sign up SIGN UP

Nggak Cuma Mudah Iritasi dan Merah Kayak Kepiting Rebus, Ini 6 Tanda Kulit Sensitif yang Harus Kamu Ketahui

Sri Widia | Beautynesia
Senin, 24 Jan 2022 13:45 WIB
Nggak Cuma Mudah Iritasi dan Merah Kayak Kepiting Rebus, Ini 6 Tanda Kulit Sensitif yang Harus Kamu Ketahui
caption
Jakarta -

Banyak orang menganggap kulit sensitif identik dengan kulit yang mudah mengalami iritasi. Tidak hanya itu, bahkan ketika kulit mengalami eksim, alergi, rosacea diartikan sebagai kulit sensitif. Sebenarnya kulit dikatakan sensitif tidak bisa hanya dilihat dari permasalahan di atas.

Dilansir dari Health Grades berikut ini Beautynesia paparkan tanda-tanda kulit sensitif. Namun, sebelumnya, kamu harus tetap berkonsultasi dengan dokter kulit supaya lebih mengetahui secara pasti permasalahan pada kulitmu dan mendapatkan solusi.

1. Gatal Pada Kulit

8 Tanda Kulit Sensitif/ pexels.com/ Dhyamis Kleber
8 Tanda Kulit Sensitif/ pexels.com/ Dhyamis Kleber

Ketika menggunakan suatu produk perawatan kulit lalu kamu mengalami gatal dan tertarik, maka dapat menjadi tanda kamu memiliki kulit sensitif. Tidak hanya karena produk perawatan kulit, terjadinya gatal pada kulit karena suhu udara yang dingin dan kering.

Saat mengalami hal itu, tidak disarankan menggunakan air panas sebagai solusi karena dapat memperburuk keadaan. Menghentikan gatal juga tidak disarankan dengan menggaruk kulit karena bisa menyebabkan infeksi dan iritasi. So, temui dokter kulit untuk mendapat perawatan yang tepat selanjutnya.

2. Kulit Terasa Perih dan Terbakar

8 Tanda Kulit Sensitif/ pexels.com/ Engin Akyurt
8 Tanda Kulit Sensitif/ pexels.com/ Engin Akyurt

Kulit terasa perih dan terbakar tentu membuat tidak nyaman atau bahkan menyakitkan. Biasanya orang yang memiliki kulit sensitif ditandai dengan kulit terasa perih dan terbakar ketika menggunakan produk yang bertekstur gel, produk yang mengandung alkohol dan produk yang bersifat antiaging.

Hentikan penggunaan produk yang digunakan jika kamu mengalami rasa terbakar dan perih pada kulit. Permasalahan tersebut biasanya hanya terjadi sementara.

3. Kulit Kering

8 Tanda Kulit Sensitif/ pexels.com/ Jenna Hamra
8 Tanda Kulit Sensitif/ pexels.com/ Jenna Hamra

Kulit kering bisa menjadi penyebab kulit sensitif karena kulit kering yang tidak dapat melindungi ujung saraf pada kulit dengan baik sehingga kulit mengalami sensitivitas. Oleh karena itu, kamu bisa mengetahui tanda-tanda kulit sensitif ketika mengalami kulit kering.

Kondisi kulit yang seperti itu bisa menimbulkan jerawat dan kulit pecah-pecah. Kamu bisa menggunakan pelembab yang lembut untuk mengatasinya.  

4. Sering Terjadi Ruam Kulit

8 Tanda Kulit Sensitif/ pexels.com/ Min An
8 Tanda Kulit Sensitif/ pexels.com/ Min An

Tanda-tanda lain yang menunjukkan kulit sensitif yaitu sering terjadi ruam pada kulit. Ruam ini bisa disebabkan karena pemakaian produk perawatan kulit terutama produk yang tidak dibilas atau krim wajah.

Sering mengalami ruam pada kulit menjadi tidak nyaman, tidak enak dipandang sehingga bisa menurunkan percaya diri. Oleh karena itu, kamu bisa memeriksakan ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

5. Rentan Berjerawat

8 Tanda Kulit Sensitif/ pexels.com/ Neosiam
8 Tanda Kulit Sensitif/ pexels.com/ Neosiam

Apabila kulitmu rentan berjerawat, bisa jadi kondisi tersebut salah satu tanda kamu memiliki kulit sensitif. Jerawat yang muncul mungkin terlihat seperti jerawat dengan benjolan merah dan pustula.

Jika mengalami hal itu, tidak disarankan menggunakan sabun atau krim jerawat agar tidak memperburuk kondisi. Kamu dapat menemui dokter kulit agar diberikan petunjuk secara pasti.

6. Kulit Mudah Terbakar Sinar Matahari.

8 Tanda Kulit Sensitif/ pexels.com/ Min An
8 Tanda Kulit Sensitif/ pexels.com/ Min An

Kulit sensitif rentan terhadap sinar matahari hingga bisa menyebabkan kulit iritasi dan terkelupas. Untuk itu, disarankan untuk selalu menggunakan sunscreen dan melakukan reapply sunscreen agar kulit terlindungi dari bahaya sinar matahari.

Pemilik kulit sensitif dianjurkan untuk menggunakan sunscreen yang mengandung bahan minim alergi seperti zinc oxide atau titanium dioxida, karena bahan-bahan yang terkandung pada sunscreen biasanya menyebabkan reaksi alergi. Tidak lupa, sunscreen yang bisa kamu gunakan minimal memiliki SPF (Sun Protector Factor) 30 atau lebih tinggi supaya memberikan perlindungan maksimal.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id