STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Deretan Cara Mengatasi Flek Hitam di Wajah untuk Usia 40-an, Sudah Dicoba?

Salsabila Pratiwi | Beautynesia
Senin, 18 Apr 2022 11:10 WIB
Deretan Cara Mengatasi Flek Hitam di Wajah untuk Usia 40-an, Sudah Dicoba?

Tak dapat disangkal bahwa hampir setiap perempuan menginginkan kulit yang cerah tanpa noda. Tapi, seiring bertambahnya usia, masalah kulit bisa jadi semakin rumit, salah satunya flek hitam. Yup, tak sedikit perempuan di usia 40-an mengeluhkan soal flek hitam di wajah.

Flek atau noda hitam di wajah sering kali membuat kepercayaan diri seseorang menurun. Dilansir dari MD Health, berikut adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi flek hitam di usia 40-an. Yuk, simak!

Penyebab Flek Hitam

Mengatasi Flek Hitam di Wajah Untuk Usia 40-an, Sudah Dicoba?
Penyebab Flek Hitam/Foto: pexels.com/Anna Tarazevich

Ada beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya flek hitam di wajah. MD Health mengungkapkan bahwa flek hitam di wajah muncul akibat pigmentasi melanin dan kulit kering karena paparan sinar matahari yang berlebihan, proses penuaan dini, stres, perubahan hormon, pola makan yang tidak teratur, bekas jerawat hingga faktor lingkungan. 

Di usia 40-an, tentu elastisitas kulit semakin berkurang dan rentan timbulnya bintik gelap ataupun sel yang rusak. Flek hitam yang muncul ini juga bisa disebut lentigine.

Selain itu, di Indonesia, di mana sinar matahari bersinar sepanjang tahun, tentu memperbesar risiko penyebab tubuh memproduksi melanin yang berlebihan untuk melindungi kulit dari kerusakan. Akibatnya, kulit menggelap dan terjadilah pembentukan flek hitam. 

Cara Mengatasi Flek Hitam di Usia 40-an

Mengatasi Flek Hitam di Wajah Untuk Usia 40-an, Sudah Dicoba?
Bahan Alami/Foto: pexels.com/Gustavo Fring

Mengatasi flek hitam yang muncul di usia 40-an bisa dimulai dengan menggunakan krim anti penuaan hingga memakai sunscreen. Sebaiknya, sunscreen dioleskan ke wajah sekitar 30 menit sebelum pergi ke luar. 

Berbagai vitamin juga dapat digunakan seperti vitamin E yang dioleskan langsung ke flek hitam sebelum tidur sehingga memberikan banyak antioksidan pada kulit dan dapat membantu meratakan warna kulit. Asupan vitamin C juga perlu diperhatikan karena dapat membantu mengurangi jumlah melanin yang diproduksi kulit.

Bahan alami lainnya juga secara optimal dapat mengurangi flek hitam di usia 40-an, seperti ekstrak teh hijau, susu, lidah buaya, lemon hingga madu. Bahan-bahan alami tersebut dapat dijadikan masker rumahan yang cara membuatnya sangatlah mudah.

Mengatasi Flek Hitam di Wajah Untuk Usia 40-an, Sudah Dicoba?
Laser/Foto: pexels.com/Polina Tankilevitch/

Selain perawatan rumahan, perawatan medis juga dapat dipertimbangkan karena hasilnya yang tentu lebih cepat dibandingkan dengan perawatan alami ala rumahan.

Laser adalah salah satu perawatan yang terkenal. Perawatan ini akan membuat kulit yang terlihat lebih gelap menjadi lebih cerah dalam waktu relatif cepat. 

Selain laser, mikrodermabrasi juga dapat membantu mengatasi flek hitam di usia 40-an. Dilansir dari Wolipop, mikrodermabrasi merupakan proses abrasi (pengelupasan) kulit yang menggunakan alat khusus dengan bahan utama kristal halus. Teknik revolusioner ini memberikan hasil yang spektakuler untuk berbagai masalah kulit seperti garis-garis halus dan keriput bekas jerawat, noda pada wajah serta pori-pori yang besar.

So, kunci dari kulit yang cerah bebas flek hitam adalah perawatan yang rutin dan tepat. Bijaklah dalam memilih berbagai perawatan yang tersedia. Jangan lupa, konsumsi makanan sehat dan bergizi yang dapat menutrisi kulit dari dalam, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE