sign up SIGN UP

Dairy Products Jadi Penyebab Jerawat, Apa Benar?

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Sabtu, 19 Dec 2020 14:15 WIB
Dairy Products Jadi Penyebab Jerawat, Apa Benar?
caption

Susu sapi memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya mengandung banyak kalsium yang bagus untuk kesehatan tulang dan gigi, susu juga berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh, memperkuat otot, fungsi otak, dan masih banyak lagi.

Produk susu atau dairy products saat ini juga semakin beraneka ragam, tidak hanya susu segar saja, tapi juga diolah menjadi keju, yogurt, dan sebagai bahan dasar makanan-makanan lain.

Namun, pernahkah kamu mendengar kalau susu tidak baik diminum karena bisa menimbulkan jerawat pada wajah? Kandungan kalsium apa yang membuat susu menjadi biang nya jerawat? Mari simak penjelasan berikut ini.

Dairy products menjadi penyebab jerawat.
Produk olahan susu sapi. Foto: freepik.com

Susu sapi memang sering dikaitkan menjadi sumber permasalahan jerawat. Begitu juga dengan hasil penelitian kongres European Academy of Dermatology and Venereology (EADV) tahun 2019 lalu yang dilansir dari detikhealth.

Health line melaporkan sebanyak 50% dari 6.700 peserta dari Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Eropa yang diteliti, mengalami jerawat setelah mengkonsumsi produk susu secara rutin.

Riset ini juga menunjukkan konsumsi makanan mengandung gula juga sangat mempengaruhi timbulnya jerawat. Seperti yang telah kita ketahui, jerawat timbul oleh karena adanya peradangan pada kulit yang disebabkan produksi sebum yang berlebihan.

Dr. Fran E. Cook-Bolden, dokter kulit dan bedah kosmetik dari Mount Sinai Health System menjelaskan kandungan laktosa pada susu bisa menjadi pemicu jerawat karena merupakan salah satu bentuk dari gula. Walaupun belum ada keterangan lebih lanjut mengenai mekanisme laktosa ini memicu jerawat, namun kandungan gula bisa menyebabkan penyakit lain.

Selain itu, melansir dari doktersehat.com, Joshua Zeichner, MD, seorang pakar kesehatan dari Mount Sinai Hospital, juga menerangkan jika kandungan susu sapi dapat bereaksi dengan hormon testosteron dalam tubuh sehingga bisa meningkatkan produksi minyak.

Akibatnya, terjadi sumbatan pada pori-pori wajah dan timbullah jerawat.

Yogurt menjadi satu satunya produk olahan sapi yang baik untuk kulit.
Yogurt menjadi satu satunya produk olahan sapi yang baik untuk kulit. Foto: freepik.com

Produk susu, seperti es krim dan keju dapat menjadi penyebab jerawat, kecuali yogurt. Kandungan probiotik pada yogurt dipercaya memberikan efek yang baik pada kulit dengan cara menenangkan peradangan.

Akan tetapi, efek negatif timbulnya jerawat ini juga dipengaruhi faktor eksternal lain, seperti polusi, konsumsi makanan yang mengandung gula dan lemak, penggunaan skincare yang tidak tepat, dan lain - lain.

Susu alternatif yang bisa dikonsumsi selain susu sapi.
Susu alternatif yang bisa dikonsumsi selain susu sapi. Foto: freepik.com

Karenanya, konsumsi susu sapi rutin boleh dilakukan, tetapi dibarengi dengan menjaga kesehatan kulit secara maksimal dengan rajin membersihkannya dan banyak mengonsumsi buah dan sayur.

Selain itu, menggantikan susu sapi dengan alternatif lainnya, seperti susu kedelai dan susu almond juga merupakan cara yang aman untuk menghindari jerawat.

(ams/ams)

Our Sister Site

mommyasia.id