sign up SIGN UP

Duh, 5 Kesalahan Saat Keramas Ini Ternyata Bikin Rambut Rontok Parah, Sering Dilakukan?

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Senin, 23 May 2022 07:40 WIB
Duh, 5 Kesalahan Saat Keramas Ini Ternyata Bikin Rambut Rontok Parah, Sering Dilakukan?
caption

Keramas tentu dilakukan oleh setiap orang demi menjaga kebersihan dan kesehatan rambut. Namun, hati-hati jangan sampai kamu melakukan beberapa kesalahan berikut ini saat keramas.

Sebab, kesalahan dalam keramas dapat mengganggu kesehatan rambut salah satunya menyebabkan kerontokan. Apa saja kah kesalahan saat keramas yang perlu dihindari?

Nah, dilansir dari Wolipop, ini dia 5 kesalahan saat keramas yang bikin rambut rontok. Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Mengoleskan Kondisioner ke Akar dan Kulit Kepala 

Mengoleskan kondisioner ke akar dan kulit kepala
Mengoleskan Kondisioner ke Akar dan Kulit Kepala/Foto: Freepik.com/Valuavitaly

Kesalahan saat keramas bikin rambut rontok yang pertama yaitu mengoleskan kondisioner ke akar dan kulit kepala. Penata rambut dari Los Angeles, yakni Adil Abelgel mengatakan tidak perlu menggunakan conditioner di dekat akar rambut untuk melembapkan rambut.

Hal ini karena area akar memiliki rambut baru yang sehat dan lembab. Memakai kondisioner ke akar dapat membuat rambut kamu rapuh dan meningkatkan kerontokan rambut.

2. Menggosok Rambut Terlalu Keras Saat Keramas

Menggosok rambut terlalu keras saat keramas
Menggosok Rambut Terlalu Keras Saat Keramas/Foto: Freepik.com/Gpointstudio

Menggosok rambut terlalu keras juga merupakan salah satu kesalahan saat keramas. Jika rambut kamu basah, rambut kamu akan menjadi rapuh. Sehingga jangan menggosok kulit kepala atau rambut terlalu keras saat mencuci rambut.

Rambut dalam kondisi basah juga mudah terluka. Direkomendasikan oleh penata rambut Mark Townsend untuk menuangkan sampo ke telapak tangan, lalu oleskan ke kulit kepala, dan bilas dengan pijatan ringan.

3. Terlalu Sering Mencuci Rambut

Terlalu Sering Mencuci Rambut
Terlalu Sering Mencuci Rambut/Foto: Freepik.com/Gpointstudio

Hindari terlalu sering mencuci rambut meskipun kulit kepala kamu sangat mudah berminyak dan berkeringat. Sebab, akan membuat rambut kamu lentur dan lemah.

Jika rambut lengket atau berkeringat, kamu bisa menggunakan dry shampoo. Menurut penata rambut di New York, Garen, jika kamu tidak bisa menggunakan dry shampoo, kamu dapat mencucinya dengan air karena dapat menghilangkan keringat, minyak dari kepala, serta melembabkan rambut.

4. Luruskan Rambut dengan Jari-jari Tangan

Luruskan rambut dengan jari-jari tangan
Luruskan rambut dengan jari-jari tangan/Foto: Freepik.com/Svetlanasokolova

Dikutip dari Wolipop, salah satu kesalahan umum saat mencuci rambut adalah merapikan rambut yang kusut dengan jari saat basah. Harap dicatat bahwa meluruskan rambut dengan jari-jari dapat merusak rambut kamu. Jika kamu terlalu sering meluruskan rambut basah, kamu bisa kehilangan rambut sehat.

5. Mengoleskan Sampo Langsung ke Rambut

Oleskan sampo langsung ke rambut
Mengoleskan sampo langsung ke rambut/Foto: Freepik.com/Valuavitaly

Mengoleskan sampo langsung ke rambut juga merupakan salah satu kesalahan saat keramas. Banyak orang menuangkan sampo langsung ke rambut saat keramas, sementara yang lain menuangkan sampo ke telapak tangan mereka.

Hal umum ini justru bisa merusak rambut kamu, terlebih jika kamu menggosoknya terlalu keras. Sebaiknya gosok sampo di telapak tangan untuk membuat busa dari sampo cair.

Nah Beauties, itu dia deretan kesalahan saat keramas yang dapat membuat rambut kamu rontok. Sebaiknya mulai sekarang hindari kebiasaan di atas agar rambut kamu tetap terawat, lebat, dan terjaga kesehatannya.

Sebab, selain kesehatan tubuh, menjaga kesehatan rambut juga tidak kalah penting, Apalagi rambut dikatakan sebagai mahkota bagi para perempuan. Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id