sign up SIGN UP

Duh, Sering Lakukan Ini Saat Mencuci Wajah Ternyata Bikin Jerawatan!

Esra Dopita | Jumat, 11 Oct 2019 09:15 WIB
Duh, Sering Lakukan Ini Saat Mencuci Wajah Ternyata Bikin Jerawatan!
caption
Mencuci wajah merupakah langkah pertama dalam menjaga kesehatan kulit. Sayangnya, banyak dari kita yang masih salah mencuci wajah. Padahal, hal itu akan berdampak buruk pada kesehatan dan kecantikan kulit wajah secara keseluruhan.

Mencuci wajah menjadi hal wajib sebelum dan setelah beraktivitas, terlebih bila kamu memakai makeup setiap harinya. Mencuci wajah merupakah langkah pertama untuk menjaga kesehatan kulit wajah sekaligus mendapatkan kulit wajah yang bersih. Selain membersihkan debu dan kotoran, mencuci wajah juga membuat lebih segar.

Meski begitu, banyak dari kita yang masih salah melakukan hal sederhana ini. Padahal, jika kita salah mencuci wajah, akan berdampak buruk pada kesehatan dan kecantikan kulit wajah secara keseluruhan. Misalnya, merusak kulit atau mendatangkan masalah-masalah kulit wajah, salah satunya menimbulkan jerawat.

Seperti diketahui, jerawat menjadi masalah kulit yang paling banyak dikeluhkan kaum wanita. Nah, agar tak salah langkah lagi, yuk hindari enam kesalahan mencuci wajah yang bikin jerawatan: 


Terlalu Sering


Foto: Istimewa

Alih-alih membuat wajah bersih dan segar, mencuci wajah terlalu sering justru dapat merusak kesehatan kulit, seperti kulit kering dan berjerawat. Sebab, hal ini dapat mengikis produksi minyak alami yang sebenarnya dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan kulit agar tetap sehat.

Karena itu, cukup membersihakan wajah dua kali dalam sehari, yaitu pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum tidur. Namun, dalam beberapa kasus, dibolehkan untuk mencuci tiga kali dalam sehari. Misalnya, bila seharian beraktivitas di luar ruangan atau terpapar matahari dan polusi berjam-jam. 


Pilih Pembersih yang Tepat


Foto: Istimewa

Beautynesian, pilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit dan masalah yang dihadapi kulit kamu. Pilih juga pembersih yang mengandung bahan-bahan alami dan baik bagi kulit. Ingat jangan asal memilih pembersih wajah lantaran pembersih itu banyak digunakan orang. Sebab, kondisi kulit tiap orang berbeda-beda. 


Air Hangat


Foto: Istimewa

Pemilihan suhu air tak kalah penting. Suhu air yang tepat untuk mencuci wajah adalah yang hangat. Menggunakan air hangat akan membuat temperatur kulit meningkat serta pembuluh darah dan pori-pori terbuka atau melebar. Kondisi ini berguna mendinginkan wajah dan membuat kulit menjadi lebih mudah menyerap nutrisi. 


Jangan Menggosok


Foto: Istimewa

Menggosok wajah terlalu kencang dapat membuat kulit menjadi tertarik, yang ujung-ujung menghilangkan keelastisan kulit wajah. Gosok secara perlahan dengan gerakan memutar searah jarum jam. 


Membilas Terburu-buru


Foto: Istimewa

Membilas wajah terburu-buru tentu tidak efektif mengangkat kotoran di wajah. Setidaknya, butuh waktu tiga menit untuk membilas wajah agar betul-betul bersih. Selain itu, daerah-daerah di wajah yang cenderung berminyak, seperti hidung, dagu, dan dahi, perlu mendapat perhatian lebih saat dibersihkan. 


Gunakan Handuk Khusus


Foto: Istimewa

Jangan mengeringkan wajah menggunakan handuk. Selain mengancam kekencangan kulit, hal ini dapat membuat kulit kotor dan terkontaminasi kuman, apalagi bila handuk itu juga digunakan untuk membasuh badan. Sebaiknya, gunakan tisu atau handuk khusus wajah dengan bahan yang lembut.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id