sign up SIGN UP

Di Rumah Seharian, Masih Harus Pakai Sunscreen Gak Ya?

Lulu Lukyani | Minggu, 09 May 2021 13:30 WIB
Di Rumah Seharian, Masih Harus Pakai Sunscreen Gak Ya?
caption
Jakarta -

Sunscreen atau tabir surya wajib dimasukkan dalam rangkaian perawatan kulit harian karena memiliki manfaat yang sangat penting bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat menimbulkan efek negatif, mulai dari iritasi hingga risiko kanker kulit.

Tidak hanya wajah, bagian-bagian tubuh lain yang biasa tersorot sinar matahari pun harus terlindungi oleh sunscreen, seperti leher, tangan, atau kaki.

Biasanya, sunscreen dipakai saat akan beraktivitas di luar rumah. Sementara itu, di hari Minggu yang santai, ketika orang bermalas-malasan dan menghabiskan waktu liburnya di dalam rumah, sunscreen kerap diabaikan.

Namun, benarkan sunscreen tidak diperlukan saat kita beraktivitas di dalam rumah? Adakah efek sampingnya pada kulit? Dilansir dari Keck Medicine, tidak memakai sunscreen, baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan, tetap akan membahayakan kulit dan meningkatkan risiko kanker kulit.

Pasalnya, meski kaca secara efektif memblokir sebagian besar sinar UV, kaca tidak memblokir semuanya dalam ukuran yang sama. Agar lebih memahami hal ini, penting untuk mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara sinar UVA dan UVB.

Ilustrasi menggunakan sunscreen
Ilustrasi menggunakan sunscreen/Freepik

Sinar UVA umumnya dikaitkan dengan efek penuaan sel-sel kulit dan cenderung menjadi penyebab keriput, bintik matahari, dan tanda kerusakan lain akibat sinar matahari. Sebaliknya, sinar UVB lebih kuat dan dapat langsung merusak DNA di sel kulit. Sinar UVB juga merupakan penyebab utama kulit terbakar dan terkait dengan risiko kanker kulit.

Menurut American Cancer Society (ACS), kaca yang biasanya digunakan untuk jendela mobil, rumah, atau kantor dirancang untuk memblokir sebagian besar sinar UVB.

Namun, tidak menawarkan perlindungan sepenuhnya dari sinar UVA. Jadi, masih ada kemungkinan terpapar sinar UVA meski di dalam ruangan.

“Sayangnya, ada banyak informasi yang salah di luar sana tentang penggunaan sunscreen sehingga orang-orang mengabaikan penggunaannya,” kata Maria Teresa Ochoa, MD, dokter kulit di USC Dermatology of Keck Medicine of USC. “Sunscreen adalah salah satu ‘alat’ terpenting untuk mencegah kanker kulit,” imbuhnya.

Untuk amannya, selalu gunakan sunscreen setiap hari, baik saat beraktivitas di dalam ruangan maupun di luar ruangan. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id