sign up SIGN UP

7 Trik Perkuat Akar Rambut untuk Cegah Rambut Rontok

Ratih Dewi | Beautynesia
Kamis, 19 May 2022 09:45 WIB
7 Trik Perkuat Akar Rambut untuk Cegah Rambut Rontok
caption

Akar rambut yang lemah menjadi salah satu penyebab rambut menjadi mudah rontok. Padahal, rambut panjang, kuat, dan bersinar adalah idaman hampir semua orang. Sayangnya, kebanyakan dari kita memiliki masalah dengan rambut rontok, terutama untuk Beauties yang memiliki rambut panjang. 

Ada beberapa hal yang menyebabkan akar rambut menjadi lemah, seperti perubahan hormon terutama ketika hamil, diet, pengobatan, terpapar sinar matahari, ataupun penggunaan alat penata rambut. 

Walaupun begitu, ada juga beberapa trik yang bisa Beauties lakukan untuk memperkuat akar rambut. Penasaran dengan triknya? Simak artikel di bawah ini, ya. 

1. Tingkatkan Asupan Vitamin

Tingkatkan Asupan Vitamin
Tingkatkan Asupan Vitamin/Foto : pexels.com/Abet Llacer

Mengutip dari laman Healthline, kurangnya asupan nutrisi pada tubuh dapat memicu rambut rontok. Oleh sebab itu, asupan vitamin dan mineral yang masuk ke tubuh perlu diperhatikan. Berikut vitamin dan mineral yang dapat memperkuat akar rambut dan sumbernya: 

  • Vitamin A: dapat ditemukan dari ubi jalar, wortel, bayam, susu, telur, dan yogurt. 
  • Vitamin B: dapat ditemukan dari ikan salmon, kuning telur, alpukat, dan kacang-kacangan.
  • Vitamin C: dapat ditemukan dari buah-buahan sitrus, seperti jeruk atau stroberi.
  • Vitamin D: dapat ditemukan dari ikan berlemak atau susu. 
  • Vitamin E: dapat ditemukan dari kacang almond atau biji bunga matahari. 
  • Zat Besi: dapat ditemukan dari daging merah, tiram, atau kerang. 

Tidak harus dalam bentuk suplemen, makanan yang ada di sekitar kita dapat Beauties konsumsi untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika Beauties ingin mengkonsumsi suplemen tertentu, pastikan sudah konsultasikan dengan dokter, ya. 

Dalam beberapa kasus, mengkonsumsi suplemen terutama asupan biotin yang berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, terutama jantung. 

2. Hindari Keramas Terlalu Sering 

Hindari Keramas Terlalu Sering
Hindari Keramas Terlalu Sering/Foto : pexels.com/Armin Rimoldi

Meskipun membuat rambut kita menjadi bersih dan kulit kepala jadi segar, namun keramas terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami pada rambut yang menyebabkan kulit kepala jadi kering, akar rambut menjadi lemah, dan rambut mudah rontok, seperti yang dilansir dari laman Makeup and Beauty.

3. Gunakan Produk Rambut yang Gentle

Gunakan Produk Rambut yang Gentle
Gunakan Produk Rambut yang Gentle/Foto : pexels.com/Sam Lion

Pemilihan produk rambut seperti sampo dan kondisioner juga harus diperhatikan. Hindari produk perawatan rambut yang mengandung sulfat atau berbahan kimia keras.

Hal ini dikarenakan kandungan tersebut dapat mengendurkan folikel rambut yang membuat rambut jadi mudah rontok. Pertimbangkan untuk menggunakan produk perawatan rambut dengan kandungan keratin.

Keratin adalah protein alami yang ditemukan pada rambut dan produk rambut dengan kandungan keratin dapat memperkuat akar rambut, juga mencegah rambut bercabang.

4. Menggunakan Bentuk Sisir yang Tepat

Menggunakan Bentuk Sisir yang Tepat
Menggunakan Bentuk Sisir yang Tepat/Foto : pexels.com/Yan Krukov

Untuk mencegah rambut kusut ketika disisir dan menyebabkan rambut rontok, bentuk sisir yang digunakan juga perlu diperhatikan. Melansir dari laman Swirlster, bentuk sisir yang bergigi lebar dapat mencegah rambut rontok. 

Selain itu, menyisir rambut sebelum tidur dapat meningkatkan sirkulasi darah di kepala yang dapat memicu pertumbuhan rambut. 

5. Rutin Aplikasikan Serum dan Masker Rambut 

Rutin Aplikasikan Serum dan Masker Rambut
Rutin Aplikasikan Serum dan Masker Rambut/Foto : pexels.com/Alesia Kozik

Pemakaian serum rambut atau hair oil secara rutin dapat mengembalikan kelembapan rambut dan memperkuat akar rambut. Minyak rambut yang mengandung fatty acids, vitamin A, B-5, dan E bisa Beauties pertimbangkan untuk digunakan. 

Selain itu, perawatan mingguan menggunakan masker rambut juga dapat mempengaruhi kekuatan akar rambut. Mengutip dari laman Dry Scalp Gone, masker rambut tidak hanya mengatasi rambut rontok, namun juga permasalahan rambut. 

Seperti rambut kering, rambut bercabang, rambut kusam, ataupun rambut yang kasar dan susah diatur. 

6. Lindungi Rambut dari Paparan Sinar Matahari

Lindungi Rambut dari Paparan Sinar Matahari
Lindungi Rambut dari Paparan Sinar Matahari/Foto : pexels.com/Mikhail Nilov

Ketika cuaca sedang panas dan Beauties banyak beraktivitas di luar ruangan, hindari rambut terkena paparan sinar matahari secara langsung. Sinar UV matahari dinilai dapat membuat rambut kering, kusam, dan menjadi mudah rontok. 

Gunakan topi atau payung ketika cuaca sedang panas untuk melindungi rambut dan menjaga kulit rusak akibat paparan sinar UV matahari. 

7. Kurangi Penggunaan Catokan atau Pengering Rambut

Kurangi Penggunaan Catokan atau Pengering Rambut
Kurangi Penggunaan Catokan atau Pengering Rambut/Foto : pexels.com/Polina Tankilevitch

Selain panas dari matahari, panas dari penggunaan alat penata rambut, seperti catokan atau pengering rambut terlalu sering juga dapat membuat rambut cepat rusak. Terlalu sering terpapar panas, rambut menjadi kering dan lemah. 

Saat pemakaiannya pun, perhatikan suhu yang digunakan, serta aplikasikan serum atau vitamin rambut sebelum menggunakan alat penata rambut, untuk melindungi rambut dari panasnya alat tersebut. Demikian yang dilansir dari laman Xo Necole.

-------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id