembut
Sabun mandi yang lembut / foto: pexels.com/Sarah Chai

Menjaga kulit tetap lembap dimulai dari pemilihan sabun mandi yang tepat. Saat cuaca yang panas dan ekstrem, hindari sabun mandi yang malah membuat kulit tubuh jadi semakin kering. Melansir dari Healthline, carilah sabun mandi yang memiliki kandungan pelembap cukup banyak, namun tetap membersihkan dengan baik.

Sebagai tambahan, cari sabun mandi yang lembut atau memiliki busa yang cukup untuk membersihkan tubuh. Untuk saat ini, kurangi lulur dan scrub pada tubuh, demi menghindari gesekan terlalu banyak pada kulit tubuh yang dapat membuat kulit menjadi kering.

2. Pakai Body Lotion Setelah Mandi

Pakai body lotion
Pakai body lotion / foto: pexels.com/Sora Shimazaki

Langkah selanjutnya ini sering disepelekan banyak orang, yaitu pemakaian body lotion. Beberapa dari Beauties mengira bahwa penggunaan body lotion tidaklah terlalu penting. Namun, setelah mandi, kandungan pelembap dari sabun mandi akan segera menghilang. Padahal tubuh masih butuh kelembapan lagi untuk aktivitas selanjutnya.

Menurut Healthline, penggunaan body lotion secara rutin dapat memberikan kelembapan pada tubuh dan menghindarkan kulit dari kekeringan. Umumnya, body lotion dapat melembapkan tubuh 4 hingga 8 jam. Selain body lotion, ada produk body care lain yang dapat menjaga kelembapan tubuh seperti body butter, body serum hingga body oil.

3. Sun Protection untuk Aktivitas di Luar

Sun protection untuk tubuh
Sun protection untuk tubuh / foto: pexels.com/

Tidak hanya kulit wajah yang butuh sun protection, kulit tubuh pun tidak boleh terlupakan. Jika Beauties memiliki aktivitas di luar ruangan yang cukup banyak, sebaiknya gunakan sun protection untuk tubuh. Paparan sinar matahari juga berpotensi untuk menarik kelembapan dari kulit dan membuat kulit menjadi kering.

Malnsir dari WebMD, sebelum beraktivitas di luar ruangan, aplikasikan sunscreen atau suncream ke bagian tubuh secara merata. Selain melindungi kulit dari kekeringan, penggunaan sun protection pada tubuh juga bisa menghindari hiperpigmentasi, noda hitam dan iritasi pada kulit.

4. Perbanyak Minum Air 

Perbanyak minum air
Perbanyak minum air / foto: pexels.com/Karolina Grabowska

Kulit dehidrasi adalah sinyal bahwa tubuh kekurangan cairan. Selain mengatasi kulit dehidrasi dari luar, Beauties juga harus mengatasi dehidrasi dari dalam. Dilansir dari Healthline, perbanyak minum air dapat menghindarkan kulit dari kekeringan. Jika biasanya hanya minum 2 liter air, namun kulit masih tampak kering, maka jumlahnya perlu ditambah.

5. Makan Buah dan Sayuran

Makan buah dan sayuran
Makan buah dan sayuran / foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Kulit tubuh yang kering juga bisa disebabkan oleh pola makan yang buruk. Bukannya menyimpan cairan, tubuh justru menyimpan lemak yang berlebih. Pola makan yang sehat dapat membawa pengaruh yang baik bagi kulit.

Jika terlihat tanda-tanda kulit kering, kurangi makan makanan berlemak ataupun junk food. Melansir dari Medical News Today, perbanyak makan buah yang mengandung banyak air seperti semangka dan banyak vitamin seperti jeruk. Tak lupa tambahkan sayur ke dalam menu makan sehari-hari.

Tidak hanya mengatasi dari luar saja, kondisi dehidrasi pada kulit tubuh pun harus diatasi dari dalam. Jangan sepelekan kulit kering, Beauties! Segera atasi kulit kering pada tubuh dengan 5 cara di atas, ya!

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation! Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE